Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

19 Soal (Uraian) Akuntansi Manajemen dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Akuntansi Manajemen

1. Jelaskan pengertian informasi akuntansi diverensil dan jelaskan pulah manfaatnya !

Jawaban:
Informasi akuntansi diferensial merupakan taksiran perbedaan aktiva, pendapatan, dan atau biaya dalam alternatif tindakan yang lain. Informasi akuntansi diferensial mempunyai dua unsur pokok: merupaka informasi masa yang akan datang dan berbeda di antara alternatif yang dihadapi oleh pengambilan keputusan.
Manfaat informasi masa yang akan datang yaitu untuk pengambilan keputusan pemilihan alternatif, baik jangka pendek maupun jangka panjang


2. Jelaskan pengertian informasi akuntansi pertanggung jawaban dan jelaskan pula manfaatnya!

Jawaban:
Informasi akuntansi pertanggungjawaban merupaka informasi aktiva, pendapatan, dan atau biaya yang dihubungankan dengan manajer yang bertanggungjawab atas pusat pertanggungjawaban tertentu. Pelaksanaan anggaran tersebut memerlukan informasi akuntansi guna memantau sampai berapa jauh setiap manajer tersebut melaksanakan rencananya. Informasi akuntansi pertanggungjawaban dengan demikian merupakan
Manfaat dapat dijadikan dasar untuk menganalisis kinerja manajer dan sekaligus untuk memotivasi para manajer dalam pelaksanaan rencana mereka yang dituangkan dalam anggaran mereka masing-masing dan juga penting dalam proses pengendalian manajemen karena informasi tersebut menekankan hubungan antara informasi keuangan dengan menejer pertanggungjawaban terhadap perencanaan dan pelaksanaan


3. Sebagai salah satu tipe akuntansi, akuntansi manajemen mempunyai peran sebagai pencatat skor, penarik perhatian, penyedia informasi untuk pemecahan masalah:
a. Untuk dapat berperan sebagai penyedia informasi untuk pemecahan masalah, akuntansi manajemen harus melampaui tahap perkembangan sebagai pencatat skor dan penarik perhatian. Setujukah saudara dengan pernyataan tersebut? Jelaskan pernyataan saudara
b. Untuk dapat berperan sebagai pencatat skor, jelaskan persyaratan yang harus dipenuhi oleh akuntansi manjemen.

Jawaban:
a) Ya. Setuju, karena pencatat skor adalah untuk memungkinkan manajemen mengevaluasi pelaksaan rencana yang telah disusun, sementara penarik perhatian merupakan penyajian informasi penyimpangan pelaksaan rencana yang memerlukan parhatian manajemen, agar manajemen dapat merumuskan tindakan untuk mencegah berlanjutnya penyimpangan yang terjadi.
b) Persyaratan: teliti, relevan, dan andal (reliable). Ketelitian pencatatan skor setiap manajer merupakan syarat mutlak, karena informasi yang disajikan kepada manajemen akan digunakan untuk mengevaluasi kinerja mereka.


4. Informasi akuntansi hasil usaha perusahaan hanya bermanfaat untuk penyajian posisi keuangan hasil usaha perusahaan bagi kepentingan pihak luar perusahaan. Setuju saudara dengan pernyataan tersebut? Jelaskan jawaban saudara.

Jawaban:
Tidak setuju, Mengapa..? karena kesuksesan sebuah perusahaan merupakan hasil kerja keras dari pihak dalam perusahaan oleh karena itu keungan perusahaan tidak hanya diketahui oleh pihak luar saja tetapi sebagai pihak dalam perusahaan justru harus lebih mengetahui keuangan perusahaan tersebut.


5. Perlukah akuntansi manajemen menyediakan informasi keuangan dan non keuangan. Jelaskan ?

Jawaban:
Perlu, karena kedua informasi tersebut dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja para karyawan dan manajer yang bekerja dalam suatu perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan oleh pemilik perusahaan.


6. Jelaskanlah peran pelaporan keuangan pada pengembanan akuntansi manajmen! Mengapa hal ini berubah dalam beberapa tahun terakhir ?

Jawaban:
Saat ini bisnis bergerak lebih cepat daripada sebelumnya. Perubahan-perubahan dalam teknologi, komunikasi, dan lingkungan hukum memengaruhi perusahaan dan akuntan manajemen dalam cara-cara yang baru. Akuntan manajemen harus mendukung manajemen dalam semua tahap pengambilan keputusan bisnis. Sebagai ahli dalam akuntansi, mereka harus cerdas, siap sedia, mengikuti perkembangan terbaru, serta memahami kebiasaan dan praktik dari semua negaratempat perusahaan mereka beroperasi. Mereka diharapkan memiliki pengetahuan tentang lingkungan hukum dari bisnis.


7. Apa yang di maksud dengan akuntansi manajemen ?

Jawaban:
Tipe akuntansi yang mengolah informasi keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan manajemen dalam melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi.


8. Jenis organisasi apa sajakah yang membutuhkan system informasi akuntansi ?

Jawaban:
Perusahaan manufaktur, perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan nirlaba.


9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan daur hidup produk (produk life cycle) dan biaya daur hidup produk !

Jawaban:
Daur hidup produk (product life cycle) adalah waktu suatu produk mampu memenuhi kebutuhan konsumen-sejak lahir sampai diputuskan dihentikan pemasarannya.
Biaya daur hidup produk adalah biayab yang bersangkutan dengan produk selama daur hidupnya, yang meliputi: biaya pengembangan (perencanaan, desain, pengujian), biaya produksi (aktivitas pengubahan bahan baku menjadi produk jadi), dan biaya dukungan logistic (iklan,distribusi, jaminan, dam sebagainya).


10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan produk life cycle costing dan jelaskan pula manfaat yang diperoleh dari produk life cycle costyng !

Jawaban:
Produk life cycle costing adalah program pengurangan biaya untuk menurunkan biaya yang sekarang dikonsumsi untuk menghasilkan produk ke target cost.
Manfaatnya target cost akan dapat dicapai diatas harga pokok produk


11. Jelaskan apa yang dimaksud dengan activity based cost system dan jelaskan pula manfaaat yang diperoleh dari activity based cost system !

Jawaban:
Activity Based Cost System merupakan salah satu wujud pelepasan akuntansi manajemen dari dominasi akuntansi keuangan. System ini dirancang atas dasar landasan pikiran bahwa produk memerlukan aktivitas dan aktivitas mengonsumsi sumber daya.
Manfaat Jika manajemen melayani kebutuhan konsumen dengan filosofi bahwa perusahaan tidak akan membebani konsumennya dengan aktivitas-bukan-penambah nilai bagi konsumen, maka manajemen akan senantiasa berusaha melakukan penyempurnaan terhadap berbagai aktifitas untuk menghasilkan produk atau jasa yang diserahkan kepada konsumen


12. Jelaskan apa yang dimaksud dengan target costing dan jelaskan pulah manfaat yang diperoleh dari target costing!

Jawaban:
Target Costing adalah perbedaan antara harga jual produk atau jasa yang diperlukan untuk mencapai pangsa pasar (market share) tertentu dengan laba per satuan yang diharapkan.
Manfaat agar manjemen mengetahui harga jual produk yang akan dipasarkan untuk pengambilan keputusan.


13. Tuliskan tiga tipe informasi akuntansi manajemen, dan jelaskan pentingnya masing-masing!

Jawaban:
a) Informasi akuntansi Untuk melaksanakan aktivitas perusahaan sehari-hari, manajemen memerlukan berbagai informasi oprasi seperti jumlah kilogram bahan baku yang dipakai dalam produksi, jumlah sediaan (inventory) produk jadi yang ada di gudang, jumlah produksi hari ini, jumlah jam kerja karyawan dalam satu minggu, dan jumlah produkyang dijual hari ini.
b) Informasi akuntansi keuangan Informasi akuntansi keuangan diperlukan baik oleh manajemen (biasanya manajemen puncak ) maupun pihak luar perusahaan seperti pemengang saham, bankir dan kreditur yang lain, instansi pemerintah, dan pihak luar yang lain.
c) Informasi akuntansi manajemen Informasi akuntansi manajemen diperlukan oleh manajemen untuk melaksanakan dua fungsi pokok manajemen : perencanaan dan pengendalian aktivitas perusahaan. Kegiatan perencanaan meliputi pengambilan keputusan pemilihan alternatif tindakan dari perbagai alternalif yang mungkin dilaksanakan di masa yang akan datang. Dalam pengambilan keputusan paa dasarnya meliputi kegiatan perumusan kegiatan perumusan masalah, penentukan berbagai alternatif tindakan untuk memecahkan masalah tersebut, analisis konsekuensi setiap alternatif tindakan sehingga dapat dilakukan alternatif terbaik.


14. Jelaskan pengertian informasi akuntansi penuh dan jelaskan manfaatnya !

Jawaban:
Informasi akuntansi penuh dapat mencakup informasi masa lalu maupun informasi akan datang. Informasi ini mencakup informasi aktiva, pendapatan, dan atau biaya. Informasi akuntansi penuh selalu dihubungkan dengan objek informasi yang dapat berupa satuan usaha, produk, departemen, atau aktivitas.
Manfaat untuk: laporan informasi keuangan kepada manajemen puncak dan pihak luar perusahaan, analisis untuk menghasilkan laba. Dan informasi akuntansi penuh berisi informasi akan datang bermafaat untuk : penyusunan program, penentuan harga normal, penentuan harga transfer, dan penentuan harga jual yang diatur dengan peraturan pemerintah.


15. Tuliskan tahap perkembangan Akuntansi Manajemen sebagai suatu tipe Akuntansi dalam Perusahaan !

Jawaban:
a. Tahap Pertama teradi hingga tahun 1940 – an pada tahap ini terjadi revolusi industri plus dengan produksi masal yang mendominas. Pengendalian biaya mengalami tekanan sebagai biaya sandar dalam kurun waktu tersebut terdapat dua isu pokok. Isu tersebut adalah penetapan keuntungan yang di harapkan dan penetapan standar biaya perunit.
b. Tahap kedua diawali pada tahun 1940-an hingga tahun 1980-an. Dua isu pokok dalam kurun waktu ini adalah penetapan biaya tetap dan biaya variabel. Dalam proses pengambilan keputusan trategis jangka pendek, manajemen sangat terbantu dengan adanya pemisahan biaya ini.
c. Tahap ketiga diawali pada tahun 1980-an hingga tahun 1990-an. Pada tahap ini timbul kebutuhaan dalam menentukan harga pokok dengan cara yang lebih akurat. Maka diciptakan konsep ABC yang berfungsi untuk menetapkan harga pokokdengan dasar kegiatan yang dilakukan untuk memperileh suatu keluaran atau produk.
d. Tahap keempat akuntansi manajemen mengalami perkembangan yang revolusioner. Hal ini disebabkan oleh semakin ketatnya persaingan bisnis. Kekuatan pasar mengerahkan paradikma berpikir dan bekerja, sehingga perusahaan dipaksa untuk menjalankan bearbagai macam inovasi agar taetap menaga keberlangsungannya.


16. MCE sebuah perusahaan manufaktur sebesar 0,70 apa yang dapat saudara katakan mengenai perusahaan tersebut?

Jawaban:
Jika proses pembuatan menghasilkan MCE sebesar 1, maka non-value-added telah dapat dihilangkan dengan proses pengolahan produk, sehingga costumer produk tersebut tidak dibebani dengan biaya – biaya untuk aktivitas-bukan-penembahan nilai bagi mereka. Sebaliknya, jika proses pembuatan produk menghasilkan MCE kurang dari satu, berarti proses pengelolahan produk masih mengunakan aktivitas-bukan-penembahan bagi customer.


17. Lingkup yang dicakup oleh informasi yyang dihasilkan oleh Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen adalah berbeda. Jelaskan perbedaan tersebut !

Jawaban:
Informasi Akuntansi Keuangan
a. Dibutuhkan oleh manajemen puncak maupun pihak luar perusahaan untuk pengambilan keputusan.
b. Informasi ini biasanya disajikan kepada pihak luar perusahaan di dalam laporan keuangan berbentuk neraca, laporan rugi/laba, laporan laba ditahan dan sebainya.
Informasi Akuntansi Manajemen
a. Diperlukan oleh Manajemen untuk melaksanakan dua fungsi pokok manajemen yakni : perencanaan dan pengendalian aktivitas
b. Dihasilkan oleh Sistem pengolah informasi yang disebut akuntansi manajemen
c. Bentuk laporan yang dihasilkan : anggaran, laporan penjualan, laporan biaya produksi, laporan biaya menurut pusat pertanggungjawaban, laporan menurut aktivitas, laporan biaya mutu, laporan biaya daur hidup produk (product life cycle cost)


18. Jelaskan mengapa unsur taksiran dalam informasi yang dihasilkan oleh Akuntansi Manajemen lebih besar dibanding dengan dalam informasi yang dihasilkan oleh Akuntansi Keuangan!

Jawaban:
Karena Akuntansi Manajemen merupakan akuntansi yang mengolah informasi keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan manajemen dalam melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi. Sedangkan Akuntansi Keuangan merupakan tipe akuntansi yang mengolah informasi keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan manajemen puncak dan pihak luar organisasi.


19. Mengapa informasi yang dihasilkan oleh Akuntansi keuangan diatur oleh prinsip akuntansi berterima umum?

Jawaban:
Agar setiap pihak yang membuat informasi Akuntansi Keuangan selalu mengacu pada ketentuan atau aturan yang telah ditetapkan untuk mencegah terjadinya penipuan/manipulasi data keungan disetiap pembuat informasi keuangan dan juga pihak/badan yang berwenang akan lebih muda melakukan kotroling.