Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Soal (Uraian) Taksonomi Tumbuhan Rendah dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Taksonomi Tumbuhan Rendah

1. Uraikan tentang Algae (tumbuhan ganggang)!

Jawaban:
Algae (tumbuhan ganggang), ganggang (Algae) banyak ditemukan di air tawar, air laut ataupun di tempat tempat lembab. Bentuk tubuh ganggang ada yang bersel satu dan ada yang tersusun atas banyak sel. Ganggang yang multiseluler ada yang berbentuk seperti benang, lembaran, dan koloni sel-sel. Ganggang tidak memiliki akar, batang dan daun sejati, namun ada sebagian ganggang laut memiliki bentuk yang menyerupai akar. Alga terbagi menjadi dua golongan yaitu alga yang merugikan bagi kehidupan manusia dan alga yang menguntungkan bagi kehidupan manusia.


2. Keuntungan apa saja Alga bagi kehidupan manusia?

Jawaban:
Alga yang menguntungkan bagi kehidupan manusia berupa :
a. Pembebas energi, banyak terdapat pada divisi Chlorophyta yang memiliki klorofil.
b. Penyusun biomassa
c. PST (Protein Sel Tunggal) contohnya divisi chlorophyta yaitu Chlorella sp.
d. Pengolahan limbah.
e. Pembuat agar, contohnya divisi Rhodophyta marga Gelidium.
f. Pembuat makanan, contohnya divisi Rhodophyta marga Poriphyra untuk pembuatan sushi.
g. Penghasil O2 yaitu kemampuannya sebagai organisme autotrof, namun hanya algae yang mempunyai klorofil yang mampu berfotosintesis.


3. Kerugian apa saja Alga bagi kehidupan manusia?

Jawaban:
Alga yang merugikan kehidupan manusia berupa :
a. Blooming alga. Merupakan salah satu peranan merugikan dari alga dimana suatu ekosistem air terjadi peledakan biomassa alga yang dapat menutupi perairan sehingga organisme dibawahnya tertutup cahaya matahari khususnya produsen sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis.


4. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Chlorophyta (Ganggang Hijau)!

Jawaban:
Penyebab penyakit, contohnya di Amerika Serikat disebut dengan istilah “Pasang Merah”, oleh divisi pyrrophyta (genus Gymnodium dan Gonyaulaz) yang menyebabkan keracunan, kelumpuhan hingga kematian.


5. Uraikan tentang Lumut Hati (HepatiCospida)!

Jawaban:
Lumut ini mempunyai bentuk khas yaitu lekukan-lekukan yang menyerupai bentuk hati dan juga terbagi atas dua lobus, sama seperti hati. Lumut ini tumbuh dan menempel di bebatuan, tanah, daun-daun pepohonan dalam rimba di daerah tropika dan dinding-dinding pada bangunan tua yang lembab. Lumut hati dapat melakukan fotosintesis untuk makanannya sendiri (autotrof).
Struktur tubuhnya meliputi akar, batang, dan daun.Lumut hati berkembang biak dengan oogami secara generatif, dan dengan fragmentasi, tunas, dan kuncup eram secara vegetatif. Lumut ini juga bereproduksi secara aseksual dengan menggunakan sel yang disebut dengan gemma, yang berbentuk mangkok dan terletak dipermukaan sporofit.Contoh lumut ini adalah Marchantia polymorpha dan Porella.


6. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang tumbuhan tingkat rendah !

Jawaban:
Tumbuhan tingkat rendah merupakan kelompok tumbuhan yang berstruktur tubuh dan perkembangan organ tubuhnya masih sangat sederhana. Meskipun sebagian ada yang memiliki organ seperti batang, akar, dan daun namun bukan merupakan organ sejati. Tumbuhan yang tidak memiliki bunga dan jaringan pembuluh bukan termasuk organ sejati. Tumbuhan tersebut tidak memiliki bunga dan jaringan pembuluh angkut sehingga penyaluran materi di dalam tubuh dilakukan dengan cara difusi. Termasuk kelompok tumbuhan tingkat rendah diantaranya ciri-ciri tumbuhan tingkat rendah memiliki ciri khas tumbuhan tingkat rendah yaitu tumbuhan belah (schizophyta), tumbuhan talus (thallophyta), tumbuhan lumut (bryophta), serta tumbuhan paku (pteridophyta) sesuai dengan tumbuhan belah merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan cara membelah diri dan merupakan tumbuhan bersel satu.


7. Uraikan tentang tumbuhan Schizophyta!

Jawaban:
Schizophyta atau tumbuhan belah merupakan kelompok yang mempunyai ciri khusus yaitu berkembangbiak dengan membelah diri (Lukitasari et al, 2013). Schizophyta berasaldari bahasa Yunani scizein artinya membelah dan phyton adalah tumbuhan. Tumbuhan belah dianggap sebagai kelompok tumbuhan dengan tingkat perkembangan filogenetik yang paling rendah sehingga dari segi evolusi merupakan kelompok tumbuhan yang paling tuadan paling primitif. Devinisi tumbuhan membelah selain berkembangbiak dengan cara membelah juga mempunyai ciri–cirri hanya mempunyai satu sel saja dengan protoplas belum mengalami deferensiasi dengan jelas sehingga inti belum tampak nyata begitu pula plastidanya.


8. Tuliskan ciri-ciri dari tumbuhan Schizophyta!

Jawaban:
Ciri umum dari kelompok ini adalah :
a. Berkembangbiak dengan cara membelah diri,
b. Tubuh terdiri dari satu sel
c. Protoplas belum terdeferensiasi dengan jelas sehingga inti sel dan plastidanya belum jelas.


9. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Kelas Bakteri (Schizomycetes)!

Jawaban:
Bakteri berasal dari kata Bakterion (Yunani) yang artinya batang kecil. Didalam klasifikasi bakteri digolongkan dalam Divisio Schizomycetes. Bakteri merupakan organisme yang paling banyak jumlahnya dan lebih tersebar luas dibandingkan dengan mahluk hidup yang lain. Bakteri memiliki ratusanribu spesies yang hidup di darat hingga lautan dan pada tempat–tempat yang ekstrim. Bakteri ada yang menguntungkan dan ada juga yang merugikan. Bakteri memiliki ciri–ciri yang membedakannya dengan mahluk lain. Bakteri adalah organism uniseluler dan prokariot serta umumnya tidak memilki klorofil dan berukuran renik.