Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Soal (Uraian) Ekonomi Pembangunan dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Ekonomi Pembangunan

1. Bagaimanakah cara pemerintah mengatasi permasalahan pembangunan ekonomi negara berkembang?

Jawaban:
Jadi upaya pemerintah dalam mengatasi pembangunan ekonomi adalah dengan mengembangkan sektor industri dengan mempermudah masuknya investasi asing, meningkatkan tingkat produktivitas masyarakat, serta meningkatkan mutu pendidikan.


2. Mengapa negara maju maupun negara sedang berkembang melakukan pembangunan ekonomi?

Jawaban:
Semua negara yang ada di dunia, baik negara maju maupun negara sedang berkembang tentu ingin melaksanakan pembangunan ekonomi. Salah satu tujuan melaksanakan pembangunan ekonomi adalah untuk menaikkan pendapatan riil per kapita atau paling tidak mempertahankan tingkat pendapatan yang telah dicapai.


3. Apa dampak positif adanya program pembangunan tiga tahun?

Jawaban:
Dengan adanya peningkatan produksi barang dan jasa, akan membuat masyarakat semakin terbuka untuk melakukan berbagai pilihan. Kebebasan ini tentu menguntungkan sebab masyarakat memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal yang disukainya.


4. Bagaimana dampak ekonomi dan non ekonomi dari jumlah pengangguran yang terlalu besar terhadap pembangunan suatu negara?

Jawaban:
dampak ekonomi dari pengangguran yg besar adalah pertumbuhan lambat, ekonomi lesu dan tidak bergairah, daya beli kurang karena banyaknya pengangguran yg tdk memiliki pendapatan, berimbas pendapatn nasional sedikit.


5. Mengapa Pembangunan Manusia dianggap penting?

Jawaban:
Pembangunan manusia menjadi penting karena apabila suatu daerah tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang potensial maka dapat menggunakan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membangun dan memajukan daerahnya. Jadi, sumber daya manusia sangat berperan penting dalam pembangunan suatu daerah.


6. Apa tujuan pembangunan ekonomi bagi pemerintah?

Jawaban:
Tujuan pembangunan ekonomi yaitu, peningkatan ketersediaan serta perluasan distribusi berbagai macam barang kebutuhan hidup pokok, peningkatan standar hidup, dan perluasan pilihan-pilihan ekonomis dan sosial bagi semua lapisan masyarakat.


7. Apa tujuan dari analisis ekonomi pembangunan?

Jawaban:
Tujuan dari analisis ekonomi pembangunan adalah untuk: menelaah faktor-faktor yang menimbulkan keterlambatan pembangunan khususnya di negara- negara sedang berkembang, mengemukakan cara pendekatan yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi, sehingga dapat mempercepat jalannya pembangunan ekonomi


8. Apa yang menjadi faktor penghambat dalam proses pembangunan?

Jawaban:
Terhambatnya pembangunan di Indonesia secara garis besar di pengaruhi oleh beberapa faktor secara umum yaitu faktor politik, ekonomi, sosial dan budaya. Dan secara khusus mengacu pada kemiskinan dan pengangguran, dimana berpengaruh negatif dan akan memperlambat kemajuan perekonomian bangsa Indonesia.


9. Bagaimana peran masyarakat dalam pembangunan ekonomi?

Jawaban:
1. Membayar pajak, sehingga membuat pengeluaran pemerintah stabil dan mencegah terjadinya inflasi. 
2. Menjaga sarana umum yang telah diberikan pemerintah dengan baik. 
3. Memanfaatkan sumber daya alam sebaik mungkin dalam menjadikan sebagai faktor produksi berupa modal.


10. Permasalahan apa yang dihadapi oleh pemerintah dalam melaksanakan pembangunan ekonomi?

Jawaban:
Masalah yang dihadapi pemerintah dalam bidang ekonomi, yaitu pengangguran, kemiskinan, harga, pendapatan, inflasi, utang, ekonomi politik, dan masalah ekonomi lainnya.


11. Bidang apa saja yang dianalisis dalam ekonomi pembangunan?

Jawaban:
Bidang-bidang penting yang dianalisis dalam Ekonomi Pembangunan : 
1. Masalah pembentukan modal (investasi) 
2. Masalah perdagangan luar negeri (ekspor & impor) 
3. Masalah pengerahan tabungan. 
4. Masalah bantuan luar negeri 


12. Apakah pertumbuhan ekonomi akan selalu dibarengi dengan pembangunan ekonomi?

Jawaban:
Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi. Setiap input selain menghasilkan output yang kebanyakan juga terjadi perubahan – perubahan kelembagaan dan pengetahuan teknik.


13. Mengapa pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi?

Jawaban:
Pertumbuhan ekonomi sangat berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi. Wujud dari pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita. Kenaikan pendapatan perkapita disebabkan oleh stabilitas ekonomi yang semakin baik dan kesejahteraan masyarakat akan semakin terjamin.