Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Uraian) Ekonomi Regional dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Ekonomi Regional

1. Apa tujuan umum dari kerjasama regional?

Jawaban:
Kerja sama regional merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan oleh negara yang berada di suatu wilayah maupun kawasan. Tujuan dari kerja sama regional adalah untuk menciptakan perdagangan yang bebas di negara yang berada di kawasan atau wilayah tertentu.


2. Apa pengaruh ekonomi regional dan global bagi Indonesia?

Jawaban:
Adanya kerja sama ekonomi antarnegara melalui skema organisasi ekonomi regional dan global memberikan banyak pengaruh positif bagi Indonesia, antara lain: Membantu meningkatkan daya saing ekonomi. Meningkatkan investasi. Menambah devisa negara.


3. Apa manfaat kerjasama ekonomi regional?

Jawaban:
Membuat tiap tiap negara saling menghargai dan menghormati ideologi masing-masing negara. Mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi Negara yang terlibat dalam kerjasama. Dapat meningatkan penerapan IPTEK antar negara. Dapat meningkatkan kemampuan pertahanan dan keamanan.


4. Mengapa kerjasama ekonomi regional dapat memberi keuntungan bagi Indonesia?

Jawaban:
Salah satu manfaat kerjasama regional adalah bertambahnya keuntungan negara. Hal ini jelas terjadi karena negara dapat memperkenalkan produk yang dihasilkan dalam negerinya kepada negara- negara tetangga yang menjadi anggota dalam kerjasama tersebut.


5. Faktor faktor apa sajakah yang mempengaruhi pembangunan suatu wilayah?

Jawaban:
Faktor Penentu Pembangunan Wilayah
1. Besarnya kesempatan kerja yang ada di daerah tersebut.
2. Basis pembangunan daerah, yang berkaitan dengan adaya pengembangan institusi ekonomi.
3. Aset lokasi berupa keunggulan kompetitif daerah atas dasar kualitas lingkungan.
4. Sumber daya pengetahuan sebagai dasar pendorong perekomian.


6. Mengapa ada ekonomi regional?

Jawaban:
Adanya economic growth (pertumbuhan ekonomi), karena selain menyediakan lapangan kerja bagi angkatan kerja baru, juga diharapkan dapat memperbaiki kehidupan manusia atau peningkatan pendapatan. Tanpa perubahan, manusia merasa jenuh atau bahkan merasa tertinggal.


7. Apa saja upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi?

Jawaban:
1. Melek dengan Teknologi Terbaru.
2. Menjaga Sarana dan Prasarana.
3. Berinvestasi di Pasar Modal.
4. Mendanai UKM Indonesia.
5. Meningkatkan Pendidikan dan Keterampilan yang Dimiliki.
6. Membeli Obligasi.


8. Mengapa pertumbuhan ekonomi sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu negara?

Jawaban:
Pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi karena pertumbuhan ekonomi adalah bagian untuk mencapai pembangunan ekonomi. Misalnya suatu negara mengalami pertumbuhan ekonomi dikarenakan nilai ekspor komoditasnya meningkat. Pendapatan perkapita penduduknya pun semakin tinggi.


9. Bagaimana peran ilmu ekonomi regional dalam pembangunan ekonomi wilayah?

Jawaban:
Beberapa peran dalam ilmu Ekonomi Regional adalah sebagai penentu kebijakan terkait dengan ekonomi daerah seperti penentuan sektor lokal yang strategis dan berdaya saing, analisis potensi ekonomi, ketersediaan fasilitas daerah, serta kepadatan penduduk daerah.


10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan organisasi ekonomi regional?

Jawaban:
Organisasi regional adalah sebuah organisasi yang luas wilayahnya meliputi berbagai negara. Organisasi regional memiliki wilayah kegiatan yang bersifat regional, dan keanggotaannya hanya dimiliki oleh negara-negara pada kawasan tertentu saja. Misalkan saja seperti MEE, APEC, dan AFTA.


11. Mengapa Indonesia turut aktif dalam organisasi ekonomi regional dan global?

Jawaban: 
Alasan indonesia ikut aktif dalam berbagai organisasi internasional karena Indonesia memiliki politik luar negeri yaitu bebas dan aktif. Bebas dalam arti bebas menentukan sikap ke masalah-masalah internasional dan lepas dari pengaruh blok timur dengan paham komunisnya dan blok barat dengan paham liberalnya.