Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal (Uraian) Hukum Bisnis dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Hukum Bisnis

1. Bagaimana peran hukum bisnis?

Jawaban:
Secara keseluruhan, keberadaan Hukum Bisnis akan menjamin fungsi keamanan mekanisme pasar, melindungi usaha terutama UMKM, dan memperbaiki sistem keuangan dan perbankan. Intinya, adanya hukum yang khusus mengatur aspek ini akan mewujudkan bisnis yang adil dan merata bagi semua pihak.


2. Apa yang terjadi jika tidak ada hukum dalam bisnis?

Jawaban:
Yang terjadi jika dalam bisnis tidak ada hukum bisnis maka para anggota bisnis akan sesuka hati dalam bertindak dan tidak peduli dengan orang lain karena tidak adanya yang mengikat ataupun mengatur perbuatan tersebut.


3. Bagaimana peranan perkembangan hukum bisnis di Indonesia?

Jawaban:
Peranan hukum bisnis di Indonesia adalah sangat signifikan dengan keberadaan masyarakat yang majemuk, di dalam melakukan kegiatan jual-beli, serta bisnis-bisnis dalam bentuk yang lainnya. Karena itu juga dapat meningkatkan perekonomian bagi segenap lapisan masyarakat untuk mencapai masyarakat adil dan makmur.


4. Mengapa aspek hukum dapat mempengaruhi kegiatan bisnis di Indonesia?

Jawaban:
Aspek hukum dapat mempengaruhi kegiatan bisnis karena dengan memperhatikan aspek hukum di dalam bisnis, diharapkan terjadi stabilitas sosial terutama yang terjadi sehari-hari dalam kehidupan perusahaan, karena fungsi hukum bisnis adalah mengatur dan menyelesaikan persoalan-persoalan dalam aktivitas antar manusia


5. Hukum bisnis termasuk dalam ranah hukum apa?

Jawaban:
Hukum dagang masuk dalam kategori hukum perdata, tepatnya hukum perikatan. Alasannya karena hukum dagang berkaitan dengan tindakan manusia dalam urusan dagang.


6. Apa itu aspek hukum dalam bisnis?

Jawaban:
Aspek hukum dalam bisnis merupakan suatu kaidah yang bertugas dalam mengatur segala sesuatu mengenai tata cara pelaksanaan kegiatan perdagangan, keuangan, industri yang dikaitkan terhadap produksi, jasa, pertukaran barang dengan uang.


7. Mengapa hukum bisnis sangat berperan dalam perdagangan?

Jawaban:
Hukum dalam bisnis meurpakan perangkat hukum yang mengatur cara melaksanakan kegiatan perdagangan yang berkaitan dengan pertukaran barang dan jasa. Hukum dalam bisnis menjamin keamanan mekanisme pasar secara efisien dan adil terhadap semua pelaku bisnis.