Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal (Uraian) Perekonomian Terbuka dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Perekonomian Terbuka

1. Bagaimana peran sektor luar negeri Dalam perekonomian terbuka?

Jawaban: 
Peranan rumah tangga luar negeri dalam kegiatan ekonomi terdapat 4 sektor yaitu,Sebagai media terjadinya interaksi ekspor dan impor. Menyediakan faktor-faktor produksi yang berkualitas dari luar negeri. Membayar pembalasan jasa atas ekspor-impor


2. Mengapa pemerintah perlu melakukan keseimbangan ekonomi empat sektor?

Jawaban: 
Pemerintah perlu melakukan keseimbangan ekonomi 4 sektor karena ketidakseimbangan yang dapat berakibat pada terganggunya stabilitas ekonomi, dan dalam keadaan yang memburuk dapat menjadi pemicu krisis


3. Siapa pelaku ekonomi terbuka?

Jawaban: 
Pelaku ekonomi dalam perekonomian terbuka yaitu: konsumen, produsen, dan pemerintah


4. Bagaimana bentuk bentuk interaksi yang terjadi antara dua negara pada perekonomian terbuka?

Jawaban: 
Bentuk interaksi ekonomi antara dua negara pada ekonomi terbuka yaitu adanya kegiatan ekspor dan impor. Rasio Ekspor dan impor tersebut sangat berpengaruh pada GDP negara yang bersangkutan. Perekonomian terbuka membawa masuk “pasar luar negeri” ke dalam proses keseimbangan umum.


5. Bagaimana peran sektor luar negeri Dalam perekonomian terbuka?

Jawaban: 
Peranan rumah tangga luar negeri dalam kegiatan ekonomi terdapat 4 sektor yaitu,Sebagai media terjadinya interaksi ekspor dan impor. Menyediakan faktor-faktor produksi yang berkualitas dari luar negeri. Membayar pembalasan jasa atas ekspor-impor.


6. Apa yang membedakan model ekonomi tertutup dan terbuka?

Jawaban: 
Perekonomian tertutup dijalankan oleh negara tanpa adanya hubungan kerjasama dengan negara lain sehingga tidak terjadi ekspor dan impor barang. Sedangkan perekonomian terbuka dijalankan oleh negara dengan adanya hubungan kerjasama dengan negara lain sehingga terjadi kegiatan ekspor dan mengimpor barang.


7. Siapa saja pelaku dalam perekonomian terbuka 4 sektor?

Jawaban: 
Analisis pendapatan nasional empat sektor terdiri dari empat pelaku ekonomi yaitu RTK, RTP, RTN dan RTLN. Analisis pendapatan nasional 4 sektor disebut juga analisis pendapatan nasional dengan perekonomian terbuka.