Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal (Uraian) Benda Langit dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Benda Langit

1. Bintang di langit ada berapa?

Jawaban:
Di alam semesta, diperkirakan ada sekitar 200 miliar triliun bintang atau 200 sekstiliun atau jika ditulis lengkap adalah 200.000.000.000.000.000.000.000.000.


2. Planet apa yang muncul di sore hari?

Jawaban:
Venus "menyusul" Bumi setiap 584 hari. Saat hal tersebut terjadi, Venus berubah dari “Bintang Senja” yang tampak pada sore hari menjadi “Bintang Fajar” yang tampak sebelum matahari terbit. Sementara planet Merkurius sukar untuk dilihat saat senja dan sudut elongasi maksimalnya hanya 28°, Venus tidak sulit ditemukan.


3. Mengapa Bulan disebut benda langit yang gelap?

Jawaban:
Bulan termasuk benda langit yang gelap karena hanya mendapat cahaya dari matahari. Cahaya matahari yang diterima oleh bulan dipantulkan ke semua arah dan sebagian cahaya yang dipantulkan akan mengenai bumi.


4. Benda langit apa yang menjadi pusat dari sebuah sistem tata surya?

Jawaban:
Matahari adalah bintang paling besar dan menjadi pusat tata surya. Jarak bumi ke matahari kira-kira 149.600.000 satuan astronomi (SA).


5. Kapan black hole terjadi?

Jawaban:
Lubang hitam bintang dibuat ketika pusat bintang yang sangat besar jatuh ke dirinya sendiri, atau runtuh. Ketika itu terjadi, maka akan menyebabkan supernova. Supernova adalah ledakan bintang yang meledakkan sebagian bintang ke luar angkasa.


6. Galaksi apa yang terkecil?

Jawaban:
Untuk nama-nama galaksi terkecil di alam semesta adalah galaksi SagDIG.


7. Berapa ukuran nebula?

Jawaban:
Ukuran Nebula sangat besar hingga diameternya berukuran ratusan tahun cahaya. Faktanya, awan Nebula ukurannya mirip dengan awan yang ada di Bumi.


8. Apa kegunaan dari langit?

Jawaban:
Tidak cukup hanya sebagai perisai bumi dari benda luar angkasa, lapisan langit atau atmosfer ini juga memfilter sinar ultraviolet tepi yang sangat berguna untuk proses fotosintetis tumbuhan. Dan yang lebih mengagumkan lagi, fungsi langit juga mempunyai peran besar untuk pengaturan suhu bumi.


9. Apakah perbedaan antara langit dan awan?

Jawaban:
Awan berada di atas permukaan bumi tepatnya pada lapisan atmosfer. Awan terbentuk saat uap air naik dan menjadi embun langit. Menurut pada ahli, langit dapat diartikan sebagai lapisan yang menyelimuti permukaan planet Bumi. Langit adalah bagian atas dari permukaan bumi dan bisa digolongkan sebagai atmosfer.


10. Apa perbedaan antara langit dan bumi?

Jawaban:
Langit terdiri dari banyak gas dan udara. Hal tersebut menyebabkan warna langit yang berbeda-beda. Bumi merupakan planet yang menjadi tempat tinggal bagi semua makhluk hidup. Bumi merupakan urutan ke tiga setelah matahari dan bumi merupakan planet terbesar kelima.


11. Bintang itu warna apa?

Jawaban:
Pada bintang dengan suhu di atas 4.700 derajat Celsius akan berwarna kuning, suhu di atas 7.200 menghasilkan warna putih, serta suhu di atas 29.000 sampai 50.000 derajat Celsius akan membuat bintang tampak berwarna biru.


12. Bintang paling terang berwarna apa?

Jawaban:
Sirius memang dikenal sebagai bintang paling terang di langit Bumi. Bintang yang dijuluki Dog Star ini berwarna putih kebiruan. Sirius juga sering disebut bintang pelangi karena sering berkedip di malam hari.


13. Apakah bintang itu panas?

Jawaban:
Bintang merah adalah bintang dengan suhu paling dingin, bintang kuning lebih panas dari bintang merah, dan bintang biru adalah bintang yang paling panas. Dilansir dari Universe Today, jika bintang berwarna merah, ini berarti suhu permukaannya sekitar 2.226,85 derajat Celcius


14. Ada apa dengan langit merah?

Jawaban:
Penyebab Langit Berwarna Merah Darah:
Ternyata fenomena langit merah darah di China disebabkan oleh kombinasi awan menggantung yang sangat rendah, serta pantulan cahaya dari pelabuhan sebagai fenomena yang disebabkan oleh pembiasan cahaya.


15. Apa warna langit di malam hari?

Jawaban:
Ketika malam hari, langit akan tampak hitam kelam.


16. Awan itu warna apa?

Jawaban:
Sehingga, ketika semua panjang gelombang yang disebarkan oleh awan menyatu, gelombang akan muncul sebagai cahaya berwarna putih ketika menyentuh mata manusia. Inilah alasan kenapa awan berwarna putih, seperti saat kita lihat di langit yang cerah.


17. Bagaimana cara bintang mati?

Jawaban:
Sebelum bintang dan planet ada, awan raksasa hidrogen dan helium terbentuk. Secara perlahan awan ini mengumpulkan massa untuk membentuk gravitasinya. Sehingga menciptakan bola gas yang padat yang bernama bintang. Ketika terbentuk terkena gaya gravitasi yang cukup kuat dan besar, sehingga bintang berbahaya runtuh.


18. Bintang itu sebesar apa?

Jawaban:
Bintang juga memiliki ukuran yang luar biasa besar. Matahari, bintang yang terdekat dengan Bumi, diperkirakan memiliki diameter sekitar 130 juta kilometer (km). Kemudian luar sana ada pula bintang-bintang lain dengan ukuran ribuan kali lipat dari matahari.