Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal (uraian) Farmakoterapi Beserta Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Farmakoterapi

1. Apa yang dimaksud dengan hemostatik?

Jawaban:
Hemostasis adalah proses penghentian perdarahan secara spontan dari pembuluh darah yang mengalami kerusakan.


2. Apa yang dimaksud agregasi trombosit?

Jawaban:
Sebenarnya agregasi trombosit atau agregasi platelet menunjukan tingkat kemampuan darah Anda untuk menggumpal apakah kurang, normal atau justru berlebih. Dengan demikian mengenal agregasi trombosit lebih dalam dapat membantu anda untuk mengetahui keadaan kesehata anda.


3. Bagaimana mekanisme kerja obat fenitoin?

Jawaban:
Secara farmakologi, phenytoin (fenitoin) bekerja sebagai antikonvulsan dengan cara meningkatkan efluks atau menurunkan influks ion natrium di membran neuron pada korteks motorik. Hal ini dapat menstabilisasi neuron dan mencegah hipereksitabilitas. Obat ini akan dimetabolisme di hati kemudian dieliminasi melalui urine.


4. Bagaimana mekanisme kerja asam valproat?

Jawaban:
Mekanisme kerja asam valproat dalam pengobatan epilepsi adalah dengan meningkatkan inaktivasi kanal Na+, sehingga menurunkan kemampuan syaraf untuk menghantarkan muatan listrik (Ikawati, 2011). Perlu diperhatikan untuk beberapa peresepan obat.


5. Apa yang dimaksud T3 dan T4?

Jawaban:
Thyroxine (T4) adalah salah satu dari dua hormon utama yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Hormon tiroid utama lainnya disebut triiodothyronine (T3). T4 dan T3 secara bersama-sama mempunyai fungsi untuk mengatur metabolisme tubuh.


6. Apa peran dan pengaruh dopamin terkait dalam terjadinya penyakit Parkinson?

Jawaban:
Pada manusia normal, sel dari neuron-neuron tersebut menghasilkan dopamin yang mempunyai peran sebagai penyampai pesan dalam komunikasi antara substantia nigra dengan xorpus striatum. Komunikasi tersebut mengkoordinasikan gerakan otot yang seimbang dan mulus.


7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan antispasmodik?

Jawaban:
Antispasmodik merupakan golongan obat yang memiliki sifat sebagai relaksan otot polos. Obat yang termasuk dalam kelas ini adalah antimuskarinik dan relaksan yang dipercaya bekerja langsung di otot halus usus.