Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Uraian) Konsep Dasar Ekonomi dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Konsep Dasar Ekonomi 

1. Jelaskan mengenai Ilmu ekonomi publik!

Jawaban:
Ilmu ekonomi publik adalah cabang ilmu ekonomi yang membicarakan tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian. Hal-hal yang dibahas pada ilmu ekonomi publik ini antara lain APBN, APBD, utang pemerintah, pajak, retribusi, dan lain-lain 


2. Apa itu Ilmu ekonomi industri?

Jawaban:
Ilmu ekonomi industri merupakan cabang ilmu ekonomi yang memfokuskan pembahasan pada interaksi perusahaan-perusahaan dalam suatu industri.


3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ilmu ekonomi internasional!

Jawaban:
Ilmu ekonomi internasional diartikan sebagai cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang aktivitas perekonomian antar negara. Kegiatan perekonomian ini dapat berupa transaksi perdagangan antar negara, aliran investasi negara, dan neraca pembayaran.


4. Uraikan tentang ilmu ekonomi regional!

Jawaban:
Ilmu ekonomi regional merupakan cabang ilmu ekonomi yang antara lain membahas tentang interaksi ekonomi antar wilayah dan proses perkembangan suatu wilayah.


5. Uraikan mengenai Ilmu ekonomi sumber daya alam!

Jawaban:
Ilmu ekonomi Sumber Daya Alam (SDA) merupakan cabang ilmu ekonomi yang di dalamnya membahas problematika dan alokasi sumber daya alam secara optimal dilihat dari segi ekonomi. 


6. Jelaskan tentang Ilmu ekonomi sumber daya manusia!

Jawaban:
Ilmu ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas faktor produksi tenaga kerja pada. Pembahasan pada cabang ini di antaranya: masalah pengangguran, upah minimum, dan tingkat pendidikan calon tenaga kerja 


7. Jelaskan mengenai Ilmu ekonomi syariah!

Jawaban:
Ilmu ekonomi syariah adalah ilmu ekonomi yang bertujuan menerapkan ekonomi islam. Pokok pembahasannya antara lain prinsip bagi hasil, penghapusan riba, zakat, dan lain-lain


8. Apa yang dimaksud dengan tujuan ekonomi?

Jawaban:
Tujuan utama kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Kebutuhan tersebut digunakan untuk saat ini dan masa datang. Ketika seseorang bekerja dan mendapatkan uang, dia dapat memenuhi kebutuhan keluarganya.


9. Apa manfaat dari penerapan prinsip ekonomi?

Jawaban:
Berikut ini manfaat dari penerapan prinsip ekonomi: Mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk memperoleh keuntungan maksimal. Bekerja hemat, cepat dan tepat untuk memperkecil risiko kerugian atau kerusakan. Mencapai tujuan dengan tepat waktu dan berhasil untuk mencapai tingkat kemakmuran yang diinginkan.


10. Apa saja contoh ekonomi deskriptif?

Jawaban:
Contoh Ekonomi Deskriptif dalam Kehidupan
1. Kondisi Ekonomi Amerika Pasca Perang Dunia II
2. Sistem Pertanian di Bali
3. Kondisi Ekonomi Indonesia Tahun 70-an
4. Inflasi yang Meningkat di Tahun 1998
5. Penetapan APBN Tahun 2019