Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Uraian) Lembaga Jasa Keuangan dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Lembaga Jasa Keuangan

1. Mengapa bank membutuhkan dan perlu melakukan transaksi jasa jasa lainnya?

Jawaban:
Tujuan pemberian jasa- jasa bank ini → untuk mendukung dan memperlancar kegiatan menghimpun dana dan menyalurkan dana.  Bank juga memperoleh keuntungan dari transaksi yang diberikan dalam jasa-jasa bank lainnya→ fee based.


2. Apa perbedaan OJK dengan bank?

Jawaban:
Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah dua lembaga keuangan. Berikut perbedaannya: BI lebih berperan dalam menjaga stabilitas rupiah dengan membuat regulasi-regulasi terkait perbankan, sedangkan OJK lebih pada peran pengawasan atas transaksi keuangan di Indonesia.


3. Apa saja peranan lembaga keuangan bukan bank?

Jawaban:
Lembaga keuangan bukan bank atau disingkat LKBB merupakan kelompok lembaga yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Sebagai salah satu lembaga keuangan di Indonesia, LKBB berperan sebagai penghimpun dana dengan mengeluarkan surat berharga yang kemudian didistribusikan kepada masyarakat.


4. Bagaimana sistem lembaga keuangan di Indonesia?

Jawaban:
Sistem keuangan Indonesia pada prinsipnya dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu sistem perbankan dan sistem lembaga keuangan bukan bank. Lembaga keuangan ini dapat menerima simpanan dari masyarakat, maka juga disebut depository financial institutions yang terdiri dari bank umum dan bank perkreditan rakyat.


5. Faktor apa saja yang mendorong peningkatan peranan lembaga keuangan?

Jawaban:
Faktor mendorong peningkatan peranan lembaga keuangan (Rose & Frasser, 1988):
1. Peningkalan pendapatan masyarakat kelas menengah.
2. Pesatnya perkembangan industri dan teknologi.
3. Besarnya denominasi instrumen keuangan.
4. Skala ekonomi dan ruang lingkup produksi dan distribusi jasa-jasa keuangan.


6. Apa manfaat lembaga keuangan bagi perkembangan perekonomian Indonesia?

Jawaban:
Lembaga keuangan penting karena membantu masyarakat untuk menyimpan dana, menyediakan pinjaman, menyediakan uang tunai, dan kegiatan lainnya yang ikut berpengaruh terhadap roda perekonomian.


7. Mengapa di setiap negara harus ada lembaga keuangan?

Jawaban:
Lembaga keuangan merupakan salah satu institusi penting yang dimiliki oleh setiap negara. Bukan tanpa alasan, lembaga keuangan ini berperan dalam laju perputaran uang yang ada di masyarakat. Oleh karena itu, lembaga keuangan memberikan pengaruh besar dalam sistem ekonomi dan keuangan di masyarakat.


8. Bagaimana cara kerja bank sebagai lembaga keuangan?

Jawaban:
Cara kerja bank termasuk pemanfaatan jasa keuangan seperti pengiriman uang, pembayaran dan penerimaan gaji, pembayaran terhadap barang dan jasa, hingga melakukan investasi keuangan. Bank tidaklah terbatas pada lembaga keuangan swasta, bank juga merupakan lembaga keuangan yang dimiliki negara dalam lini bisnis BUMN.


9. Apakah koperasi lembaga keuangan?

Jawaban:
Koperasi simpan pinjam merupakan Lembaga Keuangan Bukan Bank yang menghimpun dana dari para anggota koperasi dan menyalurkannya kembali baik kepada sesama anggota maupun non-anggota. Bunga yang diberikan oleh koperasi biasanya lebih besar daripada bank atau pegadaian


10. Apa perbedaan antara bank dan lembaga keuangan lainnya?

Jawaban:
Bank biasanya menghimpun dana secara langsung dalam bentuk tabungan, giro, dan deposito, atau secara tidak langsung. Sedangkan lembaga keuangan nonbank menghimpun dana secara tidak langsung.