Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Uraian) Pengangguran dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Pengangguran 

1. Mengapa pengangguran sering kali menjadi masalah dalam perekonomian?

Jawaban:
Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.


2. Bagaimana cara mengatasi pengangguran musiman?

Jawaban:
Cara Mengatasi Pengangguran Musiman:
Untuk mengatasi jenis pengangguran yang satu ini adalah dengan memberikan informasi jelas terkait lowongan pekerjaan pada sektor lain. Selain itu, pengangguran musiman juga bisa diatasi dengan melakukan pelatihan di bidang keterampilan lain.


3. Mengapa dengan adanya pengangguran bisa menurunkan pendapatan negara?

Jawaban:
Pengangguran akan menyebabkan pendapatan nasional yang berasal dari sektor pajak berkurang. Hal ini terjadi karena pengangguran yang tinggi akan menyebabkan kegiatan perekonomian menurun sehingga pendapatan masyarakat pun akan menurun. Dengan demikian, pajak yang harus dibayar dari masyarakat pun akan menurun.


4. Mengapa kemiskinan sering dikaitkan dengan pengangguran?

Jawaban:
Ketika tingkat pengangguran naik, maka tingkat kemiskinan juga naik dan ketika tingkat pengangguran menurun maka tingkat kemiskinan juga ikut turun. Dalam teori, selalu ada hubungan antara pengangguran dan kemiskinan. Karena masyarakat yang menganggur tidak mempunyai penghasilan dan pengaruhnya adalah pasti miskin.


5. Apa contoh pengangguran struktural?

Jawaban:
Keahlian tersebut seperti keahlian menguasai mesin pabrik. Para petani pun akan kehilangan pekerjaannya karena ladangnya perlahan diubah menjadi pabrik. Petani tersebut sayangnya tidak memiliki keterampilan lain selain menggarap ladang, akhirnya ia menjadi pengangguran struktural.


6. Mengapa orang bisa dianggap sebagai pengangguran friksi?

Jawaban:
Pengangguran friksional adalah pengangguran yang terjadi karena kesulitan temporer dalam mempertemukan pemberi kerja dan pelamar kerja. Biasanya, pengangguran friksional terdapat pada perekonomian yang mencapai tingkat penggunaan tenaga kerja penuh.


7. Menurut Anda apakah pertumbuhan ekonomi mampu mengurangi pengangguran?

Jawaban:
Pertumbuhan ekonomi belum dapat mengurangi pengangguran 


8. Mengapa meningkatnya pengangguran merupakan salah satu dampak negatif dari kerjasama antar negara?

Jawaban: 
Karena meningkatnya tenaga kerja asing yang bekerja di negara tsb. Sehingga membuat masyarakat negara kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.


9. Bagaimana Cara Mengatasi pengangguran Friksional?

Jawaban: 
Solusi Mengatasi Pengangguran Friksional
1. Meningkatkan Informasi Tentang Lowongan Kerja
2. Meningkatkan Fleksibilitas Pekerjaan
3. Menghindari Prasangka terhadap Pekerja dan Pekerjaan.


10. Mengapa terjadi pengangguran terbuka?

Jawaban: 
Minimnya pengalaman. Selain kurangnya keterampilan, minimnya pengalaman adalah penyebab terjadinya pengangguran terbuka. Biasanya, ini terjadi pada fresh graduates yang sedang mencari pekerjaan. Masalah ini terjadi karena adanya lowongan pekerjaan entry-level yang tetap membutuhkan pengalaman kerja


11. Apa dampak dari pengangguran struktural?

Jawaban: 
Akan menyebabkan turunnya produk domestik bruto (PDB) yang akan berdampak juga pada pendapatan nasional yang akan mengalami penurunan. Menyebabkan terhambatnya investasi karena jumlah tabungan masyarakat yang ikut menurun.


12. Apa hubungan antara kesempatan kerja dan pengangguran?

Jawaban:
Hubungan antara kesempatan kerja dan pengangguran yaitu ketika angka kesempatan kerja meningkat, maka akan mengurangi tingkat pengangguran. Sementara jika angka kesempatan kerja menurun, maka akan menaikkan tingkat pengangguran.


13. Bagaimana cara menentukan tingkat pengangguran di suatu negara pada suatu periode?

Jawaban:
1. Untuk mencari Jumlah pengangguran dapat diketahui dengan rumus Jumlah angkatan kerja - Jumlah yang mempunyai pekerjaan.
2. Untuk mencari Tingkat pengangguran dapat diketahui dengan rumus (Jumlah yang tidak bekerja / angkatan kerja) x 100%


14. Apa yang akan terjadi bila jumlah penduduk produktif tidak sebanding dengan lapangan kerja?

Jawaban: 
Jika lebih banyak jumlah penduduk produktif, maka akan terjadi banyak pengangguran karena kurangnya lapangan kerja. Hal ini dapat meningkatkan tindak kriminal yang terjadi di masyarakat.


15. Apa contoh pengangguran teknologi?

Jawaban:
Pengangguran yang terjadi karena berkembangnya teknologi yang menggantikan pekerja pada sebuah bidang. Contohnya seorang karyawan bagian las mobil menganggur setelah tempatnya bekerja kini menggunakan robot untuk mengelas mobil


16. Apa contoh pengangguran terselubung?

Jawaban:
Contohnya, dalam pembuatan sebuah boneka dibutuhkan 2 orang pekerja saja, tetapi si pemilik perusahaan menjadikan saudaranya sebagai pekerja tambahan.