Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Uraian) Perpindahan Panas dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Perpindahan Panas (Kalor)

1. Mengapa perpindahan panas secara radiasi berjalan sangat cepat?

Jawaban:
Karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang berkecepatan tinggi, radiasi berjalan dengan sangat cepat.


2. Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

Jawaban:
Secara sederhana, perbedaan suhu dan kalor adalah suhu menyatakan ukuran dari rata-rata energi (kinetik/gerak) yang dimiliki oleh suatu zat, sedangkan kalor menyatakan proses perpindahan energi dari suatu zat ke zat lain karena adanya perbedaan suhu.


3. Apa manfaat dari perpindahan kalor konduksi?

Jawaban:
Contoh manfaat konduksi: 
Menyebabkan benda yang terbuat dari logam akan terasa hangat atau panas jika ujung benda dipanaskan, misalnya ketika memegang kembang api yang sedang dibakar


4. Kenapa air mendidih termasuk konveksi?

Jawaban:
Ketika merebus air, maka air akan mendidih dan air bersuhu panas di bagian bawah akan naik dan air yang bersuhu dingin akan bergerak turun, kemudian terjadi perputaran secara konveksi


5. Bagaimana cara panas matahari berpindah ke bumi?

Jawaban: 
Kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara. Kemudian proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi


6. Bagaimana cara mencegah terjadinya perpindahan kalor pada termos?

Jawaban:
Termos dibuat untuk mencegah perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, maupun radiasi. Dinding termos dibuat sedemikian rupa, untuk menghambat perpindahan kalor pada termos. Oleh karena itu, pemanfaatan perpindahan kalor pada termosyaitu menghambat panas agar tidak keluar dari termos.


7. Mengapa aliran panas berhenti pada sebuah bahan isolator?

Jawaban:
Aliran panas berhenti pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya.


8. Bagaimana proses perpindahan panas akibat perubahan suhu pada saat menggoreng?

Jawaban:
Pada makanan yang digoreng, arus minyak panas di sekitar makanan inilah yang membuat proses ini terjadi. Kemudian, molekul pada makanan ini saling menghantarkan panas sampai ke dalam makanan. Reaksi ini namanya konduksi, yaitu perpindahan panas melalui zat penghantar tanpa disertai perpindahan bagian zat itu.


9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kalor jenis?

Jawaban:
Kalor jenis adalah banyaknya kalor yang diserap atau diperlukan oleh 1 kg zat untuk menaikkan suhu sebesar 1⁰C, atau bisa juga diartikan sebagai kemampuan suatu benda untuk melepas atau menerima kalor.


10. Apa yang menyebabkan suatu benda memiliki suhu yang tinggi?

Jawaban:
Apa sih yang menyebabkan benda memiliki suhu panas atau dingin? Ternyata suhu benda dipengaruhi oleh kalor. Kalor adalah bentuk energi yang disalurkan antara dua atau lebih sistem atau sistem dengan lingkungannya berdasarkan perbedaan suhu di antara keduanya.


11. Apakah yang terjadi ketika kalor mengenai benda mengkilap?

Jawaban:
Jika panas mengenai benda yang mengkilap, maka benda tersebut tidak dapat menyerap panas namun memantulkan panas


12. Disebut Apa benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik?

Jawaban:
Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut bahan konduktor. Contoh bahan konduktor adalah perak, tembaga, aluminium, besi


13. Apa perbedaan antara kalor dan panas?

Jawaban:
➢ Energi panas adalah energi yang dimiliki oleh sebuah benda yang suhunya tertentu, sedangkan kalor adalah proses transfer energi panas melalui perbedaan suhu. (Energi panas tidak sama pengertiannya dengan kalor).


14. Apa nama alat yang digunakan untuk mengukur kalor?

Jawaban:
Kalorimeter / Calorimeter / Alat Pengukur Kalor.


15. Mengapa suhu air bisa berubah?

Jawaban: 
Suhu secara langsung atau tidak langsung sangat dipengaruhi oleh sinar matahari. Panas yang dimiliki oleh air akan mengalami perubahan secara perlahan-lahan antara siang dan malam serta dari musim ke musim.