Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Uraian) Sumber Energi dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Sumber Energi 

1. Apakah energi bisa hilang?

Jawaban:
Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat dimusnahkan tetapi dapat diubah ke dalam bentuk yang lain dan dimanfaatkan untuk kepentingan energi. Ilmu yang mempelajari perubahan energi dari satu ke lainnya adalah ilmu konversi energi.


2. Jenis energi ada berapa?

Jawaban:
8 Macam-Macam Energi dan Perubahan Energi
1. Energi Kinetik.
2. Energi Potensial.
3. Energi Cahaya.
4. Energi Listrik.
5. Energi Bunyi.
6. Energi Kimia.
7. Energi Panas.
8. Energi Angin.


3. Apa saja sumber energi yang dapat didaur ulang?

Jawaban:
Renewable meliputi biomassa, biogas dan kayu bakar. Nondelepted meliputi panas bumi yang berasal dari perut bumi dan energi matahari yang dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung.


4. Apa sifat dari perubahan energi?

Jawaban:
Adapun sifat-sifat perubahan energi adalah sebagai berikut ini: Transformasi energi ialah energi bisa diubah dalam bentuk lain. Sebagai contohnya energi panas pembakaran menjadi energi mekanik mesin. Transfer energi yaitu energi panas dari suatu material atau tempat dapat di transferkan ke tempat atau metrial lain.


5. Apa saja ciri ciri energi alternatif?

Jawaban:
Ciri-ciri energi alternatif yaitu ….
1. mudah didapat dan banyak ketersediaannya.
2. mudah didapat dan cepat habis.
3. tersedia banyak dan tidak bisa diperbaharui.


6. Apakah sumber energi PLTU?

Jawaban:
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) adalah pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik


7. Apa perbedaan energi panas bumi dan energi matahari?

Jawaban:
Panas bumi bisa dimanfaatkan sebagai penggerak generator pembangkit listrik dan gas alamnya bisa digunakan sebagai bahan bakar. Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi bumi. Sumber energi panas matahari berasal dari radiasi matahari kepada bumi.


8. Energi apakah yang paling banyak digunakan?

Jawaban:
Listrik, Sumber Energi Paling Banyak Digunakan Rumah Tangga Indonesia.


9. Baterai adalah sumber energi apa?

Jawaban:
Baterai adalah alat yang digunakan untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk kimia kemudian diubah menjadi energi listrik untuk memperoleh arus listrik yang diperlukan sehingga dapat digunakan menghidupkan peralatan yang diperlukan, seperti strika, rice cooker, mengerakkan mesin-mesin dan peratan elektronik lainnya.


10. Apa saja manfaat dari energi listrik?

Jawaban:
Manfaat energi listrik bagi kehidupan manusia cukup beragam, dari sumber penerangan hingga memenuhi kebutuhan aktivitas rumah tangga. Bagaimana tidak, energi listrik berfungsi untuk menggerakkan alat-alat elektronik, seperti kulkas, lampu, mesin cuci, setrika, kipas angin, dan lain-lain.


11. Apa saja sumber energi pada tumbuhan?

Jawaban:
Cahaya matahari sangat penting bagi kehidupan tanaman. Tanaman menggunakan energi matahari untuk bertahan hidup dengan memproduksi gula dan nutrisi lainnya. Hewan kemudian mengonsumsi tanaman dan mengubah energi tanaman (yang berasal dari matahari) untuk digunakan sendiri.


12. Televisi menjadi energi apa?

Jawaban:
Radio dan televisi dapat mengubah energi listrik menjadi energi bunyi.


13. Energi apa saja yang ada di rumah?

Jawaban:
Contoh macam-macam energi yang bisa kita temukan di rumah kita adalah energi listrik, energi cahaya, energi bunyi, energi gerak, dan sebagainya.


14. Kipas angin menggunakan energi apa?

Jawaban:
Pada kipas angin perubahan energi yang terjadi adalah dari energi listrik, menjadi energi gerak. Energi listrik didapatkan kipas angin ketika kabelnya dicolokkan ke stop kontak. Arus listrik pun akan mengalir melalui kabel dan memanaskan mesin kipas angin, serta menggerakkan dinamonya.


15. Apa manfaat dari energi gerak?

Jawaban:
Energi gerak dapat diubah menjadi energi listrik. Hal itu sangat penting untuk kehidupan sehari-hari manusia. Perubahan energi pada umumnya memanfaatkan generator. Saat generator bergerak, ia akan menggerakan kumparan penghantar listrik pada medan magnetik, kemudian menghasilkan arus listrik


16. Apa yang termasuk energi gerak?

Jawaban:
Energi gerak dibedakan menjadi dua yaitu energi kinetik dan juga energi potensial.


17. Apa saja contoh energi potensial serta jelaskan?

Jawaban:
Beberapa contoh energi potensial yang dapat kita temukan pada dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
1. Bola perusak
Bola perusak memiliki energi potensial gravitasi, yang dihasilkan oleh suspensi bola pada derek.
2. Ayunan
Ayunan, seperti halnya bola pembongkaran memiliki energi gravitasi potensial, karena tergantung dari penyangga. Ketika ayunan bergerak maju atau mundur, ia bertahan selama beberapa milidetik, memungkinkannya menyimpan energi. Demikian juga, ayunan menyimpan energi saat tidak berayun.
3. Pendulum
Pendulum, seperti jam dinding, menyimpan energi potensial berkat gravitasi.
4. Bola bergulir menuruni lereng
Sebuah bola berguling-guling di lereng menyajikan dua momen di mana ia dapat menyimpan energi potensial: yang pertama adalah ketika berada di puncak bukit dan yang kedua adalah ketika bola itu telah selesai turun dan berhenti.
5. Liga
Liga dalam keadaan alaminya tidak memiliki energi potensial. Namun, ketika diregangkan, ia mulai menyimpan energi, berkat elastisitasnya.
6. Tali Bungee
Tali bungee, seperti busur biasa, menyimpan energi potensial ketika diregangkan.
7. Trampolin
Trampolin yang tidak digunakan tidak memiliki energi potensial. Itu mulai menyimpan energi hanya ketika sebuah benda memantul padanya.
8. Per
Per adalah contoh klasik energi potensial elastis, karena ketika diregangkan mereka menyerap energi potensial yang dilepaskan ketika dikontrak.
9. Sebuah ember di atas pintu
Seember air di atas pintu berpotensi jatuh kapan saja, jadi itu adalah energi potensial gravitasi.
10. Busur
Busur yang tidak digunakan tidak memiliki energi potensial. Namun, ketika ditarik dan panah belum ditembakkan, ia mulai menyimpan energi potensial karena elastisitas.
11. Sebuah batu di tepi tebing
Sebuah batu di tepi tebing memiliki energi potensial gravitasi. Jika batu itu jatuh, energi potensial berubah menjadi kinetik.
12. Buah di dahan pohon
Seperti batu yang akan jatuh dari tebing, buah di pohon memiliki kemampuan untuk terlepas kapan saja karena daya tarik yang diberikan oleh gaya gravitasi di Bumi.
13. Kembang api
Kembang api yang belum dinyalakan memiliki energi potensial kimia, karena reaktan yang menyusunnya dapat meledak setelah bersentuhan dengan nyala api.
14. Makanan yang kita makan
Makanan yang kita makan memiliki energi kimia potensial.
15. Baterai mainan
Baterai mainan memiliki energi potensial kimia yang diubah menjadi energi kinetik saat mainan diaktifkan.
16. Mobil yang dikendarai dengan bensin
Mobil yang digerakkan bensin, seperti mainan yang ditenagai baterai, memiliki energi kimia potensial yang dapat diubah menjadi energi kinetik.
17. Pistol pegas
Pistol yang dioperasikan pegas memiliki energi potensial elastis pada saat pemicunya ditarik.
18. Sebuah magnet dan benda logam
Ketika magnet ditempatkan dari jarak jauh dari benda logam, energi potensial elektrostatik dihasilkan.
19. Dua magnet yang berhadapan kutub positifnya
Ketika dua magnet saling dihadapkan kutub positif dan ditempatkan sangat dekat satu sama lain, energi potensial elektrostatik dihasilkan.
20. Balon penuh udara
Balon yang diisi udara menghadirkan energi potensial elastis, karena dinding balon melebar akibat udara.