Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Uraian) Teori Dasar Listrik Beserta Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Teori Dasar Listrik

1. Apakah elemen volta sumber arus searah?

Jawaban:
Jadi, yang termasuk sumber arus searah adalah akumulator, elemen kering, dan elemen Volta.


2. Apa yang dimaksud dengan elemen Daniel?

Jawaban:
Elemen daniel merupakan salah satu elemen primer yang memiliki cara kerja hampir sama dengan elemen volta. Elemen daniel terdiri dari batang seng, larutan seng sulfat, batang tembaga, dan larutan tembaga sulfat.


3. Bagaimana prinsip kerja elemen volta?

Jawaban:
Jika elektroda seng dan tembaga dicelupkan ke dalam larutan asam sulfat, terjadilah reaksi kimia yang menyebabkan lempeng tembaga bermuatan listrik positif dan lempeng seng bermuatan listrik negatif.


4. Apa fungsi dari sel volta?

Jawaban:
Sejauh ini, aplikasi terpenting penggunaan sel volta adalah baterai. Baterai merupakan sel elektrokimia yang dapat menghasilkan arus listrik yang terjadi secara spontan.


5. Bagaimana cara dinamo menghasilkan energi listrik pada sepeda?

Jawaban:
Dinamo merupakan suatu komponen listrk yang mengubah energi mekanik (gerak) dari penggerak menjadi energi listrik dengan perantara induksi medan magnet. Energi yang di hasilkan oleh sepeda di simpan ke dalam aki yang kemudian di manfaatkan untuk menggerakan sepeda, menyalakan lampu maupun untuk mengecas hand phone.


6. Apa fungsi dari alternator?

Jawaban:
Alternator memiliki fungsi utama mengubah energi kinetis menjadi energi listrik, dan disalurkan ke setiap bagian kendaraan bermotor. Dalam alternator terdapat sederet komponen yang menjalankan peran dan fungsinya masing-masing.


7. Apa yang dimaksud dengan alternator?

Jawaban:
Alternator atau biasa disebut dengan dinamo adalah alat atau komponen pembangkit listrik yang ada dalam setiap kendaraan bermotor, termasuk mobil. Hal tersebut karena listrik merupakan komponen penting dalam kendaraan mobil.


8. Bagaimana GGL induksi dihasilkan?

Jawaban:
Pada suatu rangkaian yang dialiri arus bolak-balik, maka akan menimbulkan fluks magnetik yang juga berubah-ubah terhadap waktu. Perubahan fluks magnetik yang terjadi akan menginduksi kumparan dalam rangkaian itu sendiri, sehingga akan menimbulkan ggl induksi


9. Apa yang dimaksud dengan GGL induksi dan arus induksi?

Jawaban:
Timbulnya gaya listrik (GGL) pada kumparan hanya apabila terjadi perubahan jumlah garis-garis gaya magnet. Gaya gerak listrik yang timbul akibat adanya perubahan jumlah garis-garis gaya magnet disebut GGL induksi, sedangkan arus yang mengalir dinamakan arus induksi dan peristiwanya disebut induksi elektromagnetik.


10. Apa kegunaan induksi elektromagnetik?

Jawaban:
Kegunaan induksi elektromagnetik antara lain: mengubah energi gerak menjadi energi listrik. membangkitkan GGL induksi. menimbulkan arus induksi.


11. Alat apa saja yang menggunakan prinsip kerja induksi elektromagnetik?

Jawaban:
Alat-alat dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan prinsip induksi elektromagnetik di antaranya:
1. Generator AC/DC.
2. Transformator.
3. Dinamo sepeda.
4. Kipas angin.


12. Bagaimana prinsip induksi elektromagnetik pada generator?

Jawaban:
Generator bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik yaitu dengan memutar suatu kumparan dalam medan magnet sehingga timbul Gaya Gerak Listrik Induksi (GGL induksi). Gerakan memutar ini berasal dari sumber yang berbagai macam dan yang membedakan satu jenis pembangkit dengan pembangkit lainnya.