Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

19 Soal (Uraian) Uang dan Jawaban

Kumpulan Soal (Esai) Materi Uang

1. Kenapa pemerintah tidak mencetak uang untuk membayar hutang?

Jawaban:
Bukannya terbebas dari kemiskinan, pencetakan uang yang banyak dan tak terkendali, justru bisa membuat utang negara bertambah. Itulah alasan mengapa negara termasuk Indonesia tidak boleh mencetak uang sebanyak-banyaknya untuk membayar utang luar negerinya.


2. Apa tujuan pemusnahan uang?

Jawaban:
Tujuan dari pemusnahan uang rupiah itu dilakukan untuk menjalankan pengelolaan uang rupiah agar tetap layak edar di masyarakat (clean money policy). Uang rupiah yang dimusnahkan tersebut nantinya akan diganti dengan uang rupiah dalam kondisi layak edar dalam jumlah yang sama.


3. Apa sih Peruri?

Jawaban:
Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) dipercaya pemerintah sebagai satu-satunya perusahaan yang mencetak uang rupiah serta dokumen penting lainnya milik negara.


4. Mengapa perekonomian barter tanpa uang sukar dilakukan dalam sebuah perekonomian?

Jawaban:
Karena sistem barter tidak menggunakan mata uang sebagai alat pembayaran, maka akan sulit untuk menilai suatu harga dan juga mengkuantifikasi suatu barang. Sehingga, dalam laporan keuangan, masalah yang akan muncul adalah pendapatan tersebut harus diakui ataupun tidak.


5. Apa syarat uang dalam Islam?

Jawaban:
Uang dalam Ekonomi Islam adalah sesuatu yang bersifat flow consept bukan stock concept. Uang harus selalu mengalir, beredar di kalangan masyarakat dalam kehidupan ekonomi karena uang itu adalah public goods, tidak mengendap menjadi milik pribadi dalam bentuk private goods.


6. Apakah uang memiliki jaminan?

Jawaban:
Ada jaminan artinya harus dijamin pemerintah sehingga penggunaannya untuk berbagai keperluan dapat dipercaya oleh masyarakat.


7. Uang berasal dari bahasa apa?

Jawaban:
Secara etimologis, kata duit/deut berasal dari kata bahasa Norse Kuno thveit yang artinya sejenis koin kecil, namun arti harfiahnya ialah "kepingan-kepingan".


8. Apa saja teori uang?

Jawaban:
Macam-Macam Teori Nilai Uang
1. Teori Nilai Uang Statis
2. Teori Konvensi (Perjanjian)
3. Teori Nominalisme
4. Teori Metalisme (Intrinsik)
5. Teori Negara
6. Teori Uang Dinamis
7. Teori Kuantitas dari David Ricardo
8. Teori Ongkos Produksi
9. Teori Kuantitas dari Irving Fisher
10. Teori Persediaan Kas


9. Faktor apa saja yang mempengaruhi jumlah uang beredar?

Jawaban:
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi naik turunnya jumlah uang beredar di Indonesia baik dalam arti luas (M2) maupun dalam arti sempit (M1), antara lain tingkat suku bunga, inflasi, nilai tukar rupiah, pengeluaran pemerintah, cadangan devisa, dan angka pengganda uang.


10. Apa syarat utama agar uang diakui dan diterima oleh masyarakat?

Jawaban:
Syarat-syarat uang antara lain: Diterima secara umum ( acceptability ) Memiliki nilai yang cenderung stabil ( stability of value ) Ringan dan mudah dibawa ( portability ) Tahan lama ( durability ) Kualitasnya cenderung sama ( uniformity ) Jumlahnya terbatas dan tidak mudah dipalsukan ( scarcity ) Mudah dibagi


11. Apa kegunaan uang Jelaskan dan berikan contoh?

Jawaban:
Dengan adanya uang, maka bisa digunakan sebagai dasar mengukur dan menentukan nilai suatu barang dan jasa. Misalnya, dengan uang orang dapat mengukur nilai sebuah rumah, mobil, dan kemudian membandingkannya. Uang dapat digunakan untuk melunasi berbagai bentuk kewajiban kepada pihak lain.


12. Apa saja fungsi asli dan fungsi turunan uang?

Jawaban:
Fungsi asli uang adalah sebagai alat tukar dan satuan hitung sedangkan fungsi turunan uang bisa dibagi lagi, seperti menunjukkan harga, sebagai alat bayar, bahkan penimbun kekayaan.


13. Fungsi uang ada berapa?

Jawaban:
Fungsi asli dari uang sendiri juga terbagi menjadi 3 kategori. Fungsi yang pertama adalah uang sebagai alat tukar yang sah. Fungsi asli kedua sebagai sebuah satuan hitung, dan fungsi asli uang yang ketiga adalah sebagai alat penyimpan nilai.


14. Mengapa pemerintah harus mengendalikan jumlah uang yang beredar di masyarakat?

Jawaban:
Peran pemerintah sangat penting dalam hal mengendalikan jumlah uang yang beredar agar tidak terjadi inflasi. Cara mengendalikan jumlah uang beredar melalui kebijakan moneter bekerjasama dengan bank sentral atau BI.


15. Apa nilai dan fungsi uang dalam jual beli?

Jawaban:
Alat tukar merupakan fungsi utama uang karena pada dasarnya penggunaan uang adalah untuk memudahkan pertukaran. Adanya uang menjadikan kamu lebih fleksibel dalam menentukan pilihan antara pembeli dan penjual sehingga tidak perlu lagi memiliki keinginan timbal balik seperti pada pola barter.


16. Apa kelebihan uang kertas?

Jawaban:
Kelebihan Uang Kertas: Uang kertas praktis digunakan, mudah dibawa karena bobotnya ringan jika dibandingkan dengan uang logam. Beberapa kelebihan uang kertas berikut ini bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan: Uang kertas bisa digunakan untuk transaksi dengan denominasi besar.


17. Bagaimana konsep uang?

Jawaban:
Uang adalah satuan nilai atau standar ukuran harga dalam transaksi barang dan jasa. Ini berarti uang berperan menghargai secara aktual barang dan jasa. Dengan adanya uang sebagai satuan nilai memudahkan terlaksanakanya transaksi dalam kegiatan ekonomi masyarakat.


18. Bagaimana sejarah uang di Indonesia?

Jawaban:
1945, Indonesia mulai mencetak mata uang rupiahc. Rupiah Indonesia pertama kali dikeluarkan pada 3 Oktober 1946. Sementara, mata uang yang berlaku sebelumnya seperti uang NICA atau mata uang Jepang harus diserahkan ke bank paling lambat 30 Oktober 1946. FYI, satu rupiah baru itu nilainya setara dengan 0,5 gram emas.


19. Siapa yang mengendalikan jumlah uang yang beredar dan bagaimana?

Jawaban:
Otoritas moneter adalah suatu entitas yang memiliki wewenang untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar pada suatu negara dan memiliki hak untuk menetapkan suku bunga dan parameter lainnya yang menentukan biaya dan persediaan uang.