Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Uraian) Pembagian Daerah Waktu dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Pembagian Daerah Waktu

1. Berapa UTC Ke WIB?

Jawaban:
UTC+7 mengisyaratkan bahwa WIB lebih cepat 7 jam dibandingkan waktu UTC. Misalnya ada suatu acara diadakan pada jam 05.00 UTC, maka pada WIB akan menjadi pukul 12.00 WIB pada hari yang sama.


2. WITA sama dengan negara apa?

Jawaban:
Negara dengan zona waktu yang sama dengan WITA ini adalah: Mongolia bagian timur, termasuk ibukota Ulanbaatar. Rusia, di wilayah Siberia bagian timur, disebut dengan Waktu Irkutsk. China, termasuk wilayah otonom Hongkong dan Makau.


3. GMT+1 dimana?

Jawaban:
GMT+1 berada 6 jam di depan Kota New York.


4. Siapa yang mengusulkan pembagian 24 zona waktu di bumi?

Jawaban:
Pada saat itu, Sir Sanford Fleming mengusulkan agar pembagian waktu di dunia dibagi menjadi 24 zona waktu. Hal ini didasarkan pada bumi berputar pada porosnya selama 24 jam dan terdapat 360 derajat bujur di bumi, maka setiap 15 derajat bujur merupakan 1 jam rotasi bumi


5. Apa yang dimaksud dengan zona waktu?

Jawaban:
Zona waktu adalah garis imajiner tempat kita membagi bumi untuk menetapkan pembagian waktu dan merupakan sumber daya yang berguna untuk dapat mengatur waktu di seluruh planet.


6. Mengapa dunia dibagi menjadi 24 daerah waktu?

Jawaban:
Wilayah di Bumi dibagi menjadi 24 daerah waktu dikarenakan bumi melakukan perputaran penuh dalam porosnya (rotasi bumi) selama 24 jam dalam sehari, sehingga wilayah bumi dibagi menjadi 24 zona yg memiliki perbedaan waktu tertentu.


7. Dimana pusat waktu dunia?

Jawaban:
GMT sendiri merupakan waktu di Greenwich, salah satu kota di Inggris. Kota ini ditetapkan sebagai standar waktu dunia pada tahun 1884.


8. Mengapa pembagian waktu tidak lurus?

Jawaban:
sebab penyelarasan batas wilayah provinsi dengan garis bujur yg membagi zona waktu.


9. Apa akibatnya jika kita memiliki satu zona waktu tunggal?

Jawaban:
Jika kita memiliki satu zona waktu tunggal untuk Bumi, siang akan menjadi tengah hari di beberapa tempat, tetapi itu akan menjadi pagi, malam, dan tengah malam di tempat lain. Karena bagian Bumi yang berbeda mengalami siang dan malam hari pada waktu yang berbeda, kita juga memerlukan zona waktu yang berbeda.


10. Apa pengaruh perbedaan waktu?

Jawaban:
Pengaruh perbedaan waktu dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti berbedanya aktivitas yang dilakukan, seperti pagi hari waktunya sekolah dan malam hari waktunya tidur. Selain itu, perbedaan waktu ini juga memengaruhi lamanya waktu berpuasa di setiap negara


11. Apa perbedaan GMT dan UTC?

Jawaban:
Pada dasarnya, UTC (Universal Coordinated Time) tidak ada perbedaannya dengan GMT (Greenwich Mean Time). Saat ini GMT, menjadi zona waktu yang dipergunakan oleh sekelompok negara Eropa dan Afrika, sedangkan UTC adalah, standar waktu seluruh negara di dunia termasuk di penerbangan.