Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Soal (Uraian) Analisis Lokasi Industri dan Pertanian + Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Analisis Lokasi Industri dan Pertanian

1. Apa saja yang dapat digunakan untuk menentukan lokasi pertanian?

Jawaban:
Peran peta dalam menentukan lokasi pertanian ialah sebagai data atau parameter syarat hidup tumbuhan seperti suhu, tanah, topografi, dan saluran irigasi. Parameter-parameter ini kemudian di analisis dan dijadikan sebagai perencanaan dalam menentukan lokasi pertanian.


2. Bagaimana lokasi industri yang paling ideal menurut Weber?

Jawaban:
Weber menyatakan bahwa lokasi setiap industri tergantung pada total biaya transportasi dan tenaga kerja di mana penjumlahan keduanya harus minimum. Tempat di mana total biaya transportasi dan tenaga kerja yang minimum adalah identik dengan tingkat keuntungan yang maksimum.


3. Jelaskan Faktor-faktor Pengaruh Penentuan Lokasi Pertanian berdasarkan Suhu!

Jawaban:
Suhu mempunyai peranan penting dalam bidang pertanian karena berpengaruh pada tingkat pertumbuhan, pemulangan pembuangan, dan panen tanaman. Suhu yang terlalu tinggi atau rendah menyebabkan pertumbuhan tanaman tidak normal dan akhirnya produksi pertanian menurun.


4. Jelaskan Syarat-syarat Penentuan Lokasi Industri berdasarkan bahan mentah!

Jawaban:
Bahan mentah sangat menentukan lokasi industri karena bahan mentah merupakan bahan dasar untuk menghasilkan suatu barang atau produk. Apabila bahan mentah tersedia di banyak tempat, maka lokasi industri dapat didirikan di mana saja, tetapi apabila bahan mentah tersedia terbatas, maka alternatif penentuan lokasi menjadi terbatas pula.


5. Jelaskan Faktor-faktor Pengaruh Penentuan Lokasi Pertanian berdasarkan Curah Hujan!

Jawaban:
Curah hujan merupakan unsur iklim yang penting dalam pertanian karena menentukan banyaknya air oleh permukaan bumi. Curah hujan menentukan kemungkinan pola usaha pertanian yang cocok untuk setiap daerah.


6. Jelaskan Syarat-syarat Penentuan Lokasi Industri berdasarkan Tenaga Kerja!

Jawaban:
Tenaga kerja adalah orang yang menjalankan aktivitas kegiatan industri. Ada industri yang membutuhkan banyak tenaga kerja dan ada pula industri yang sedikit membutuhkan tenaga kerja. Tenaga kerja memiliki dua macam, yaitu kuantitatif dan kualitatif.
a. Kuantitatif, artinya banyaknya tenaga yang direkrut.
b. Kualitatif, artinya tenaga kerja berdasarkan keterampilannya.
Industri yang membutuhkan tenaga kerja yang banyak harus ditempatkan di daerah yang mempunyai jumlah penduduk yang banyak agar biaya untuk upah tenaga kerja tidak terlalu mahal.


7. Jelaskan Faktor-faktor Pengaruh Penentuan Lokasi Pertanian berdasarkan Tekstur Tanah!

Jawaban:
Keadaan alam seperti tekstur tanah ini menunjukkan pembagian partikel-partikel tanah. Partikel yang paling kecil adalah butir liat, kemudian butir debu, pasir, dan kerikil. Selain itu, ada juga tanah yang terdiri dari batu-batu. Tekstur tanah dikatakan baik apabila komposisi antara pasir, debu, dan struktur liatnya seimbang. Semakin halus butir-butir tanah, maka semakin kuat tanah tersebut mengikat air dan unsur hara. Tanah yang memiliki kandungan liatnya tinggi akan sulit untuk diolah. Tetapi apabila tanah itu basah, maka akan menjadi lengket.


8. Jelaskan Syarat-syarat Penentuan Lokasi Industri berdasarkan Sumber Energi!

Jawaban:
Sumber energi dibutuhkan untuk proses produksi. Energi digunakan untuk menggerakkan mesin-mesin produksi, seperti kayu bakar, batu bara, listrik, minyak bumi, gas alam, dan tenaga atom/ nuklir. Suatu industri yang banyak membutuhkan energi, umumnya mendekati tempat-tempat yang menjadi sumber energi  tersebut.