Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Uraian) Antroposfer dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Antroposfer 

1. Apa fungsi dari komposisi penduduk?

Jawaban:
Fungsi komposisi penduduk yakni untuk mengklasifikasikan penduduk sebagai dasar perencanaan pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. 


2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pertumbuhan penduduk?

Jawaban:
Pertumbuhan penduduk merupakan perubahan jumlah penduduk, baik pertambahan maupun penurunannya.


3. Faktor apa saja yang menyebabkan adanya pertumbuhan penduduk?

Jawaban:
Faktor alami yang menyebabkan bertambahnya jumlah penduduk yaitu adanya kelahiran (natalitas). Selain kelahiran faktor pertumbuhan penduduk disebabkan oleh kematian (mortalitas) dan juga migrasi.


4. Apa dampak dari pertumbuhan penduduk yang cepat?

Jawaban:
Pertumbuhan penduduk yang semakin cepat, maka akan membawa akibat kepada tekanan yang kuat terhadap sumber daya alam. Seperti meningkatnya kebutuhan pangan, air bersih, pemukiman dan sebagainya.


5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan fertilitas?

Jawaban:
Demografi fertilitas adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah anak yang benar-benar dilahirkan dalam keadaan hidup.


6. Apa faktor penghambat fertilitas?

Jawaban:
Faktor-faktor yang mampu menjadi penghambat kelahiran, di antaranya sebagai berikut. Adanya program Keluarga Berencana (KB). Adanya undang-undang perkawinan yang mengatur masalah batas usia minimal menikah di Indonesia. Adanya pembatasan tunjangan anak bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau karyawan.


7. Mengapa fertilitas mempengaruhi pertumbuhan penduduk?

Jawaban:
Fertilitas atau kelahiran merupakan salah satu faktor penambah jumlah penduduk disamping migrasi. Apabila angka fertilitas lebih besar daripada angka mortalitas, maka pertumbuhan penduduk menjadi positif maka otomatis jumlah penduduk akan lebih banyak.


8. Apa yang dimaksud mortalitas jelaskan?

Jawaban:
Mortalitas dapat disebut juga dengan kematian.


9. Apa itu masalah mortalitas?

Jawaban:
Mortalitas (kematian) merupakan salah satu faktor demografi yang mempengaruhi jumlah penduduk selain fertilitas (kelahiran) dan migrasi (perpindahan). Tingginya angka kematian disuatu wilayah dapat diasumsikan bahwa rendahnya kesehatan diwilayah tersebut.


10. Apa saja faktor mortalitas?

Jawaban:
Faktor pendorong kematian di antaranya tingkat kesehatan yang rendah, fasilitas kesehatan yang kurang mewadahi, bencana alam, wabah, hingga konflik antar bangsa.


11. Apa yang dimaksud dengan migrasi adalah?

Jawaban:
Migrasi adalah gerak penduduk yang melintas batas wilayah asal menuju ke wilayah tujuan dengan niatan menetap. Sebaliknya, migrasi penduduk non-permanen adalah gerak penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain dengan tidak ada niatan menetap di daerah tujuan.


12. Apa contoh migrasi?

Jawaban:
Contohnya, penduduk Indonesia yang pergi ke Timur Tengah untuk bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI).