Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Uraian) Cuaca dan Iklim dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Cuaca dan Iklim

1. Apa saja keunggulan iklim di Indonesia?

Jawaban:
Berikut adalah keunggulan iklim di Indonesia: Perbedaan temperatur antara siang dan malam tidak terlalu ekstrim (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin). Terjadi musim penghujan dan musim kemarau yang bergantian setiap 6 bulan sekali. Itu merupakan dampak Indonesia sebagai tropis.


2. Apa yang mempengaruhi cuaca di suatu daerah?

Jawaban:
Perubahan cuaca dipengaruhi oleh perbedaan tekanan udara, suhu, dan kelembapan antara satu tempat dengan tempat lainnya. Perbedaan ini dapat terjadi karena sudut Matahari di setiap titik tertentu, yang bervariasi menurut garis lintang.


3. Mengapa iklim mempengaruhi kehidupan manusia?

Jawaban:
Keadaan iklim sangat berpengaruh terhadap pemilihan tempat tinggal manusia. Hal ini sangat berkaitan dengan kenyamanan dalam melakukan aktivitas. Manusia akan lebih memilih tinggal di tempat dengan iklim yang nyaman, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jika terlalu panas maka manusia tidak akan nyaman.


4. Mengapa ramalan cuaca penting?

Jawaban:
Adanya prakiraan cuaca yang diterbitkan oleh BMKG tentu sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, cuaca dapat menjadi sangat menguntungkan, namun dalam keadaan tertentu cuaca bisa juga menyebabkan kerugian. Faktor cuaca, seperti suhu udara dan curah hujan tentu sangat penting bagi pertumbuhan tanaman.


5. Apa dampak positif dari perubahan iklim?

Jawaban:
Perubahan iklim berupa pemanasan global membawa dampak positif dan negatif. Salah satu dampak positif pemanasan global adalah dapat meningkatkan lahan-lahan produktif dari lahan yang sebelumnya ditutupi es ataupun salju umumnya di wilayah lintang tinggi seperti Greenland.


6. Apakah cuaca dapat mempengaruhi keadaan lingkungan?

Jawaban:
Perubahan cuaca bukan hanya memengaruhi lingkungan di sekitar, tapi juga tubuh kita. Bukan hanya secara fisik, tapi juga mental.


7. Bagaimana cara mengelola perubahan iklim?

Jawaban:
Beberapa di antaranya sebagai berikut:
1. Menanam Pohon
2. Ajak Orang Lain untuk Melakukan Pelestarian Lingkungan
3. Menerapkan Reduce, Reuse, Recycle
4. Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor Pribadi


8. Apa saja ciri-ciri musim kemarau?

Jawaban:
Ciri-ciri musim kemarau : Curah hujan lebih rendah dari 60 mm perbulan atau di bawah 20 mm perdasarian secara berturut-turut. Sinar matahari saat siang sangat terik dengan kondisi langinberawan. Suhu udara saat siang hari sangat panas disertai kelembaban tinggi.


9. Apa 4 faktor iklim?

Jawaban:
Ada 4 faktor iklim utama yang berinteraksi yaitu : suhu udara, kelembaban, radiasi matahari dan kecepatan angin.


10. Kapan terjadinya cuaca berawan?

Jawaban:
Cuaca berawan ini dapat terjadi ketika cahaya matahari tidak terasa panas karena tertutup oleh awan. Cuaca berawan ini bisa dibilang hampir sama dengan cuaca cerah.


11. Apa saja jenis iklim di Indonesia?

Jawaban:
3 Jenis Iklim di Indonesia: Iklim Tropis, Iklim Muson, dan Iklim laut


12. Apa yang menyebabkan cuaca buruk?

Jawaban:
Pertama, cuaca ekstrem dapat terjadi karena puncak musim penghujan yang sedang terjadi. Kedua, cuaca ekstrem juga dapat terjadi karena adanya aktivitas dinamika atmosfer di mana indonesia merupakan daerah pertemuan air dan memiliki penguapan yang kuat


13. Apa saja ciri-ciri iklim laut?

Jawaban:
Iklim laut (Maritim)
1. Suhu rata-rata tahunan rendah;
2. Amplitudo suhu harian rendah/kecil;
3. Banyak awan, dan.
4. Sering hujan lebat disertai badai.


14. Siapa yang meramal cuaca disebut dengan?

Jawaban:
Orang yang bekerja membuat prakiraan cuaca disebut ahli meteorologi iklim. Jika di Indonesia, maka ahli meteorologi iklim ini akan tergabung dalam suatu badan khusus pemerintah atau sering kita dengar dengan istilah BMKG yaitu Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika.


15. Bagaimana ciri iklim di Indonesia?

Jawaban:
Indonesia terletak apda lintang rendah menjadikan Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Ciri-ciri iklim tropis di Indonesia yaitu T ekanan udaranya rendah dan perubahannya secara perlahan dan beraturan. Suhu udara rata-rata tinggi , karena matahari selalu vertikal.


16. Jelaskan apa manfaat data curah hujan?

Jawaban:
Data curah hujan sangat penting untuk perencanaan teknik khususnya untuk bangunan air misalnya irigasi, bendungan, drainase perkotaan, pelabuhan, dermaga, dan lain-lain. Karena itu data curah hujan di suatu daerah dicatat terus menerus untuk menghitung perencanaan yang akan dilakukan.


17. Kenapa disebut tropis?

Jawaban:
Menurut buku Metode Klasifikasi Iklim di Indonesia, Ariffin, 2019, secara harfiah, kata tropis berasal dari bahasa yunani yaitu “Tropos” yang berarti berputar. Secara makna, Tropika atau Tropis adalah sebutan bagi daerah di permukaan bumi yang secara geografis berada di sekitar ekuator atau khatulistiwa.