Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Uraian) Geomorfologi dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Geomorfologi


1. Apa hubungan geografi dengan geomorfologi?

Jawaban:
Geomorfologi merupakan gabungan dari ilmu Geografi dan morfologi. jadi kaitannya adalah ilmu geomorfologi akan berguna dalam mempelajari bentuk bentuk yang terdapat dalam permukaan bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk tersebut.


2. Apa saja bentuk lahan yang ada di dalam pengamatan geomorfologi?

Jawaban:
Satuan geomorfologi dari bentukan ini ada 8 macam, yaitu pegunungan terkikis, perbukitan terkikis, bukit sisa, bukit terisolasi, dataran nyaris, lereng kaki, pegunungan atau perbukitan dengan gerakan masa batuan, dan lahan rusak.


3. Bagaimana pemetaan geomorfologi dapat dilakukan?

Jawaban:
Teknik dalam pemetaan dilakukan dengan pengukuran langsung serta dengan penginderaan jauh (foto udara, radar, atau citra satelit) (Church, 2012). Survei pemetaan geomorfologi terdiri dari berbagai jenis seperti menggunakan grid, jalur transect, betuklahan, maupun berdasarkan lereng (Erener, A and H.S.B.


4. Untuk melakukan identifikasi geomorfologi apa yang harus dilakukan?

Jawaban:
Identifikasi proses geomorfologi juga dilakukan dengan survei langsung di lapangan. Pada survei lapangan, kegiatan yang dilakukan antara lain pengamatan, pengukuran, dan pengambilan sampel material.


5. Apa peran survei pemetaan geomorfologi dalam pembangunan?

Jawaban:
Survey dan pemetaan geomorfologi sangatlah penting untuk bisa mendeskripsikan secara genetis bentuk lahan dan proses-proses yang terjadi di masa lalu maupun masa sekarang dan hubungannya dengan bentuk lahan dalam susunan keruangan.


6. Apa yang dimaksud dengan proses fluvial?

Jawaban:
Dalam geografi, fluvial adalah istilah yang merujuk pada proses yang terkait dengan sungai dan aliran serta endapan dan bentang alam yang dihasilkan.


7. Apa itu dataran fluvial?

Jawaban:
Bentang alam sungai (fluvial) adalah bentuk – bentuk bentang alam yang terjadi akibat dari proses fluvial. Pada hakekatnya aliran sungai terbentuk oleh adanya sumber air, baik air hujan, mencairnya es, ataupun munculnya mata air, dan adanya relief permukaan bumi.


8. Apa saja bentuk lahan fluvial?

Jawaban:
Hasil yang didapat pada penelitian ini bahwa sub bentukan lahan asal proses fluvial terdapat 5 (lima) jenis, yaitu : dataran banjir, sungai meander, sungai teranyam, pothole, point bar, sungai mati.


9. Apa saja hasil sedimentasi fluvial?

Jawaban:
Bentukan alam hasil sedimentasi fluvial adalah sebagai berikut.
1. Delta
2. Tanggul Alam
3. Dataran Banjir
4. Meander


10. Apa itu bentuk lahan Aeolian?

Jawaban:
▪Bentang alam eolian merupakan bentang alam yang dibentuk karena adanya aktivitas angin. ▪Bentang alam ini umumnya berkembang pada daerah gurun pasir (desert) dan pesisir (coastal). turunnya udara kering di belakang pegunungan tinggi yang menangkap awan.