Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Uraian) Hidrosfer dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Hidrosfer


1. Bencana apa saja yang terkait dengan hidrosfer?

Jawaban:
Bencana jenis ini adalah seperti banjir. Banjir adalah kejadian terlalu banyaknya air yang menggenangi daratan. Hal ini terjadi karena adanya tumpukan sampah atau memang karena aliran air yang sudah rusak. Kemudian ada tsunami yaitu gelombang pasang yang mengenai daratan karena gempabumi di laut.


2. Apakah hidrosfer termasuk bagian lapisan bumi?

Jawaban:
Lapisan air yang menyelimuti bumi disebut hidrosfer. Lapisan ini termasuk permukaan air yang membeku, air yang tersimpan di dalam tanah dan batuan, dan titik-titik air di atmosfer.


3. Apakah hidrosfer termasuk struktur penyusun bumi?

Jawaban:
Pada umumnya planet bumi tersusun dari tiga komponen seperti atmosfer, litosfer, serta hidrosfer.


4. Apakah litosfer bumi berpengaruh pada hidrosfer bumi?

Jawaban:
Perubahan yang terjadi pada litosfer akan berpengaruh ke berbagai aspek tidak terkecuali pada hidrosfer bumi, contohnya adalah pemanasan global merupakan gejala peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan darat di permukaan bumi.


5. Apa peran hidrosfer dalam mengatur iklim bumi?

Jawaban:
Siklus hidrologi ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengatur iklim yang ada di bumi. Saat air mengalami evaporasi dan kondensasi dalam siklus hidrologi, hidrosfer turut mengatur suhu yang ada di bumi.


6. Kemana air di permukaan bumi bermuara?

Jawaban:
Dari mata air ini, air mengalir ke sungai dan bermuara di danau dan laut.


7. Mengapa air yang ada di permukaan bumi selalu tetap?

Jawaban:
Karena air di permukaan bumi selalu mengalami perputaran (sirkulasi) yang disebut siklus hidrologi atau siklus air. Siklus air adalah proses perputaran atau daur ulang air yang berurutan secara terus-menerus. Dengan adanya siklus air, maka jumlah air di permukaan bumi relatif tetap.


8. Apa peran siklus hidrologi dalam kehidupan manusia?

Jawaban:
Siklus hidrologi atau siklus air adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer. Siklus air memiliki peran yang penting bagi kehidupan manusia, yang utama adalah siklus air yang terus berjalan menjaga ketersediaan air bersih.


9. Siklus hidrologi dibagi menjadi 3 sebutkan apa saja?

Jawaban:
Berikut tiga proses utama siklus air atau siklus hidrologi:
1. Evaporasi/Transpirasi
2. Kondensasi
3. Presipitasi


10. Apakah jumlah air di bumi akan berkurang?

Jawaban:
Faktanya, jumlah air tidak pernah bertambah atau pun berkurang karena selalu mengalami proses daur ulang yang disebut dengan siklus Hidrologi. Terjadinya perubahan iklim ini menjadi salah satu penyebab utama terganggunya siklus Hidrologi di Bumi.


11. Berapa ketebalan lapisan hidrosfer?

Jawaban:
Lapisan ini merupakan bagian paling atas dari permukaan bumi dengan ketebalan rata-rata 10-50 km. Ketebalan di atas benua antara 20-50 km, sedangkan dibawah permukaan laut berkisar 10-12 km


12. Berapa jumlah air di bumi?

Jawaban:
Total jumlah kandungan air di bumi hampir 326 juta kubik mil, menurut Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat. Sebanyak 72% permukaan bumi tertutup oleh air, tetapi 97% air tersebut asin dan tidak baik untuk diminum.


13. Berapa tahap siklus air?

Jawaban:
Proses siklus air terjadi dalam empat tahap yang berbeda, yaitu evaporasi, kondensasi, prespitasi, dan infiltrasi.


14. Apa yang terjadi jika air yang jatuh ke tanah atau permukaan bumi?

Jawaban:
Air hujan yang turun ke bumi akan meresap ke dalam tanah atau mengalir ke daratan yang lebih rendah hingga menuju ke sebuah genangan air seperti sungai, danau dan laut. Air hujan yang turun di daratan tanah akan meresap menjadi air tanah, yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber air bagi manusia, tumbuhan, dan hewan.


15. Apa yg terjadi jika bumi tidak terdapat air?

Jawaban:
Tanpa adanya air, bumi tidak akan terlihat hijau. Semua tumbuhan akan segera mati dan dunia akan terlihat gersang. Laut pun juga tidak ada, sehingga bumi akan terlihat seperti titik kecoklatan tanpa dihiasi warna biru dan hijau. Tak hanya itu, awan juga tidak akan terbentuk dan curah hujan pun akan berhenti.


16. Berapa persen air tawar yang ada di bumi?

Jawaban:
Dari seluruh air yang ada di bumi, hanya terdapat 2,5 persen air tawar, dan sebagian besarnya masih berbentuk es di kutub bumi atau berada jauh di bawah tanah.