Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Uraian) Hukum Acara Pidana dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Hukum Acara Pidana

1. Hukum acara pidana meliputi apa saja?

Jawaban:
Seperti tentang pengertian penyelidikan/penyidikan, penuntutan, mengadili, praperadilan, putusan pengadilan, upaya hukum, penyitaan, penggeledahan, penangkapan dan penahanan.


2. Apa tugas hukum acara pidana?

Jawaban:
Tugas/Fungsi Hukum Acara Pidana:
Ada 3 (tiga) fungsi pokok Hukum Acara Pidana yaitu: 
a. Mencari dan menemukan kebenaran 
b. Pengambilan putusan oleh Hakim 
c. Pelaksanaan dari pada putusan yang telah diambil


3. Apa fungsi dan tujuan hukum acara pidana?

Jawaban:
Tujuan hukum acara pidana adalah untuk mencari dan mendapatkan kebenaran materil, yakni kebenaran dari suatu perkara pidana dengan menerapkan ketentuan hukum acara pidana secara jujur dan tepat dengan tujuan agar mencari pelaku yang dapat didakwakan melakukan pelanggaran hukum.


4. Apa yang dimaksud dengan penyidikan dalam hukum acara pidana?

Jawaban:
Penyidikan adalah serangkaian tindakan penyidik dalam hal dan menurut cara yang diatur dalam undang-undang ini untuk mencari serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya.


5. Kapan hukum acara pidana dimulai?

Jawaban:
Pada dasarnya proses pertama dalam hukum acara pidana dimulai dari penyelidikan kemudian penyidikan, penuntutan, putusan hakim.


6. Hukum acara pidana diatur dimana?

Jawaban:
NOMOR 8 TAHUN 1981, UNDANG-UNDANG HALAMAN 1. KEHAKIMAN.TINDAK.PIDANA. Warganegara. Hukum Acara Pidana. (Penjelasan dalam Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 3209).


7. Kapan berakhirnya proses hukum acara pidana?

Jawaban: 
Jumlah persidangan perkara pidana di Pengadilan Negeri tidak dibatasi, akan tetapi pada umumnya berlangsung selama 1 hingga 3 bulan karena perkara pidana diharapkan dapat diselesaikan sebelum masa penahanan terdakwa habis.


8. Mengapa hukum acara pidana membutuhkan asas?

Jawaban:
Selain itu asas-asas dalam hukum acara pidana yang sangat penting karena merupakan dasar dalam pembentukan hukum acara pidana dan memperlihatkan apakah hukum acara pidana yang dilaksanakan tersebut memberikan perlindungan terhadap hak-hak tersangka dan terdakwa dalam proses peradilan (criminal justice system).


9. Apa itu asas legalitas dalam upaya paksa?

Jawaban:
Artinya, asas legalitas lebih dimaknai setiap perkara hanya dapat diproses di pengadilan setelah ada tuntutan dan gugatan terhadapnya. Sedangkan penyimpangan terhadap asas ini dikenal dengan asas oportunitas yang berarti bahwa demi kepentingan umum, Jaksa Agung dapat mengesampingkan penuntutan perkara pidana.


10. Apa yang dimaksud dengan asas peradilan cepat?

Jawaban:
Asas peradilan cepat dimaksudkan agar dalam penanganan perkara dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat, sehingga tidak perlu memakan waktu yang lama, tidak bertele-tele, artinya proses peradilan tidak banyak ditunda atau diundur sehingga diharapkan mengurangi kemungkinan perkara yang belum ada kepastian.


11. Asas peradilan cepat sederhana dan biaya ringan diatur dimana?

Jawaban:
Asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009


12. Apa yang dimaksud dengan Hukum Acara Pidana?

Jawaban: 
Hukum Acara Pidana adalah seperangkat aturan yang mengatur prosedur peradilan dalam penanganan perkara pidana.