Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Uraian) Kajian Dasar Geografi dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Kajian Dasar Geografi

1. Apa yang mempengaruhi keterjangkauan?

Jawaban:
Faktor yang mempengaruhi kerterjangkauan yaitu faktor lokasi, jarak, kondisi tempat, dan ketersediaan sarana.


2. Mengapa konsep keterjangkauan selalu berkaitan dengan konsep jarak jelaskan?

Jawaban:
Karena konsep keterjangkauan berkaitan dengan kemudahan untuk menjangkau suatu obyek. Kemudahan tersebut tidak hanya tergantung kepada jarak tempuh, melainkan juga sangat dipengaruhi oleh sarana dan prasarana transportasi.


3. Apa itu konsep pola?

Jawaban:
Konsep pola artinya berkaitan dengan persebaran fenomena di permukaan bumi, baik fenomena yang bersifat alami seperti aliran sungai, persebaran vegetasi, jenis tanah, dan curah hujan maupun fenomena sosial budaya seperti pemukiman, persebaran penduduk, mata pencaharian, dan jenis perumahan tempat tinggal penduduk.


4. Apa itu konsep morfologi?

Jawaban:
Konsep morfologi menggambarkan daratan muka bumi sebagai hasil penurunan atau pengangkatan wilayah melalui proses geologi yang biasanya disertai erosi dan sedimentasi sehingga ada yang berbentuk pulau-pulau, daratan luas yang berpegunungan dengan lereng tererosi, lembah, dan daratan aluvialnya.


5. Apa saja contoh konsep pola?

Jawaban:
Konsep pola merupakan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan atau interaksi alam dengan alam maupun sosial budaya. Contoh: pola aliran sungai terkait dengan struktur geologi dan jenis batuan. Pola pemukiman penduduk terkait dengan sungai, jalan, bentuk lahan dan lain sebagainya.


6. Apa contoh konsep morfologi?

Jawaban:
Morfologi menggambarkan perwujudan daratan di muka bumi, yang merupakan hasil proses pengangkatan atau penurunan wilayah melalui proses geologi. Contohnya seperti pulau-pulau, dataran yang luas, pegunungan, dan lembah.


7. Apa yang dimaksud dengan konsep aglomerasi?

Jawaban:
Konsep aglomerasi ini merupakan kecenderungan persebaran yang bersifat mengelompok pada suatu wilayah yang relatif sempit dan menguntungkan baik mengingat kesejenisan gejala maupun adanya faktor-faktor umum yang menguntungkan.


8. Apa saja contoh konsep aglomerasi?

Jawaban:
Berikut contoh aglomerasi di Indonesia, antara lain:
1. Kawasan perusahaan di rungkut industri Surabaya (SIER)
2. Kawasan industri Cikarang.
3. Kawasan industri Pulogadung Jakarta.
4. Kawasan industri di Batam.


9. Apa contoh bentuk aglomerasi yang ada di perkotaan?

Jawaban:
Contoh bentuk aglomerasi yang ada di perkotaan adalah pengelompokan penduduk perkotaan atas dasar tingkat sosial seperti kawasan elit, kawasan menengah, dan kawasan kumuh.


10. Apa tujuan aglomerasi?

Jawaban:
Aglomerasi bertujuan untuk meningkatkan kekuatan skala ekonomis. Industri cenderung beraglomerasi secara spasial dan melayani seluruh pasar dari suatu lokasi. Melalui aglomerasi, interaksi industri menjadi saling terkait antara skala ekonomi, biaya transportasi dan permintaan.


11. Mengapa terjadi aglomerasi?

Jawaban:
Aglomerasi terjadi karena adanya konsentrasi spasial dari adanya aktivitas ekonomi di suatu kawasan, yang memberikan dampak pada adanya efisiensi, akibat lokasi yang berdekatan, yang diasosiasikan dengan kluster parsial dari industri, pekerja dan konsumen