Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Uraian) Pemanasan Global dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Pemanasan Global

1. Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan pada beberapa spesies?

Jawaban:
Efek pemanasan global mengakibatkan jumlah hewan semakin berkurang karena tidak bisa bertahan dengan cuaca dan tumbuh-tumbuhan sebagai makanannya juga semakin berkurang. Akibatnya, beberapa hewan yang tidak mampu beradaptasi akan punah. Kepunahan spesies organisme akan mengurangi keanekaragaman hayati.


2. Apakah pemanasan global pernah terjadi di Indonesia?

Jawaban:
Pemanasan Global yang terjadi di Indonesia berdampak serius pada perubahan iklim yang tidak menentu. Misalnya perubahan awal musim kemarau dan musim penghujan. Berdasarkan data dari NOAA, tercatat perbedaan Panjang musim kemarau pada tahun 1997 dan tahun 2010.


3. Bagaimana cara mengurangi laju pemanasan global?

Jawaban:
Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Menggunakan energi alternatif misal pemanfaatan sinar matahari. Tidak menebang pohon di hutan sembarangan. Melakukan reboisasi (penanaman pohon kembali di lahan gundul).


4. Dapatkah pemanasan global dihentikan?

Jawaban:
Pemanasan global tidak dapat dihentikan, tetapi dapat diperlambat


5. Mengapa gejala pemanasan global menyebabkan berkurangnya sumber daya air?

Jawaban:
Peningkatan suhu bumi akan mengakibatkan cadangan air di atmosfer meningkat sehingga mengurangi ketersediaan air di dalam tanah, khususnya pada saat musim kemarau. Lalu pada saat suhu atmosfer menurun, akan terjadi hujan yang intens.


6. Apakah hubungan antara pemanasan global dan krisis air bersih?

Jawaban:
Meningkatnya temperatur udara yang disebabkan oleh pemanasan global dalam perubahan iklim menyebabkan semakin cepatnya penguapan atau evaporasi sehingga menyebabkan air tanah semakin cepat berkurang. Air tanah yang berkurang ini akan memengaruhi ketersediaan air bersih di bumi.


7. Apa dampak pemanasan global terhadap hewan dan tumbuhan?

Jawaban:
Dampak selanjutnya dari pemanasan global adalah hewan dan tumbuh-tumbuhan akan mengalami kepunahan. Hal ini disebabkan oleh perubahan cuaca yang ekstrim yang mengakibatkan hewan dan tumbuh-tumbuhan sulit beradaptasi.


8. Pemanasan global berbahaya bagi siapa?

Jawaban:
Selain berdampak pada alam, ternyata pemanasan global juga berbahaya bagi internal manusia. Hal ini dikarenakan perubahan iklim yang membuat daya tahan tubuh manusia semakin berkurang. Di lain sisi perubahan iklim juga akan mendatangkan berbagai penyakit.


9. Apa dampak pemanasan global terhadap ekonomi?

Jawaban:
Bagaimana Dampak Mengerikannya Terhadap Perekonomian Global? Jika pemanasan global semakin parah, akan banyak negara-negara di dunia yang mengalami kebangkrutan. Terlebih negara-negara miskin yang mengalami kekeringan yang semakin parah. Di sisi lain, curah hujan yang semakin tinggi menyebabkan bencana banjir.


10. Mengapa pemanasan global membuat air laut menjadi naik?

Jawaban:
Kenaikan permukaan laut disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu ekspansi termal (air laut menghangat dan mengembang), dan kontribusi lapisan es (misalnya dari gletser, berbasis daratan, lapisan es, dan es laut) karena meningkatnya pencairan


11. Apa yang akan terjadi di bumi jika tidak ada rumah kaca?

Jawaban:
Tanpa adanya gas rumah kaca, seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), atau dinitro oksida (N2O), suhu permukaan bumi akan berkisar -33 derajat Celcius. Energi dari matahari memacu cuaca dan iklim bumi serta memanasi permukaan bumi; sebaliknya bumi mengembalikan energi tersebut ke angkasa.