Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Uraian) Pencemaran Lingkungan dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Pencemaran Lingkungan

1. Apa dampak pencemaran tanah bagi lingkungan?

Jawaban:
Selain manusia, ekosistem alam juga merasakan dampak pencemaran tanah ini. Keseimbangan ekosistem pun terganggu, karena tanah sudah berubah komposisinya. Akibatnya, tidak ada tanaman dan hewan yang bisa bertahan hidup dari tanah dan air yang sudah tercemar. Bahkan organisme yang hidup di dalam tanah pun berkurang.


2. Kapan terjadinya pencemaran lingkungan?

Jawaban:
Pencemaran lingkungan terjadi ketika meningkatnya jumlah polutan yang tentunya melebihi batas ambang dari toleransi ekosistem di lingkungan itu sendiri.


3. Bagaimana cara menanggulangi pencemaran lingkungan di sekitar sekolah?

Jawaban:
Banyak cara merawat lingkungan sekolah yang bisa dilakukan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan selokan, dan memisahkan jenis sampah. Dengan upaya-upaya tersebut, lingkungan sekolah akan menjadi lebih bersih dan nyaman.


4. Bagaimana sikapmu terhadap pencemaran lingkungan?

Jawaban:
Tidak membuang sampah dengan sembarangan. Salah satu sikap yang semestinya dilakukan oleh manusia, yakni mengurangi pembuangan sampah secara sembarangan. Tujuannya agar tidak terjadi pencemaran lingkungan yang memberikan pengaruh negatif.


5. Apa penyebab terbesar pencemaran air?

Jawaban:
Penyebab pertama dari terjadinya pencemaran air adalah karena adanya sampah yang mengandung senyawa organik dan menggenang di air. Sampah jenis ini biasanya berupa sampah industri makanan, sampah sisa rumah tangga, kotoran hewan hingga manusia.


6. Apa penyebab dari pencemaran udara?

Jawaban:
Masuknya polutan ke dalam atmosfer yang menjadikan terjadinya pencemaran udara bisa disebabkan dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia.


7. Apa yang menjadi sumber pencemaran udara?

Jawaban:
Sumber utama pencemaran udara adalah asap kendaraan bermotor. Sastrawijaya (1991), menegaskan bahwa pembakaran bensin sebagai sumber pencemar timbal lebih dari separuh polusi udara di daerah perkotaan, yaitu sekitar 60-70 % dari total seluruh zat pencemar.


8. Apa yang dimaksud dengan pencemaran udara?

Jawaban:
Pencemaran udara adalah kehadiran substansi fisik, kimia atau biologi di lapisan udara dalam jumlah padat yang bisa membahayakan seluruh makhluk hidup termasuk manusia serta mengganggu estetika dan kenyamanan lingkungan.


9. Apa dampak pencemaran cahaya?

Jawaban:
Polusi cahaya menyebabkan adanya pemborosan energi listrik di perkotaan. Hal ini dikarenakan sumber-sumber polusi cahaya seperti lampu taman, papan reklame, dan sumber-sumber lainnya tidak efektif dalam penggunaan cahaya dan memengaruhi jumlah energi yang dilepaskan ke lingkungan menjadi tidak efektif.


10. Apa sajakah dampak pencemaran air bagi manusia?

Jawaban:
Pada manusia, minum atau mengonsumsi air yang tercemar akan berakibat buruk pada kesehatan. Air yang tercemar dapat menyebabkan penyakit seperti tifus, kolera, hepatitis dan berbagai penyakit lainnya.


11. Bagaimana cara mengatasi masalah sosial berupa pencemaran udara?

Jawaban:
Cara mengatasi pencemaran udara dengan mudah
1. Perbanyak jalan kaki dan bersepeda
2. Tanam tanaman penangkal polusi
3. Hindari kebiasaan membakar sampah
4. Berhenti merokok
5. Hemat listrik.