Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Uraian) Ruang Lingkup Geografi dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Ruang Lingkup Geografi

1. Bagaimana sejarah geografi?

Jawaban: 
Sejarah geografi itu dimulai dari geografi klasik yang berkembang di sekitar abad VI – I SM; geografi abad pertengahan dan renaissance; geografi modern; geografi akhir abad XIX dan awal abad XX; dan geografi mutakhir. Pada masa ini, pengetahuan tentang bumi masih dipengaruhi oleh mitologi dan cerita rakyat.


2. Kapan ilmu geografi ditemukan?

Jawaban:
Pengetahuan tentang geografi telah dikenal sejak zaman Yunani Kuno. Pada masa itu, mitologi masih memberikan banyak pengaruh terhadap pengetahuan tentang bumi. Pengaruh mitologi berkurang setelah ilmu alam mulai berkembang sejak abad ke-6 SM. Dasar ilmu alam dan ilmu pasti mulai membentuk pengetahuan tentang bumi.


3. Apa saja perkembangan geografi?

Jawaban:
Perkembangan geografi dari zaman ke zaman adalah sebagai berikut.
1. Geografi Klasik
2. Geografi Abad Pertengahan dan Renaissance
3. Geografi Modern
4. Geografi Akhir abad ke 19- abad ke 20
5. Geografi Mutakhir.


4. Apa itu persebaran geografi?

Jawaban:
Prinsip persebaran atau distribusi menyatakan suatu gejala dan fenomena yang tersebar secara tidak merata dan tidak sama di permukaan bumi. Gejala atau fenomena tersebut dapat berupa fenomena fisik maupun fenomena sosial. Fenomena geografi yang bisa diteliti misalnya bentang alam, tumbuhan, hewan, dan manusia.


5. Apa manfaat pembelajaran geografi dalam kehidupan sehari hari?

Jawaban:
Manfaat mempelajari geografi bagi kehidupan manusia diantaranya dapat mengasah kecerdasan spasial. Geografi membantu seseorang mengasah keterampilan memahami, menguasai, mengelola, dan mengoptimalkan ruang. Dengan geogerafi, Anda juga akan mengetahui banyak lokasi-lokasi di permukaan bumi dan membaca peta dengan baik.


6. Apa itu geografi biotik?

Jawaban:
Aspek biotik merupakan aspek geografi yang mempelajari secara khusus semua hal yang berkaitan dengan vegetasi. Misalnya saja, ada flora (tumbuh-tumbuhan), fauna (hewan) dan juga manusia itu sendiri.


7. Apa saja contoh geografi teknik?

Jawaban:
Contoh dari geografi teknis adalah kartografi, penginderaan jauh dan sistem informasi geografis.


8. Apa saja jenis jenis penelitian geografi?

Jawaban:
Penelitian geografi berdasarkan tujuannya dibagi menjadi 3, yaitu penelitian eksploratif, penelitian, deskriptif, dan penelitian eksplanatif.


9. Apa contoh geografi manusia?

Jawaban:
Geografi Manusia merupakan studi wilayah yang berkenaan dengan aktivitas manusia secara sosial ekonomi dalam suatu ruang, misalnya pertanian, perkebunan, industri, kehutanan, perdagangan, perhubungan, interaksi, dan lain-lain yang berkaitan dengan usaha manusia sebagai makhuk sosial.


10. Apa itu kompleks wilayah dalam geografi?

Jawaban:
Pendekatan kompleks wilayah merupakan integrasi dari pendekatan keruangan dan pendekatan ekologis, yang mengkaji bahwa fenomena geografi yang terjadi di setiap wilayah berbeda-beda, sehingga perbedaan ini membentuk karakteristik wilayah.


11. Apa saja aspek non fisik?

Jawaban:
Sedangkan aspek nonfisik atau sosial adalah aspek yang mengkaji hubungan manusia dengan fenomena geosfer, seperti politik, antropologis, ekonomis dan aspek berhubungan dengan pola hidup manusia.Contoh aspek non fisik antara lain urbanisasi, evakuasi, migrasi, pertanian, dan migrasi.


12. Apa perbedaan geografi dan demografi?

Jawaban:
Salah satu aspek geografi adalah aspek non fisik yang didalamnya terdapat faktor kependudukan, sedangkan ilmu yang mempelajari tentang penduduk disebut juga sebagai demografi.


13. Apa yang membedakan geografi sosial dan regional?

Jawaban:
Geografi sosial adalah turunan dan bagian dari geografi manusia, yang mempelajari hubungan masyarakat dengan alam dan sebaliknya, sedangkan geografi regional adalah kajian geografi yang melihat dari gabungan batasan sosial, budaya dan politik suatu wilayah, contohnya regional berdasar politik, yaitu regional asean, 


14. Apa yang dimaksud dengan geografi ekonomi?

Jawaban:
Geografi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari variasi berbagai lingkungan permukaan bumi dan kegiatan manusia dalam bidang produksi, distribusi dan konsumsi diberbagai bentuk sistem wilayah dan daerah


15. Apa contoh geografi politik?

Jawaban:
Adapun contoh kajian geografi politik yaitu konflik perebutan batas wilayah, pulau, laut, budaya antara satu negara dengan negara lainnya, misalnya: Perebutan batas wilayah dan pulau antara Indonesia dengan Philipina. Perebutan pulau antara Indonesia dengan Singapura.


16. Apa itu geografi pedesaan?

Jawaban:
Geografi desa merupakan cabang geografi yang mengkhususkan diri pada study pedesaan. Desa merupakan obyek studi yang dikaji dari sudut pandang geografi yaitu pendekatan keruangan, pendekatan ekologi dan pendekatan komplek wilayah.


17. Apa yang dimaksud geografi industri?

Jawaban:
Geografi Industri adalah mempelajari fenomena kegiatan perekonomian dalam pengolahan bahan baku menjadi barang sehingga memiliki nilai ekonomis yang dilihat dari segi pendekatan kewilayahan, keruangan dan ekologis.