Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Uraian) Asuhan Kebidanan II (Persalinan) dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Asuhan Kebidanan II (Persalinan)

1. Faktor faktor apa saja yang menyebabkan seorang ibu melahirkan melalui proses operasi?

Jawaban:
Adapun faktor- faktor yang menyebabkan operasi caesar perlu dilakukan diantaranya gawat janin, jalan lahir tertutup plasenta (plasenta provia totalis), persalinan macet, ibu mengalami hipertensi (preeklamsia), bayi sungsang atau melintang, pinggul sempit, serta terjadi pendarahan sebelum proses persalinan.


2. Apa itu fase kala 3?

Jawaban:
Kala III adalah waktu untuk pelepasan dan pengeluaran plasenta dimulai dari setelah bayi lahir dan berakhirnya dengan lahirnya plasenta dan selaput ketuban. Seluruh proses tersebut biasanya memakan waktu sekitar 5 – 30 menit setelah bayi lahir


3. Langkah Langkah kala 3?

Jawaban:
Manajemen aktif kala III terdiri dari tiga langkah utama yaitu pemberian suntikan oksitosin dalam 1 menit pertama setelah bayi lahir, melakukan penegangan tali pusat terkendali, dan masase fundus uteri


4. Pembukaan 8 fase apa?

Jawaban:
Mulut rahim melebar hingga 8 cm pada tahap ini ditandai dengan punggung sakit dan pegal, dorongan mengejan sudah mulai muncul, suhu tubuh meningkat, lendir dan darah keluar serta bertambah banyak, rasa kantuk mulai terasa, dan janin bergerak aktif menuju jalan lahir.


5. Bagaimana cara menghitung his?

Jawaban:
Caranya, hitung jarak waktu antara kontraksi kedua dan pertama. Misalnya, kontraksi kedua terjadi pada pukul 10.15 dan kontraksi pertama berlangsung pukul 10.00, maka kontraksi terjadi setiap 15 menit. Namun, bukan tidak mungkin bila frekuensi berikutnya bisa berkurang hingga menjadi 10 menit.


6. Apa saja komplikasi persalinan?

Jawaban:
Berbagai komplikasi persalinan yang umum terjadi
1. Komplikasi persalinan distosia
2. Cephalopelvic disproportion
3. Prolaps tali pusat
4. Komplikasi persalinan janin terlilit tali pusar
5. Emboli air ketuban
6. Komplikasi persalinan asfiksia perinatal
7. Gawat janin (fetal distress)
8. Rahim robek (ruptur uteri)


7. Apa saja pengawasan 10 dalam persalinan?

Jawaban:
Dilakukan Observasi/pengawasan “10” terhadap keadaan ibu dan janin yaitu Keadaan Umum, Tekanan Darah, Nadi, Respirasi, Suhu, His (Kontraksi), DJJ (Denyut Jantung Janin), PPV (Pengeluaran Pervaginam), Bendle Ring dan Tanda – tanda Kala II.


8. Kapan pemberian oksitosin yang benar?

Jawaban:
Dosis awal 1–4 miliunit/menit melalui infus, pemberian dosis dapat ditingkatkan setiap 20 menit, sampai tercapai kontraksi yang cukup kuat dan banyak. Dosis maksimal 20 miliunit/menit, dengan total unit yang diberikan dalam 1 hari tidak melebihi 5 unit.


9. Kapan mulut rahim terbuka?

Jawaban:
Menjelang akhir trimester ketiga Moms, posisi serviks kembali berubah sekali lagi. Secara bertahap serviks akan melunak, menjadi lebih pendek dan akhirnya akan terbuka saat persalinan.


10. Mules 15 menit sekali pembukaan berapa?

Jawaban:
"Pembukaan mulut rahim mencapai 10 cm, umumnya tahap ini berlangsung 15 menit hingga sejam


11. Apa itu kala 1 memanjang?

Jawaban:
Persalinan kala I dikatakan memanjang apabila telah berlangsung lebih dari 24 jam pada primi dan 18 jam pada multi.


12. Apa itu pembukaan 1 10?

Jawaban:
Pembukaan adalah membukanya serviks atau leher rahim (dilatasi) secara bertahap dari 1-10 sentimeter (cm), yang merupakan jalur lahir untuk bayi. Pembukaan bisa menandakan apakah Bunda dapat melahirkan normal atau caesar.


13. Apa saja yang diperiksa saat vt?

Jawaban:
VT atau vagin4l touche atau pemeriksaan dalam merupakan suatu metode dengan memasukkan dua jari pemeriksa (telunjuk dan jari tengah) ke dalam v4gina ibu untuk memeriksa pembukaan servik atau leher rahim apakah telah siap untuk proses kelahiran bayi atau belum.


14. Apa itu molase pada persalinan?

Jawaban:
Molase kepala bayi (bagian sutura tulang tengkorak yang menumpuk). Merupakan kompensasi tulang tengkorak kepala bayi terhadap tekanan untuk dapat melewati jalan lahir


15. Bagaimana ciri ciri pembukaan 1?

Jawaban:
Berikut ini beberapa tanda mau melahirkan saat pembukaan 1, yang perlu diketahui:
1. Lebih Ringan dan Lega saat Bernapas
2. Nyeri Punggung dan Kram Perut Semakin Parah
3. Perubahan Mood
4. Keluar Lendir Mirip Keputihan yang Kental
5. Kontraksi
6. Pecahnya Ketuban.


16. Berapa menit sekali kontraksi asli?

Jawaban:
Kontraksi asli kerap muncul setiap lima atau tujuh menit sekali dan masing-masing berlangsung sekitar 30-70 detik. Cek kontraksi Anda menggunakan jam tangan atau stopwatch. Kemudian catat kapan dan berapa lama setiap kontraksi berlangsung.