Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Uraian) Diabetes Mellitus dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Diabetes Mellitus

1. Apakah gorengan boleh untuk diabetes?

Jawaban:
Pantangan makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah makanan yang mengandung lemak trans. Beberapa jenis makanan kaya lemak trans adalah keripik kentang kemasan, kentang goreng, dan gorengan.


2. Apa ciri ciri gula darah tinggi?

Jawaban:
Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai
1. Merasa cepat lapar, tapi berat badan turun.
2. Kelelahan terus menerus.
3. Penglihatan kabur dan sakit kepala.
4. Luka sembuh lebih lambat dari biasanya.
5. Kesemutan dan mati rasa pada tangan dan kaki.


3. Sayuran apa saja yang tidak boleh dimakan penderita diabetes?

Jawaban:
Berikut 5 sayuran yang dilarang dikonsumsi penderita diabetes:
1. Kentang
2. Labu
3. Jagung
4. Kacang Polong
5. Acar Sayur


4. Buah apa yang cocok untuk penderita diabetes?

Jawaban:
7 Buah Yang Baik Bagi Penderita Diabetes
1. Apel
2. Anggur
3. Jeruk
4. Jambu biji
5. Pir
6. Buah beri
7. Kiwi


5. Apakah tidur siang baik untuk penderita diabetes?

Jawaban:
Bagi penderita diabetes tipe 2, hal ini sangat penting. Menurut National Sleep Foundation (NSF), bagi penderita diabetes cukup tidur siang dalam waktu yang singkat, dan terbatas pada sore hari.


6. Apa gejala diabetes pada kaki?

Jawaban:
Beberapa gejala luka diabetes adalah: Luka, lecet, kapalan, serta perubahan pada kulit atau kuku kaki. Keluarnya cairan atau nanah. Muncul bau tidak sedap dari kaki atau bagian tubuh yang terluka.


7. Apakah diabetes bisa normal kembali?

Jawaban:
Meskipun diabetes tidak dapat disembuhkan, penyakit ini dapat ditangani dan dikontrol. Artinya, penderita bisa mempertahankan kadar gula darah tetap dalam kadar normal sehingga tidak menyebabkan komplikasi (penyakit lanjutan yang lebih berat dari penyakit awal).


8. Apakah penyakit diabetes boleh makan pisang?

Jawaban:
Buah pisang memiliki sejumlah manfaat bahkan bagi penderita diabetes. Faktanya buah pisang memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni sebesar 51. Buah ataupun makanan dengan indeks glikemik di bawah 55 aman dikonsumsi penderita diabetes.


9. Apakah gatal di kemaluan tanda diabetes?

Jawaban:
Penderita diabetes juga mengalami gatal di area genital atau kelamin mereka. Sensasi gatal di area tubuh tersebut disebabkan karena kadar gula dalam darah yang tinggi.


10. Berapa kali buang air kecil pada penderita diabetes?

Jawaban:
Karena sel-sel di tubuh tidak dapat menyerap glukosa, ginjal mencoba mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin. Akibatnya, penderita jadi lebih sering kencing daripada orang normal dan mengeluarkan lebih dari 5 liter air kencing sehari. Ini berlanjut bahkan di malam hari.


11. Penyakit diabetes menyerang organ apa?

Jawaban:
Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh gagalnya organ pankreas memproduksi jumlah hormon insulin secara memadai sehingga menyebabkan peningkatan kadar glukosa dalam darah


12. Kapan seseorang dikatakan menderita diabetes?

Jawaban:
Seseorang dikatakan menderita diabetes mellitus apabila : Menunjukkan gejala DM + kadar gula darah sewaktu > 200gr/dl. Menunjukkan gejala DM + kadar gula darah puasa > 126 gr/dl. Kadar gula darah 2 jam pada tes toleransi glukosa oral (TTGO) lebih dari 200 gr/dl.


13. Apakah Diabetes Melitus (DM) Tipe 1? 

Jawaban:
Pada diabetes tipe 1 ini, tubuh benar-benar berhenti memproduksi insulin karena perusakan sel pankreas yang memproduksi insulin oleh sistem kekebalan tubuh. Organ pankreasnya tidak memproduksi insulin lagi sehingga mereka harus menerima supply insulin dari luar tubuh secara rutin.


14. Apakah buah pepaya baik untuk penderita diabetes?

Jawaban:
Satu cangkir pepaya segar mengandung 11 gram gula dengan indeks glikemik 60. Dengan ini, dapat diketahui bahwa pepaya termasuk buah dengan GI sedang. Sehingga bisa dikonsumsi para penderita diabetes dengan jumlah wajar


15. Apakah minum air jahe bisa menurunkan gula darah?

Jawaban:
Jahe bisa menjadi tambahan yang efektif untuk pengobatan diabetes jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Makan hingga 4 gram per hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur produksi insulin


16. Mengapa orang yang terkena diabetes badannya semakin kurus?

Jawaban:
Ketika tubuh tidak mendapatkan glukosa dan energi dari makanan, maka tubuh memecah otot dan lemak Ketika jaringan untuk mendapatkan energi. Hal ini merupakan penyebab penderita diabetes sering kali mengalami penurunan berat badan secara drastis.


17. Bagian ginjal manakah yang mengalami gangguan diabetes melitus?

Jawaban:
Nefropati diabetik terjadi ketika diabetes menyebabkan kerusakan pada nefron, yaitu bagian ginjal yang berfungsi menyaring racun dan membuang kelebihan cairan dari dalam tubuh. Kondisi ini membuat fungsi nefron terganggu sehingga protein yang disebut albumin terbuang ke dalam urine