Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Soal (Uraian) Etika Keperawatan dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Etika Keperawatan

1. Apa itu justice dalam keperawatan?

Jawaban:
Justice (Bersikap adil) juga salah satu prinsip etik keperawatan. Perawat harus menjunjung tinggi prinsip moral, legal dan kemanusiaan. Maksud bersikap adil ialah dengan menjamin semua pasien yang berasal dari berbagai latar belakang dapat memperoleh kualitas pelayanan kesehatan yang baik


2. Bagaimana kedudukan kode etik dalam etika profesi keperawatan?

Jawaban:
Kedudukan Kode Etik dalam Profesi Keperawatan Kode etik adalah pernyataan standar profesional yang digunakan sebagai pedoman perilaku dan menjadi kerangka kerja untuk membuat keputusan.


3. Apa manfaat etika keperawatan?

Jawaban:
Etika keperawatan merefleksikan bagaimana seharusnya perawat berperilaku, apa yang harus dilakukan perawat terhadap kliennya dalam memberikan pelayanan keperawatan kritis


4. Apa saja contoh isu etik keperawatan?

Jawaban:
Dalam issue keperawatan terdapat beberapa tindakan yang melanggar kode etik keperawatan seperti Malpraktik, abortus/aborsi, Euthanasia, AIDS, Transplantasi organ, issue sekitaran kematian.


5. Apa saja permasalahan etika keperawatan?

Jawaban:
Masalah perilaku etik yang terjadi pada proses keperawatan adalah adanya rasa ketidakadilan dalam pelayanan keperawatan, kurangnya perhatian dan kepedulian terhadap pasien, mengabaikan hak pasien, kurangnya menghargai pasien serta tingginya tuntutan etika profesional pada setiap pelayanan keperawatan


6. Mengapa perawat wajib mentaati kode etik keperawatan?

Jawaban:
Pada dasarnya, tujuan kode etik keperawatan adalah upaya agar perawat, dalam menjalankan setiap tugas dan fungsinya, dapat dapat menghargai dan menghormati martabat manusia.


7. Faktor apa saja yang mempengaruhi kode etik keperawatan?

Jawaban:
Ada berbagai faktor yang mempengaruhi seseorang dalam membuat keputusan etis. Faktor ini antara lain faktor agama, sosial, ilmu pengetahuan,teknologi, legislasi, keputusan yuridis,dana,keuangan, pekerjaaan,posisi klien maupun perawat, kode etik keperawatan, dan hak-hak klien.


8. Apa itu dilema etik dalam keperawatan?

Jawaban:
Pada proses keperawatan, seringkali terjadi pasien meminta perawatan yang tidak sesuai dengan anjuran yang diberikasn oleh perawat yang disebut dilema etik. Dilema etik merupakan situasi yang di hadapi oleh seseorang dimana ia harus membuat keputusan mengenai perilaku yang patut.


9. Apa etika perawat terhadap profesi keperawatan?

Jawaban:
Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan menghargai harkat dan martabat manusia, keunikan klien, dan tidak terpengaruh oleh pertimbangan kebangsaan, kesukuan, warna kulit, umur, jenis kelamin, aliran politik, dan agama yang dianut serta kedudukan social.


10. Apa yang dimaksud dengan standar etika?

Jawaban:
Standar-standar etika merupakan dasar untuk menjaga kelakuan dan integritas atau kejujuran dari tenaga ahli profesi. Perlu diketahui bahwa kode etik profesi adalah tidak sama dengan hukum (atau undang-undang).


11. Apakah jadi perawat tidak boleh jijik?

Jawaban:
Kamu juga tidak boleh mudah merasa jijik, karena pekerjaan sebagai seorang perawat akan menemui berbagai penyakit. Melihat orang muntah, luka membusuk, atau berbagai kondisi kurang menyenangkan lainnya sangat mungkin terjadi. Jadi, harus membiasakan diri dengan keadaan tersebut.


12. Apa itu fidelity dalam keperawatan?

Jawaban:
Prinsip fidelity (menepati janji) yaitu perawat dalam memberikan pelayanan harus setia kepada klien serta memiliki komitmen dalam memberikan pelayanan dengan baik.


13. Mengapa seorang perawat perlu menjaga privasi pasien?

Jawaban:
Privasi pasien sangat mempengaruhi kehidupan seseorang kemudian harinya. Menjaga privasi pasien tentu hak melindungi pasien supaya orang lain tidak mengetahui keadaan pasien. Dirumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya tentu harus menjaga privasi pasien tersebut.