Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Uraian) Keperawatan Gawat Darurat dan Jawaban

Contoh Soal Pilgan Tentang Keperawatan Gawat Darurat 

1. Kapan demam harus ke UGD?

Jawaban:
Segera bawa anak ke UGD jika demam membuat anak menjadi kurang aktif, lemas dan selalu mengantuk, atau bahkan tidak merespons saat dipanggil. Anak menjadi sangat rewel, terus-menerus menangis, dan tidak bisa ditenangkan.


2. Apa itu suara Gurgling?

Jawaban:
Namun pada obstruksi jalan nafas biasanya akan ditemukan pernafasan yang berbunyi seperti: bunyi gurgling (bunyi kumur-kumur karena adanya cairan), bunyi mengorok (snoring, karena pangkal lidah jatuh ke dorsal) ataupun stidor karena adanya penyempitan yang mengakibatkan bersihan jalan nafas klien tidak efektif.


3. Suara snoring seperti apa?

Jawaban:
Snoring: suara seperti orang ngorok dimana pangkal lidah yang jatuh ke belakang.


4. Berapa lama pasien di ruang IGD?

Jawaban:
Untuk pasien kritis yang membutuhkan resusitasi dan stabilisasi hingga batas waktu maksimal 6 jam. Bila sampai dengan batas waktu 6 jam yang terlewati dan tidak terdapat ruangan yang sesuai dengan kebutuhan pasien maka dialihrawatkan ke Rumah Sakit lain dengan persetujuan keluarga.


5. Apa yang dimaksud dengan konsep Danger 3 A?

Jawaban:
Danger. Sebelum menolong korban sebaiknya kita harus perhatikan diri kita sendiri/penolong, lingkungan dan pasien (3A, Aman Diri, Aman Lingkungan/lokasi kejadian dan Aman Pasien/Korban).


6. Bagaimana cara membuka jalan nafas?

Jawaban:
Buka jalan napas dengan menengadahkan kepala pasien dan menopang dagu pasien. Cek ada tidaknya sumbatan dalam mulut pasien. Jika terdapat sumbatan maka bersihkan dengan dua jari yang sudah dibalut dengan kain. Usap dari bibir sapu ke dalam dan ke arah luar.


7. Apa itu tahap secondary survey?

Jawaban:
Prinsip survey sekunder adalah memeriksa ke seluruh tubuh yang lebih teliti dimulai dari ujung rambut sampai ujung kaki ( head to toe) baik pada tubuh dari bagian depan maupun belakang serta evaluasi ulang terhadap pemeriksaan tanda vital penderita.


8. Apa itu ruang ICU dan HCU?

Jawaban:
ICU (Intensive Care Unit) adalah ruang khusus untuk pasien krisis yang memerlukan perawatan intensif dan observasi berkelanjutan. HCU ( High Care Unit ) adalah ruang perawatan pasien ICU yang dianggap sudah menunjukkan perbaikan tetapi masih dalam pengawasan ketat.


9. Apa itu PICU NICU ?

Jawaban:
Ruangan NICU (Neonatal Intensive Care Unit) dan PICU (Pediatric Intensive Care Unit) adalah ruang perawatan intensif untuk bayi (sampai usia 28 hari) dan anak-anak yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus, guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital.


10. Apakah ruang ICU boleh dijenguk?

Jawaban:
Karena pasien yang dirawat di ICU kondisinya rentan, maka tidak sembarang orang bisa menjenguk. Biasanya, kunjungan dibatasi hanya untuk keluarga kandung.


11. Asma termasuk triase apa?

Jawaban:
Triase merah:
Contohnya seperti pasien yang mengalami serangan asma, serangan jantung, terkena tembakan, mengalami luka parah di area vital seperti jantung dan kepala, serta jenis luka lain yang bisa berakibat parah jika tidak segera ditangani


12. Apa yang dimaksud dengan jaw thrust?

Jawaban:
Posisikan kedua tangan pada sisi kanan dan kiri kepala pasien dengan siku bersandar pada permukaan tempat pasien telentang, dan pegang sudut rahang bawah dan angkat dengan kedua tangan mendorong rahang bawah ke depan.


13. Apa yang dimaksud dengan finger sweep?

Jawaban:
Finger sweep dilakukan oleh petugas medis pada korban tersedak yang tidak responsif/tidak sadar dengan obstruksi jalan napas lengkap dan tidak boleh dilaksanakan pada korban responsif atau mengalami kejang.


14. Sumbatan jalan nafas ada berapa?

Jawaban:
Obstruksi saluran napas atas terdiri dari empat jenis, seperti: Epiglotitis (peradangan pita suara) Sindrom croup (infeksi saluran napas) Laringotrakeobronkitis (batuk yang dikarenakan peradangan pada saluran napas)


15. Suara nafas ronchi penyakit apa?

Jawaban:
Ronkhi merupakan suara napas tambahan yang bernada rendah yang terjadi akibat adanya penyumbatan jalan napas biasanya akibat adanya lendir. Ronkhi dapat terjadu pada inspirasi (saat mengambil napas) maupun ekspirasi.


16. Apa yang dimaksud dengan pemasangan OPA?

Jawaban:
Pemasangan OPA adalah tindakan yang dilakukan oleh Perawat untuk memasukan pipa jalan napas buatan ke dalam faring melalui mulut. Sedangkan pemasangan NPA adalah tindakan yang dilakukan oleh Perawat untuk memasukan pipa jalan napas buatan ke dalam faring melalui hidung