Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal (Uraian) Keperawatan Medikal Bedah dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Keperawatan Medikal Bedah

1. Jenis anestesi ada berapa?

Jawaban:
Anestesi dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu anestesi lokal, regional, dan umum. Setiap jenis anestesi memiliki cara kerja dan tujuan yang berbeda-beda. Anestesi umum atau biasa disebut bius total adalah prosedur pembiusan yang membuat pasien menjadi tidak sadar selama operasi berlangsung.


2. Kenapa di ruang operasi sangat dingin?

Jawaban:
Kedua, suhu ruangan operasi diatur dingin juga karena menjaga agar operator dan tim operasi tidak berkeringat yang menyebabkan infeksi pada pasien. Hal ini dikarenakan, operator dan tim operasi memakai pakaian berlapis-lapis


3. Bedah apakah sama dengan operasi?

Jawaban:
Prosedur bedah biasanya dinamakan operasi atau tindakan bedah


4. Berapa lama orang sadar dari bius total?

Jawaban:
Tubuh Anda memerlukan waktu kurang lebih 1 minggu untuk sepenuhnya menghilangkan obat-obatan anestesi dari tubuh, namun kebanyakan orang sudah tidak merasakan efek setelah 24 jam usai operasi.


5. Apa efek dari anestesi?

Jawaban:
Penurunan fungsi dari beberapa saraf tulang belakang akibat efek anestesi bisa bersifat sementara atau permanen. Penyebab utamanya yaitu kerusakan pada saraf tulang belakang. Kerusakan tersebut mengakibatkan penurunan kerja saraf sensorik. Tak hanya itu, kemampuan motorik tubuh juga ikut mengalami penurunan


6. Obat anestesi golongan apa?

Jawaban:
Secara kimiawi obat anestesi lokal dibagi dalam dua golongan besar, yaitu golongan ester dan golongan amide.


7. Kenapa ruang operasi warna hijau?

Jawaban:
Warna hijau cocok dalam membantu dokter melihat lebih baik di ruang operasi karena merupakan kebalikan dari warna merah pada roda warna.