Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Uraian) Minyak Bumi dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Minyak Bumi

1. Pengganti minyak bumi apa?

Jawaban:
Biodiesel merupakan energi ramah lingkungan yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti minyak bumi. Biodiesel dihasilkan dari bahan dasar terbarukan seperti minyak nabati dan hewani seperti minyak sawit, minyak kelapa, sampai minyak ikan.


2. Apa nama lain dari minyak bumi?

Jawaban:
Minyak bumi disebut juga minyak mineral karena diperoleh dalam bentuk campuran dengan mineral lain


3. Apakah minyak bumi berasal dari fosil?

Jawaban:
Minyak bumi berasal dari fosil hewan dan tumbuhan yang telah mati berjuta-juta tahun yang lalu. Mereka telah menjadi lapisan cairan hitam yang tebal. Ini terjadi di rongga-rongga di bawah tanah dan sering ditemukan bersama dengan gas alam.


4. Apakah aspal berasal dari minyak bumi?

Jawaban:
Aspal buatan merupakan residu penyulingan minyak bumi sehingga memiliki sifat seperti minyak bumi yang digunakan


5. Bagaimana cara minyak bumi di murnikan?

Jawaban:
Pengolahan (pemurnian = refining ) minyak bumi dilakukan melalui distilasi bertingkat, dimana minyak mentah dipisahkan ke dalam kelompok-kelompok (fraksi) dengan titik didih yang mirip. Mula-mula minyak mentah pada suhu sekitar 400°C, kemudian dialirkan ke dalam menara fraksionasi.


6. Apakah minyak bumi mentah bisa terbakar?

Jawaban:
Petroleum atau minyak mentah pada umumnya “light crude oil” merupakan bahan bakar teknologi yang tidak ramah lingkungan. Petroleum mengandung berbagai senyawa hidrokarbon yang dapat terbakar, serta sedikit sulfur, oksigen, dan nitrogen.


7. Mengapa minyak bumi disebut polusi?

Jawaban:
Polutan minyak bumi merupakan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) karena membahayakan makhluk hidup dan lingkungannya. Pencemaran dari polutan minyak bumi mengakibatkan ekosistem pesisir terganggu. Polutan minyak bumi mengandung petroleum hidrokarbon yang perlu didegradasi agar tidak menimbulkan dampak negatif.


8. Apa peran minyak bumi dalam perekonomian bangsa Indonesia?

Jawaban:
Minyak bumi mempunyai peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia yaitu sebagai sumber energi untuk kegiatan ekonomi dalam negeri.


9. Apa komponen terbesar minyak bumi?

Jawaban:
Minyak bumi mengandung berbagai hidrokarbon yang alkana, baik rantai lurus atau bercabang, senyawa aromatik benzena, dan turunannya. Komponen terbesar dalam minyak bumi yaitu alkana dan sikloalkana.


10. Apa saja dampak dari minyak bumi?

Jawaban:
Adapun dampak dari penggunaan minyak bumi antara lain sebagai berikut :
1. Pemanasan Global
2. Pencemaran Air
3. Pencemaran Udara
4. Mengganggu Kesehatan
5. Lahan Tanah Menipis
6. Mempengaruhi Iklim
7. Hujan Asam.


11. Berapa lama proses pembentukan minyak bumi?

Jawaban:
Intinya, proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu jutaan tahun sejak masa purba. Minyak bumi dihasilkan dari matinya hewan dan tumbuhan yang terkubur di lapisan pasir dan bebatuan.


12. Apakah minyak goreng berasal dari minyak bumi?

Jawaban:
Minyak goreng adalah minyak yang berasal dari lemak tumbuhan atau lemak hewan yang dimurnikan dan berbentuk cair dalam suhu kamar dan biasanya untuk menggoreng makanan. Minyak goreng dari tumbuhan biasanya dihasilkan dari tanaman seperti kelapa, biji-bijian, kacang-kacangan, jagung, kedelai dan kanola