Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Soal (Uraian) Komunikasi Massa dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Komunikasi Massa

1. Mengapa komunikasi massa dapat mempengaruhi banyak orang?

Jawaban:
Komunikasi massa menjadi punya fungsi sebab media massa sebagai alat penyampai pesan kepada khalayak dan atas pesan yang disampaikanya dipastikan akan memiliki dampak untuk orang banyak, mengingat isi pesan dalam komunikasi massa tentu memiliki tujuan memengaruhi perasaan, sikap, opini, atau perilaku khalayak


2. Apa peran dan fungsi komunikasi massa?

Jawaban:
Komunikasi massa berfungsi untuk menyampaikan informasi secara cepat kepada publik. Ini merupakan fungsi utama dari komunikasi massa. Lewat media massa, pesan atau informasi yang telah dikumpulkan dan disusun akan disebarluaskan kepada khalayak umum.


3. Mengapa media massa dapat mempengaruhi perilaku individu?

Jawaban:
Media massa dapat memengaruhi perilaku individu untuk bertindak menyimpang karena banyaknya sumber informasi yang masuk, yang dipengaruhi oleh arus globalisasi, sehingga menyebabkan banyak terjadi penipuan informasi atau budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai dan norma di masyarakat.


4. Bagaimana penggunaan media massa dalam masyarakat?

Jawaban:
Media massa berfungsi menjadi agen perubahan dan rekayasa sosial. “Meskipun berada diluar sistem pemeritahan, media massa memiliki posisi strategis sebagai alat kontrol sosial dan sumber informasi bagi masyarakat


5. Mengapa mahasiswa perlu mempelajari komunikasi massa?

Jawaban:
Ketika kita mampu memahami media massa maka pengetahuan dan informasi yang di dapat otomatis semakin meluas. Mempelajari komunikasi massa membuat pribadi kita menjadi lebih mantap dalam menghadapi pergolakan informasi publik.


6. Bagaimana cara mengatasi hambatan komunikasi massa?

Jawaban:
Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yakni : memahami penerima pesan, menyesuaikan pesan dengan si penerima, mengurangi jumlah pesan, memilih saluran atau media secara tepat, meningkatkan keterampilan berkomunikasi.


7. Mengapa media massa itu penting?

Jawaban:
Media massa sebagai wadah pers dan alat komunikasi massa dinilai punya peran penting dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik.


8. Apa dampak positif dan negatif dari media massa?

Jawaban:
Dampak Positif media massa : Informasi dapat menyebar secara luas dengan lebih cepat.
Dampak negatif media massa :
1. Terdapat banyak situs yang menampilkan sesuatu yang tidak pantas.
2. Kemungkinan adanya berita hoax atau bohong yang meresahkan warga masih tinggi.
3. Dapat merusak pikiran, mental, dan pola pikir generasi muda.


9. Bagaimana peran media massa dalam terjadinya perubahan sosial di masyarakat?

Jawaban:
Media massa adalah institusi atau lembaga yang berperan sebagai agen of change yaitu sebagai lembaga pelopor perubahan sosial. Hal tersebut adalah paradigma utama media massa. Dalam menjalankan paradigmanya media massa berperan sebagai: Institusi pencerahan masyarakat ,yaitu perannya sebagai media edukasi.