Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Uraian) Komunikasi Politik dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Komunikasi Politik

1. Apa saja saluran dan media komunikasi politik?

Jawaban:
Saluran atau media politik ialah alat atau sarana yang digunakan oleh para komunikator dalam menyampaikan pesan-pesan politiknya. Misalnya media cetak, media elektronik, media online, sosialisasi, komunikasi kelompok yang dilakukan partai, organisasi masyarakat, dsb.


2. Apakah manfaat dari komunikasi politik?

Jawaban:
Komunikasi politik sangat penting dan menentukan dalam demokratisasi. Dengan adanya persaingan kepentingan komunikator politik untuk memengaruhi, memperoleh, mempertahankan, dan memperluas kekuasaan.


3. Apa itu efek komunikasi politik?

Jawaban:
Efek komunikasi politik yang diharapkan adalah terciptanya pemahaman terhadap sistem pemerintahan dan partai-partai politik, keaktifan masyarakat dalam partisipasi politik, dimana nantinya akan berdampak pada pemberian suara dalam Pemilihan Umum.


4. Tuliskan pengertian komunikasi politik menurut Mueller (1973) !

Jawaban:
Muelller mendefinisikan komunikasi politik ialah hasil yang memiliki sifat politik, apabila ditekankan kepada hasil. Sedangkan apabila komunikasi politik didefinisikan dengan menekankan pada fungsi dalam sistem politik ialah komunikasi yang terjadi dalam suatu sistem politik serta terjadi di antara sistem tersebut dengan lingkungannya.


5. Mengapa komunikasi politik itu sangat penting?

Jawaban:
Komunikasi politik sangat penting dan menentukan dalam demokratisasi. Dengan adanya persaingan kepentingan komunikator politik untuk memengaruhi, memperoleh, mempertahankan, dan memperluas kekuasaan.


6. Tuliskan pengertian komunikasi politik menurut Dr. Rusadi Kartaprawira !

Jawaban:
Apabila dilihat dari kegunaannya, maka komunikasi politik dapat diartikan sebagai penghubung dari pikiran politik yang hidup dalam masyarakat baik golongan, intra, asosiasi, institusi maupun sektor kehidupan dalam politik pemerintahan. Rusadi juga berpendapat bahwa komunikasi politik ialah suatu pendekatan dalam pembanungunan politik. Melalui komunikasi politik maka tokoh-tokoh yang terlibat dalam meletakan basis guna menganalisis permasalahan yang muncul serta berkembang secara keseluruhan proses untuk perubahan politik dari suatu bangsa.


7. Tuliskan pengertian komunikasi politik menurut  Miriam Budiardjo !

Jawaban:
Budiarjo berpendapat bahwa komunikasi politik ialah salah satu fungsi dari partai politik, yaitu untuk menyalurkan beraneka ragam pendapat maupun aspirasi dari masyarakat, serta mengatur aspirasi tersebut dengan sedemikian rupa. Komunikasi politik juga menjadi wujud dari penggabungan kepentingan serta perumusan kepentingan yang berguna untuk memperjuangkan publik policy atau kebijakan publik.


8. Jelaskan tentang Distorsi sebagai ideologi !

Jawaban:
Dalam komunikasi politik, ada dua distorsi dalam ideologi. Distorsi pertama ialah perspektif yang identik dengan kegiatan politik sebagai hak istimewa dari sekelompok orang maupun praktik monopoli. Sedangkan distorsi ideologi yang kedua ialah perspektif yang lebih memandang pada suatu kegiatan dan hanya melibat sistem tinggi tanpa peduli dengan kehendak rakyatnya.


9. Tuliskan pengertian komunikasi politik menurut Rauf !

Jawaban:
Komunikasi ialah suatu kegiatan politik guna menyampaikan pesan yang memiliki ciri politik oleh aktor politik kepada pihak lain. Kegiatan dari komunikasi politik memiliki sifat empiris karena dilakukan secara nyata dalam kehidupan sosial. Namun, komunikasi politik juga dapat menjadi kegiatan ilmiah serta sebagai kegiatan politik dalam sistem politik.


10. Jelaskan tentang Distorsi sebagai sebuah topeng !

Jawaban:
Ben Anderson dalam bahasa topeng menjelaskan bahwa komunikasi politik dapat diidentifikasikan untuk menampilkan suatu hal yang lain antara apa yang dimaksudkan dengan fakta atau realita yang sebenarnya.