Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Soal (Uraian) Manajemen Operasi dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Manajemen Operasi

1. Faktor apa saja yang mendorong perusahaan untuk menyusun strategi operasi?

Jawaban:
Factor-faktor yang mendorong perlunya strategi operasi: Dorongan oleh keinginan untuk menekan biaya (efisiensi) & meningkatkan kualitas produk. Melemahnya bargaining position dalam menghadapi suplier bahan baku,suku cadang atau komponen. Saingan semakin kuat dalam pemasaran produk yang sama.


2. Bagaimana konsep dasar strategi operasi?

Jawaban:
Strategi operasi adalah suatu visi fungsi operasi yang memberikan keseluruhan pengarahan atau dorongan bagi pengambilan keputusan agar searah dengan tujuan perusahaan. Strategi operasi terdiri dari misi (mission), kemampuan khusus (distinctive competance), tujuan (objective), dan kebijakan (policy).


3. Menurut anda apakah yang menjadi pengaruh paling besar dari manajemen operasional bagi sebuah perusahaan?

Jawaban:
Artinya, manajemen operasional mampu meningkatkan standar dan jaringan komunikasi perusahaan agar organisasi perusahaan dapat bergerak sesuai rencana yang telah dibuat. Dengan begitu, tujuan perusahaan dapat tercapai dengan lebih mudah dan efisien.


4. Apa peran manajemen operasi dalam meningkatkan kinerja bisnis?

Jawaban:
Fungsi manajemen operasional digunakan dalam menyusun strategi bisnis untuk mengoptimalkan sumber daya perusahaan, juga meningkatkan daya saing dengan perusahaan lain. strategi bisnis yang dimaksud mencakup pengadaan bahan baku, pemasaran, kemampuan finansial, dan pengoptimalan sumber daya manusia.


5. Bagaimana dapat dikatakan bahwa sasaran operasional perusahaan sudah efektif?

Jawaban:
Dikatakan efektif apabila pengelolaan yang dilakukan oleh mampu menciptakan produk yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Sedangkan dikatakan efisien apabila pengelolaan terhadap sumber daya tenaga kerja, mesin produksi, dan bahan baku produksi dapat diminimalisir sekecil mungkin dalam membuat produk yang diinginkan.


6. Bagaimana pengaruh strategi operasi pada perkembangan bisnis?

Jawaban:
Ketika penyusunan strategi dilakukan dengan baik dan diimbangi dengan pelaksanaan yang sesuai perencaan, maka sasaran atau target perusahaan akan lebih mudah dicapai. Berbanding terbalik dengan perusahan yang tak memiliki perencanaan strategi operasi.


7. Bagaimana menciptakan strategi meraih keunggulan kompetitif dalam manajemen operasi jelaskan?

Jawaban:
Tips Membangun Keunggulan Kompetitif sebagai Strategi Bisnis:
1. Kenali dan bangun sumber daya inti yang dimiliki.
2. Bangun kemampuan operasional yang unik dan khusus.
3. Bangun norma perusahaan yang sesuai visi besar organisasi.
4. Miliki ragam pendekatan menghadapi perubahan eksternal.
5. Kenali kompetensi inti agar efisien dan efektif.


8. Mengapa Manajemen operasi telah mengalami perubahan?

Jawaban:
Manajemen operasi ini telah berkembang pesat sebab kemajuan teknologi dan munculnya inovasi baru yang telah diterapkan dalam praktik bisnis. Saat ini telah banyak perusahaan yang melirik dan menjadikan manajemen operasi sebagai alat yang strategis untuk bersaing antar perusahaan.


9. Keputusan apa saja yang harus diambil dalam aspek manajemen operasional?

Jawaban:
Berdasarkan sepuluh keputusan strategis dalam manajemen operasional yaitu, desain produk, manajemen mutu, tata letak, lokasi, desain proses dan kapasitas, rancangan kerja sumber daya manusia, manajemen rantai pasokan, persediaan, penjadwalan, dan pemeliharaan.