Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

`7 Soal (Uraian) Sistem Informasi Manajemen dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Sistem Informasi Manajemen


1. Apakah yang dimaksud dengan data dan informasi?

Jawaban:
Data merupakan sebuah fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi. Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.


2. Apa Manfaat Sistem Informasi Manajemen dimata Manajer tingkat bawah ?

Jawaban:
Manfaat Sistem Informasi Manajemen dimata Manajer tingkat bawah adalah:
a. Mendapatkan Informasi data operasi
b. Membantu perencanaan
c. Penjadwalan
d. Mengetahui situasi yang tak terkendali
e. Mengambil keputusan


3. Bagaimana sebuah Sistem Informasi Manajemen dapat digunakan sebagai pengambil keputusan?

Jawaban:
Informasi mengandung suatu arti yaitu data yang sudah diolah ke dalam suatu bentuk yang lebih memiliki arti dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Data sendiri merupakan fakta-fakta yang mewakili suatu keadaan, kondisi, atau peristiwa yang terjadi atau ada di dalam atau di lingkungan fisik organisasi. Data tidak dapat langsung digunakan untuk pengambilan keputusan, melainkan harus diolah lebih dahulu agar dapat dipahami, lalu dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan.


4. Apa yang kamu ketahui tentang SIM? Dan mengapa SIM sangat berperan penting dalam sebuah manajemen?

Jawaban:
Management Information System / MIS merujuk kepada suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan suatu alat bagi manajer untuk menyusun, mengevaluasi, dan mengelola berbagai departemen dalam organisasi secara efisien. Sistem informasi manajemen menitikberatkan pada informasi untuk suatu keputusan terstruktur atau informasi yang dapat diantisipasi. Hal tersebut mungkin tampak sederhana, tetapi sebenarnya menyediakan informasi untuk membantu manajer-manajer membuat keputusan-keputusan adalah tugas yang sangat sulit dan kompleks. Sistem informasi manajemen memainkan peranan penting dalam penyusunan rencana strategis, pembuatan keputusan, dan pengontrolan kegiatan-kegiatan untuk dapat mengukur tingkat keberhasilannya. Sistem informasi adalah suatu sistem untuk mengelola suatu data atau laporan yang diperlukan. Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi karena sistem informasi berperan dalam menunjang kegiatan bisnis operasional, menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetetif organisasi


5. Terdapat tiga aktivitas dasar di dalam Sistem Informasi, tulis dan jelaskan!

Jawaban:
Aktivitas masukan atau input, pemrosesan atau proccessing, dan keluaran atau output. Masukan berperan di dalam pengumpulan bahan mentah (raw data), baik yang diperoleh dari dalam maupun dari lingkungan sekitar organisasi. Pemrosesan berperan untuk mengkonversi bahan mentah menjadi bentuk yang lebih memiliki arti. Sedangkan, keluaran dimaksudkan untuk mentransfer informasi yang diproses kepada pihak-pihak atau aktivitas-aktivitas yang akan digunakan.


6. Sistem Informasi Manajemen dapat diibaratkan sebagai sebuah bangunan piramida, apa maksudnya?

Jawaban:
Sistem informasi manajeman digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi utnuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat manajemen.


7. Coba anda jelaskan dan beri alasan apabila suatu sistem memiliki 7 buah subsistem dan salah satu sistemnya tidak dapat berfungsi, apakah sistem tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan?

Jawaban:
Tentunya tidak akan berjalan sesuai dengan target karena sebuah sistem akan berjalan dengan sempurna. Seyogyanya jika semua subsistemnya berfungsi, dan bila mana salah satu saja subsistem ada yang tidak berfungsi maka harapan yang akan dicapai tidak akan sesuai dengan tujuan tersebut.


8. Tuliskan ciri/kriteria informasi berkualitas?

Jawaban:
Ciri-ciri informasi yang berkualitas:
a. Akurasi
Informasi yang dihasilkan benar-benar akurat, data yang dimasukkan dan proses yang digunakan didalam sistem harus benar sesuai dengan kenyataan atau proses harus sesuai dengan perumusan-perumusan yang sesai.
b. Relevansi
Informasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi, data yang digunakan untuk diproses seharusnya ada hubungannya dengan masalahnya sehingga informasi yang diberikan bisa sesuai dengan masalah yang dihadapai.
c. Ketepatan waktu
Informasi yang dihasilkan tepat waktu, kalau saat ini kita membutuhkan suatu informasi maka informasi yang kita butuhkan itulah yang kita dapatkan. Informasi tidak datang waktu yang dah lewat atau sebelumnya.
d. Kelengkapan
Informasi yang dihasilkan lengkap, informasi yang dihasilan harus lengkap jadi tidak ada kekurangan sedikitpun tentang informasi yang dicari.


9. Coba jelaskan apa itu sistem informasi akuntansi?

Jawaban:
Sistem Informasi Akuntansi pada dasarnya merupakan integrasi dari berbagai system pengolahan transaksi. Sistem Informasi Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan atau berinteraksi satu sama lain dan bekerja sama secara harmonisasi untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang keuangan.


10. Coba jelaskan mengapa dikatakan sitem informasi akuntansi sebagai bagian terbesar dari sistem informasi manajemen?

Jawaban:
Sistem Informasi Akuntansi dikatakan sebagai bagian terbesar dari Sistem Informasi Manajemen karena Sistem Informasi Akuntansi ini berada di berbagai bidang operasional manajemen organisasi. Sehingga Sisten Informasi Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonisasi untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang keuangan tersebut.


11. Coba jelaskan apa yang termasuk peralatan input?

Jawaban:
Seperti yang kita ketahui bahwa input merupakan masukan
a. Keyboard digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk teks (ASCII) ke komputer
b. Mouse digunakan sebagai pointer (mempercepat perpindahan lokasi kursor dibandingkan bila menggunakan keyboard
c. Scanner digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk image (gambar)
d. Kamera digital digunakan untuk menyinpan data gambar
e. Kamera video digunakan untuk menyimpan data gambar yang dapat bergerak juga juga bersuara.


12. Bila ingin membangun software untuk sistem informasi manajemen, software apa saja yang diperlukan dan apa fungsinya?

Jawaban:
Spreadsheet, Quicken, Account Pro. Peachtree, Word dan Processor


13. Siapa sajakah yang dikelompokan sebagai SDM sistem informasi?

Jawaban:
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan fungsi yang teramat penting dalam manajemen sekaligus paling sulit.Penggerakan SDM yang tepat dan efektif memerlukan informasi yang handal. Misalnya, informasi tentang klasifikasi jabatan, informasi tentang uraian dan analisis pekerjaan, informasi tentang standar mutu yang diterapkan dalam manajemen, dan berbagai informasi lainnya yang memungkinkan satuan kerja yang mengelola SDM dalam organisasi menyelenggarakan berbagai fungsinya dengan baik. Berikut dibawah ini merupakan peranan SDM sistem informasi:
a. Programer
b. Operator
c. Pustakawan
d. Manajer sistem informasi
e. Analisis system
f. Administrator jaringan
g. Administrator database


14. Jelaskan bagaimana system informasi telah mengubah cara mengoperasikan bisnis dengan produk dan layanannya!

Jawaban:
Dengan melakukan otomatisasi terhadap sistem yang mengalirkan informasi dari perusahaan kepada pemasoknya dan sebaliknya. Otomatisasi itu dilakukan dalam usaha untuk mengoptimalkan perencanaan, persediaan bahan baku, produksi, pengiriman produk dan jasa. Jika aliran informasi ini berlangsung dengan lancar dan cepat, maka perusahaan tidak perlu memiliki gudang sendiri untuk menyimpan bahan baku.


15. Tuliskan 3 trend terbaru sistem informasi!

Jawaban:
3 trend terbaru system informasi
a. E-commerce atau electronic commerce
b. E-bisnis
c. Enterprise information system (entis)


16. Tuliskan macam-macam laporan SIM!

Jawaban:
Macam-macam laporan SIM:
a. Laporan periodik adalah laporan yang dihasilkan dalam selang waktu tertentu seperti harian, mingguan, bulanan, kwartalan, dan sebagainya.
b. Laporan ikhtisar adalah laporan yang memberikan ringkasan terhadap sejumlah data/informasi.
c. Laporan perkecualian adalah laporan yang hanya muncul kalau terjadi keadaan yang tidak normal. Sebagai contoh, manajer pembelian mungkin memerlukan laporan pengiriman barang dari pemasok yang sudah terlambat satu minggu. Laporan ini hanya muncul kalau keadaan yang diminta terpenuhi.
d. Laporan perbandingan adalah laporan yang menunjukkan dua atau lebih himpunan informasi yang serupa dengan maksud untuk di bandingkan.


17. Sistem informasi manajemen selalu terlibat dalam serangkaian proses manajerial, gunanya untuk menentukan apa?

Jawaban:
Gunanya Sistem informasi manajemen selalu terlibat dalam serangkaian proses manajerial untuk
a. Tujuan dan Sasaran
b. Perumusan Strategi
c. Perencanaan
d. Penentuan Program Kerja
e. Pengorganisasian
f. Penggerakan Sumber Daya Manusia
g. Pemantauan Kegiatan Operasional
h. Pengawasan
i. Penilaian
j. Serta Penciptaan dan Penggunaan Sistem Umpan Balik