Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal (Uraian) Dinasti Umayyah dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Dinasti Umayyah

1. Apa saja faktor yang menyebabkan runtuhnya Daulah Umayyah?

Jawaban:
Keruntuhan Bani Umayyah
1. Munculnya kelompok yang tidak puas terhadap Bani Umayyah misal Khawarij, Syiah, dan non-Arab (mawali)
2. Tidak adanya ketentuan jelas tentang sistem pergantian khalifah.
3. Perpecahan antara etnis suku Arabiah Utara (Bani Qais) dengan suku Arabiyah Selatan (Bani Kalb)
4. Senang hidup mewah.


2. Bagaimana sistem pendidikan yang diterapkan pada Dinasti Umayyah?

Jawaban:
Pada masa dinasti Umayyah pola pendidikan bersifat desentrasi. Desentrasi artinya pendidikan tidak hanya terpusat di ibu kota Negara saja tetapi sudah dikembangkan secara otonom di daerah yang telah dikuasai seiring dengan ekspansi territorial.


3. Siapakah khalifah ke 5?

Jawaban:
Umar bin Abdul Aziz adalah salah satu khilafah Dinasti Umayyah yang berkuasa dari tahun 717 hingga 720 Masehi. Selama menjadi khalifah banyak prestasi yang dicapainya hingga ia begitu dicintai rakyatnya dan mendapat sebutan "Khulafaur Rasyidin Kelima".


4. Siapa Arsitek Masjid Umayyah?

Jawaban:
Berkat selera arsitektur Khalifah al Walid ayng tinggi, akhirnya berdirilah sebuah masjid dengan sentuhan teknologi modern dengan tetap memperhatikan aspek estetika.


5. Apa yang menyebabkan para tokoh agama kecewa dengan khalifah Daulah Umayyah?

Jawaban:
Kelemahan dan ketidakmampuan beberapa Khalifah Bani Umayyah dalam memimpin pemerintahan ditambah lagi dengan pola hidup yang mewah, boros, mabuk-mabukan dan prilaku yang tidak mencerminkan seorang pemimpin. Sehingga golongan agama sangat kecewa karena perhatian penguasa terhadap agama sangat kurang.


6. Siapa Saja Tokoh Ilmu Hadis yang hidup pada masa Daulah Umayyah?

Jawaban:
Diantara para ahli hadits yang terkenal pada masa itu ialah Muhammad bin Syihab al-Zuhri, Abu Zubair Muhammad bin Muslim bin Idris.


7. Apa hikmah yang dapat diambil dari peradaban Dinasti Umayyah?

Jawaban:
Hikmah Dan Manfaat Yang Dapat Di Ambil Dari Dinasti Bani Umayyah adalah terciptanya persatuan umat islam, penyebaran agama islam yang sampai ke Andalusia, spanyol menjadi pintu masuk penyebaran islam ke eropa, berkembangnya ilmu arsitektur dan ilmu pengetahuan islam.


8. Mengapa Muawiyah menentang kekhalifahan Ali?

Jawaban:
Alasan Muawiyah enggan membaiat Ali adalah karena permintaan Muawiyah terhadap Ali untuk segera menuntut balas (qisash) atas pembunuh Utsman tidak terpenuhi. Selain itu, Ali juga bermaksud mencopot jabatan Muawiyah selaku gubernur di Syam sebagai langkah sterilisasi negara dari aparatur lama yang tidak satu visi.


9. Bagaimana sistem sosial pada masa Bani Umayyah?

Jawaban:
Selama masa kekhalifahan Dinasti Umayyah, kondisi sosial dalam keadaan damai dan adil, meskipun sistem pemerin- tahan berjalan tidak demokratis. Kendatipun bangsa Arab-Islam berkuasa di seluruh imperium, kehidupan muslim non-Arab tidak mengalami kesulitan. Mereka hidup damai dan bersahabat dengan baik.


10. Berapa banyak khalifah Bani Umayyah?

Jawaban:
Berapa banyak khalifah Bani Umayyah?
Dinasti Umayyah didirikan di Damaskus pada tahun 661 dan berakhir pada tahun 750. Selama itu, Dinasti Umayyah dipimpin oleh 14 khalifah dan mencapai masa kejayaannya di era khalifah Walid bin Abdul Malik. Aizid, Rizem.


11. Apa fungsi masjid pada masa Bani Umayyah?

Jawaban:
Masjid digunakan sebagai sarana untuk melaksanakan risalah-Nya sampai pada zaman Khulafaur Rasyidin. Begitu pula seterusnya sampai pada masa Bani Umayyah, Abbasiyah, dan sesudah itu. Para ulama duduk membahas dan menafsirkan ayat-ayat Alquran, sedangkan ahli hadis meriwayatkan hadis Rasulullah Saw. di dalam masjid.
Dinasti Umayyah didirikan di Damaskus pada tahun 661 dan berakhir pada tahun 750. Selama itu, Dinasti Umayyah dipimpin oleh 14 khalifah dan mencapai masa kejayaannya di era khalifah Walid bin Abdul Malik. Aizid, Rizem.


12. Apa alasan kuat Umayyah dapat mendirikan Dinasti Umayyah?

Jawaban:
Keberhasilan Muawiyah mendirikan dinasti Umayyah bukan hanya akibat dari kemenang-an diplomasi di Shiffin dan terbunuhnya Khalifah Ali, tetapi juga karena sejak semula sudah memikiki “basis rasional” yang solid bagi landasan pembangunan politiknya di masa depan, yaitu dukungan kuat dari penduduk Syria dan dari keluarga 


13. Mengapa Abdurrahman diberi gelar Ad-Dakhil?

Jawaban:
Julukan ini didapatkan dari salah satu musuh terbesarnya dari Bani Abbasiyah, Khalifah Al-Mansur. Khalifah Al-Mansur memberikan julukan ini, karena Abdurrahman berhasil melarikan diri dan mengembara seorang diri melalui gurun Asia dan Afrika, hingga sampai di Spanyol.


14. Siapa saja 14 khalifah Bani Umayyah?

Jawaban:
14 Khalifah Dinasti Umayyah
1. Mu'awiyah bin Abu Sufyan (41-60 H/661-680 M)
2. Yazid bin Mu'awiyah (60-64 H/680-683 M)
3. Mu'awiyah bin Yazid (64-64 H/ 683-683 M)
4. Marwan bin Hakam (64-65 H/683-685 M)
5. Abdul Malik bin Marwan (65-86 H/685-705 M)
6. Al-Walid bin Abdul Malik (86-96 H/705-715 M)
7. Sulaiman bin Abdul Malik (96-99 H/ 715-716 M)
8. Umar bin Abdul Aziz (99-101 H/715-720M)
9. Yazid bin Abdul Malik (101-105 H/720-724 M)
10. Hisyam bin Abdul Malik (105-125 H/724-743 M)
11. Walid bin Yazid (125-126 H/743-744 M)
12. Yazid bin Walid (126-127 H/744-744 M)
13. Ibrahim bin Walid (127-127 H/744-745 M)
14. Marwan bin Muhammad (127-132 H/745-750 M)


15. Apakah bukti keberhasilan Bani Umayyah yang masih terlihat hingga sekarang?

Jawaban:
Bangunan masjid peninggalan Dinasti Umayyah lainnya yang masih bisa kita saksikan hingga hari ini adalah Masjid Al-Aqsa (saat renovasi) dan Masjid Agung Umayyah di Damaskus yang dibangun pada masa Khalifah Al-Walid I. Selain bangunan masjid, Dinasti Umayyah juga meninggalkan banyak istana dan benteng pertahanan.


16. Apa saja bangunan yang didirikan pada masa Daulah Umayyah di Andalusia?

Jawaban:
Berikut empat peninggalan kerajaan Andalusia yang mungkin jarang diketahui :
1. Masjid Cordoba.
2. The Alhambra
3. The Royal Alcazar
4. Medina Azahara.