Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Uraian) Doa dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Doa


1. Apakah doa sambil menangis dikabulkan?

Jawaban:
Berdoa dengan menghiba dan menangis itu justru sangat dianjurkan. Menangis itu perlu, karena menangis itu akan menambah kekhusyu'an. Allah berfirman, “Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu.” (QS Al Isra : 109).


2. Apa penyebab doa dikabulkan?

Jawaban:
Rasulullah SAW bersabda: "Doa seseorang akan dikabulkan selama dia tidak berbuat dosa dan memutus silaturahim." (HR. Ahmad).


3. Apakah doa bisa ditolak?

Jawaban:
Artinya: Doa seseorang bisa saja tidak dikabulkan oleh Allah karena terhalang rintangan-rintangan tertentu seperti: makan makanan haram, memakai pakaian haram, tak henti-hentinya menzalimi orang lain, atau doa itu dipanjatkan dengan hati yang lalai terhadap Allah sebagaimana disinggung Rasulullah: 


4. Doa Minta di mudah kan?

Jawaban:
Artinya: "Ya Allah, berilah taufik, kebajikan, atau kelembutan kepadaku dalam hal kemudahan pada setiap kesulitan, karena sesungguhnya kemudahan pada setiap yang sulit adalah mudah bagiMu, dan aku mohon kemudahan serta perlindungan di dunia dan di akhirat," (HR Thabrani).


5. Apa doa anak sholeh?

Jawaban:
Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqniy birrohum. Artinya: “ Ya Allah, berilah berkah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”


6. Apa doa naik kendaraan?

Jawaban:
Alhamdulillahilladzi/subhanalladzi sakhkhara lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina, wa inna ila rabbina lamunqalibuna. Artinya : “Segala puji bagi Allah/Mahasuci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami.


7. Apa sebab doa tidak diterima?

Jawaban:
Jika masih melakukan perbuatan-perbuatan maksiat dan dosa, maka doa tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT. Tanpa disadari, ada banyak dosa yang masih terselip dalam diri kita saat berdoa. Bahkan ada beberapa kata-kata yang dipanjatkan dalam doa, tetapi mengandung dosa yang terselip.


8. Apa itu kekuatan doa?

Jawaban:
Kekuatan doa yang pertama adalah sebagai sebuah bentuk ibadah yang diperintahkan oleh Allah. Ketika seorang hamba menjalankan perintah Allah maka hal itu adalah sebuah ibadah yang akan mendapatkan ganjaran yang setimpal sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh Allah.


9. Apakah doa berpengaruh?

Jawaban:
Doa memiliki pengaruh, namun tidak mengubah ketetapan Allah. Akan tetapi kesembuhan tersebut telah tertulis dengan lantaran doa yang juga telah tertulis. Segala sesuatu terjadi karena ketentuan Allah, begitu juga segala sebab memiliki pengaruh terhadap musabbab (akibat)-nya dengan kehendak Allah.


10. Doa siapa yg paling di ijabah Allah?

Jawaban:
Tiga orang yang tidak tertolak doanya adalah pemimipin yang adil, orang yang bepuasa, dan orang yang terzalimi.


11. Surat apa agar doa dikabulkan?

Jawaban:
Surat Al Fatihah mengandung doa untuk meminta pertolongan kepada Allah untuk menyelesaikan segala urusan. Membaca surat Al Fatihah juga untuk mempermudah doa segera dikabulkan


12. Apakah berdoa harus bersuara?

Jawaban:
Terkait anjuran melirihkan suara saat berdoa selain dalam surat Al-Isra ayat 110, Allah SWT juga berfirman di Surat Al-A'raf ayat 55 yang artinya: "Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut."


13. Apa yang dibaca ketika mengawali doa?

Jawaban:
Sebelum mengutarakan doa kita, maka sebaiknya membaca hamdalah atau pujian terlebih dahulu, lantas memohon ampunan (istigfar) dan membaca selawat kepada Nabi.


14. Doa berkah dunia?

Jawaban:
Latin : Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar. Artinya: “Ya Tuhan kami, berila kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka.”


15. Doa berkah untuk orang lain?

Jawaban:
Doa berikut ini dapat dipanjatkan ketika Anda merasa sungkan saat ingin memberi bantuan kepada orang lain. Allahumma waffiqna li tha'atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami'ul 'alim. Wa sallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'alihi wa sahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil 'alamin