Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Uraian) Khotbah dan Jawaban

Kumpulan Soal (Uraian) Materi Khotbah

1. Siapakah yang Boleh Jadi Khatib Jumat?

Jawaban: 
1. Berakal
2. Suci dari Hadats
3. Menutup Aurat
4. Laki-laki
5. Paham


2. Apa itu sunnah khutbah?

Jawaban: 
Mendahulukan dua khutbah terlebih dahulu dari pada sholat Jumat. Khotib melaksanakan khutbah dalam keadaan berdiri bagi yang mampu. Duduk diantara dua khutbah dengan Thuma'ninah. Seorang khotib harus suci dari hadats dan najis pada badan, pakaian serta tempat.


3. Apa saja urutan khutbah?

Jawaban: 
Setelah mengucapkan salam, khatib duduk dan muazzin mengumandangkan azan hingga selesai. Khatib mengawali (membuka) khutbahnya dengan mengucapkan pujian, membaca syahadat, shalawat kepada nabi saw, wasiat taqwa dan membaca beberapa ayat al-Quran kemudian menyampaikan taushiyah.


4. Mengapa tidak boleh berbicara saat khutbah?

Jawaban:
Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika kamu berbicara di hari Jumat saat Imam berkhutbah maka kamu telah berbuat sia-sia (tidak sempurna pahala sholat Jumat.)


5. Apakah orang yang tidak suci boleh berkhotbah?

Jawaban:
Suci dari hadats besar dan kecil merupakan syarat sah ditunaikannya ibadah. Seseorang yang sedang dalam keadaan berhadats tidak diperkenankan menjadi khatib.


6. Apa lafadz yang diucapkan untuk memulai khutbah Jumat?

Jawaban:
Khutbah jumat itu wajib dimulai dengan hamdalah. Yaitu lafaz yang memuji Allah SWT. Misalnya lafaz alhamdulillah, atauinnalhamda lillah, atau ahmadullah. Pendeknya, minimal ada kata alhamd dan lafaz Allah, baik di khutbah pertama atau khutbah kedua.


7. Ibadah apa yang didahului dengan dua khutbah?

Jawaban:
Pelaksanaan Shalat Jum'at adalah sama dengan Shalat fardu lainnya kecuali tentang beberapa hal; salah satu di antaranya ialah bahwa shalat itu harus didahului dengan dua Khutbah.


8. Bolehkah Main HP saat khutbah?

Jawaban:
Dilansir dari laman resmi MUI, Ketua MUI Sulsel Prof DR KH M Ghalib MA mengatakan, hukum main ponsel saat khutbah Jumat sama dengan menyia-nyiakan pahala salat Jumat


9. Bagaimana hukumnya jika salah satu hukum khutbah tidak terpenuhi?

Jawaban:
Khatib yang tidak melaksanakan salah satu syarat atau rukun khutbah, seperti ia berhadats di tengah khutbah, lupa atau tertinggal membaca salah satu rukun khutbah, maka khutbahnya tidak sah dan wajib diulangi.


10. Apakah sebutan nama bagi seseorang yang berkhotbah?

Jawaban:
Orang yang berkhotbah di atas mimbar biasa disebut khatib.