Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Soal (Uraian) Kisah Nabi Muhammad dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Kisah Nabi Muhammad

1. Siapa yang mengasuh Nabi setelah kakeknya meninggal dunia?

Jawaban:
Dalam beberapa Sirah Nabawiyah, Rasulullah SAW pernah diasuh oleh salah seorang pamannya yang bernama Abu Thalib sepeninggalan kakeknya, Abdul Muthalib. Pamannya itu merupakan salah satu petinggi dari keluarga Bani Hasyim.


2. Nabi Muhammad memperbaiki ka bah pada usia berapa?

Jawaban:
Orang-orang Quraisy itu mengambil batu-batu granit berwarna biru dari pegunungan di sekitar Makkah, sebagai bahan 'bangunan Ka'bah yang baru. ' Nabi Muhammad yang saat itu berusia 35 tahun—riwayat lain 25 tahun- ikut serta dalam proses pemugaran Ka'bah.


3. Apa pekerjaan istri Nabi Muhammad?

Jawaban:
Sebagai gambaran, istri-istri Rasulullah SAW biasa bekerja di rumah. Misalnya, mereka biasa mewarnai pakaian dan kulit di samping pekerjaan rumah tangga lainnya, seperti menyiapkan makanan, membersihkan rumah, serta melayani dan merawat Nabi Muhammad.


4. Bagaimana perilaku Muhammad?

Jawaban:
Secara alami Nabi Muhammad SAW lembut dan baik hati. Ia selalu cenderung ramah dan mengabaikan kesalahan orang lain. Kesopanan dan adab, kasih sayang dan kelembutan, kesederhanaan dan kerendahan hati, simpati, dan ketulusan adalah beberapa kunci dari karakternya.


5. Apakah Ayah dan ibu Nabi Muhammad masuk surga?

Jawaban:
Menurut UAS orangtua Nabi Posisinya di surga. “Dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul”. (Qs. Al-Isra' [17]: 15). Sebagaimana kita ketahui bahwa Abdullah dan Aminah hidup sebelum Nabi Muhammad Saw diutus, maka mereka berdua termasuk ahlul fatrah yang tidak diazab sebelum rasul diutus.


6. Kakek Nabi Muhammad beragama apa?

Jawaban:
Meski hidup sebelum datangnya ajaran Islam, Abdul Muthalib tidak pernah menyembah berhala dan ia adalah orang yang lurus. Agama Abdul Muthalib adalah agama hanif, yang sesuai dengan perintah para Nabi terdahulu.


7. Siapa istri Rasulullah yang tidak pernah dimadu?

Jawaban:
Selama 25 tahun membina rumah tangga dengan Nabi Muhammad, Siti Khadijah tidak pernah dimadu. Nabi Muhammad baru menikah lagi setelah ia meninggal. Hal itu menjadi salah satu keistimewaan Siti Khadijah.


8. Kapan nabi diangkat menjadi nabi dan rasul?

Jawaban:
Maka tepat pada tanggal 17 Ramadan tahun ke-40 dari kelahirannya, Nabi didatangi Jibril dan menerima wahyu pertama Q.S. al-Alaq/96: 1-5. Wahyu pertama inilah yang menandakan bahwa Nabi Muhammad saw. dipilih dan diangkat Allah Swt. untuk menjadi utusan-Nya atau Rasul.


9. Kepada siapa rasul bekerja setelah umur 25 tahun?

Jawaban:
Pada usia 25 tahun beliau pergi ke Syam untuk berdagang dengan ditemani Maisarah, pembantu Siti Khadijah.


10. Apa saja sifat Nabi Muhammad SAW yang harus kita tiru dalam kehidupan sehari hari?

Jawaban:
Adapun sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad SAW yang dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua adalah sebagai berikut:
1. Shiddiq
2. Amanah
3. Tabligh
4. Fathonah
5. Tawadhu


11. Kenapa Rasulullah tidak ada bayangan?

Jawaban:
Sebab, Rasulullah SAW adalah cahaya, cahaya tidak akan mengeluarkan bayangan jika tersorot oleh cahaya lain. Hal tersebut dijelaskan dalam kitab Subulul-Huda war-Rasyad, Muhammad bin Yusuf as-Shalihi mengutip pendapat Ibn Sab'.


12. Apakah Nabi Muhammad SAW buta huruf?

Jawaban:
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam orang yang ummi, dalam arti beliau bisa melafalkan kalimat, tapi tidak bisa menuliskannya. Karena beliau tidak tahu tulisan huruf. Dan kondisi tidak bisa membaca tulisan, sama sekali tidak menunjukkan bahwa beliau kecerdasannya rendah.


13. Apa saja peristiwa yang terjadi pada saat kelahiran Nabi Muhammad?

Jawaban:
Kelahiran Rasulullah SAW juga diiringi peristiwa-peristiwa spektakuler. Di antaranya, serangan pasukan Gajah terhadap Ka'bah, berguncangnya istana Kisra (kekaisaran), padamnya api abadi Majusi, dan tertutupnya pintu langit untuk Iblis.


14. Apa wahyu yang diterima Nabi Muhammad?

Jawaban:
Surat Al Alaq ayat 1 - 5 adalah wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW atas perantara Malaikat Jibril. Surat Al Alaq ayat 1 - 5 turun di Gua Hira pada 17 Ramadan sekitar tahun 610 masehi atau 13 tahun sebelum Nabi Muhammad hijrah dari Makkah ke Madinah.


15. Apa kebiasaan Nabi Muhammad sebelum menjadi rasul?

Jawaban:
Ketika beranjak dewasa, Muhammad kerap menggembala ternak, berlatih bela diri, memanah, dan belajar berdagang. 


16. Berapa lama Nabi Muhammad SAW menjadi rasul?

Jawaban:
Nabi Muhammad diangkat menjadi rasul pada usia 40 tahun dan meninggal pada usia 63 tahun. Perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW selama 23 tahun sangatlah berat mengingat pada saat itu kondisi lingkungan yang masih jahiliyah serta dikelilingi oleh orang-orang keji dari kaum Quraisy.


17. Nabi Muhammad meninggal gara gara apa?

Jawaban:
Nabi Muhammad meninggal karena sakit, dalam usia 63 tahun, ketika posisi kepalanya sedang bertumpu pada pangkuan Aisyah. Ketika Nabi Muhammad baru saja dinyatakan meninggal, banyak kerabat dan para sahabat yang tidak percaya.