Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal (Uraian) Mengenal Huruf Hijaiyah dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Mengenal Huruf Hijaiyah

1. Berapa jenis huruf Arab?

Jawaban:
Abjad Arab memiliki 15 karakter. Dari 15 karakter tersebut dikembangkan menjadi 28 jenis huruf.


2. Kapan Munculnya Tulisan Arab?

Jawaban:
Diperkirakan huruf Arab muncul pada kisaran abad 4 Masehi. Jenis tulisan Arab yang berkembang pada awal perkembangan Islam adalah Kufi. Tulisan Kufi lahir di kota Kufah, Mesopotamia, yang terkenal sebagai pusat perkembangan pendidikan Islam.


3. Apa arti huruf sukun?

Jawaban:
Sukun (سکون) adalah harakat yang berbentuk bulat layaknya huruf ha (ه) yang ditulis di atas suatu huruf Arab.


4. Apa saja huruf kasrah?

Jawaban:
Secara harfiah, kasrah bermakna melanggar. Contoh huruf hijaiyah dengan harakat kasrah adalah ji (ج ِ), hi (حِ), khi (خ ِ), atau di (دِ)


5. Apa itu fathah kasrah dan dammah?

Jawaban:
Untuk harakat panjang fathah disimbolkan dengan garis tegak vertikal ( ٰ )yang diletakkan di atas huruf, kasrah disimbolkan garis tegak vertikal diletakkan di bawah huruf, sedangkan dammah disimbolkan dengan dammah terbalik di atas huruf.


6. Apa nama harakat panjang?

Jawaban:
Harakat ini terbagi lagi menjadi 3 yaitu harakat panjang farhat (garis tegak vertikal terletak di bagian atas huruf) ( -ٰ ), harakat panjang kasrah (garis tegak vertical berada di bagian bawah huruf) ( -ٖ ), dan harakat panjang dhammah (dhammah terbalik pada bagian atas huruf) ( -ٗ ).


7. Dimana letak fathatain?

Jawaban:
Fathatain disebut juga tanwin fathah yaitu harakat yang bentuknya menyerupai dua garis miring kecil dan berada di atas suatu huruf hijaiyah.


8. Kenapa tulisan Arab dari kanan?

Jawaban:
Asal mula bahasa Arab, yaitu dari bahasa Semit. Sebagian besar bahasa kuno yang muncul pada tahun-tahun pertama penulisan, ditulis dari kanan ke kiri. Karena bahasa Arab juga berasal dari bahasa Semit, maka masuk akal jika mereka melanjutkan tradisi yang sama dan ditulis dari kanan ke kiri.


9. Dimana tempat keluarnya huruf?

Jawaban:
Makharijul huruf adalah tempat keluarnya huruf atau letak pengucapan huruf. Secara garis besar, makharijul huruf terbagi menjadi lima yaitu jauf (rongga mulut), halqi (rongga tenggorokan), lisani (lidah), syafatani (dua bibir), dan khaisyum (hidung)


10. Apa yang terjadi jika kita salah dalam menghafalkan huruf hijaiyah?

Jawaban:
Kesalahan pengucapan suatu huruf sehingga huruf yang terucapkan berubah maka akan mengubah makna Al Quran. Contoh: qul bermakna “katakanlah”, tetapi jika dibaca kul maknanya menjadi “makanlah”