Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal (Uraian) Perkembangan Islam di Indonesia dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Perkembangan Islam di Indonesia

1. Apa tujuan dan manfaat mempelajari sejarah Islam di Indonesia?

Jawaban:
Pada dasarnya, mempelajari sejarah kebudayaan Islam bertujuan untuk mengetahui berbagai masalah kehidupan umat manusia yang berkaitan dengan hukum Islam. Selain itu, agar kita juga mengetahui berbagai masalah kehidupan umat Islam yang disertai dengan maju mundurnya kebudayaan Islam itu sendiri.


2. Bagaimana perkembangan Islam pada masa reformasi?

Jawaban:
Islam di Indonesia memasuki era reformasi mengalami perkem- bangan pesat dan dibuktikan dengan jumlah penduduk Muslim yang mencapai +88%. Penyebaran Islam ke seluruh wilayah tanah air dari kota-kota besar sampai ke daerah-daerah terpencil merupakan wujud dari kegiatan dakwah di era ini.


3. Apa buktinya Islam di Indonesia datang dari Persia?

Jawaban:
bukti-bukti masuknya Islam di Indonesia berasal dari Persia antara lain dapat dilihat dari seni kaligrafi, budaya Tabot, dan Tabuik di Sumatera Barat setiap tanggal 10 Muharam yang memiliki kesamaan dengan tradisi ritual di Persia.


4. Bagaimana upaya penyebaran Islam melalui pendidikan?

Jawaban:
Proses penyebaran Islam di Indonesia salah satunya melalui pendidikan, seperti pendidikan Pondok Pesantren yaitu tempat pembelajaran Agama bagi para santri, yang dilaksanakan oleh para guru agama, para kyai, (Nurhayati Djamas) dan para ulama. Di pesantren, para santri mendapat pendidikan agama yang cukup memadai.


5. Apa saja faktor pendorong diterimanya Islam oleh masyarakat Nusantara?

Jawaban:
Tata cara peribadatan Islam sederhana, tidak perlu persiapan yang rumit. Agama Islam disebarkan dengan jalan damai. Penyebaran agama Islam disesuaikan dengan kondisi soal-budaya yang telah ada. Islam tidak mengenal pelapisan sosial seperti halnya agama dengan sistem kastanya.


6. Apa bukti bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui pendidikan?

Jawaban:
Dilansir dari Encyclopedia Britannica, bukti bahwa islam masuk ke indonesia melalui pendidikan adalah adanya sistem pesantren, dayah, atau surau sejak dahulu.


7. Mengapa perkembangan agama Islam di Indonesia mudah diterima?

Jawaban:
Bukan hanya berbasis teori tetapi menyertainya dengan contoh yang sering dilaksanakan dalam kehidupan. Penyampaian ajaran Islam yang dilakukan pun tidak mengancam atau menakut-nakuti, tetapi diterangkan dengan metode yang menarik dan perasaan senang.


8. Apa saja 3 teori masuknya Islam ke Indonesia?

Jawaban:
Teori Mekah (Arab) yang menjelaskan bahwa Islam datang ke Indonesia berasal dari Arab. Teori Gujarat (India) yang menjelaskan bahwa Islam yang datang ke Indonesia berasal dari India. Teori Persia (Iran) yang menjelaskan bahwa islam yang datang ke Indonesia berasal dari Iran.


9. Siapa penyebar agama Islam pertama di Indonesia?

Jawaban:
Sejarah masuknya islam awalnya di bawa oleh pedagang Gujarat lalu di ikuti oleh pedagang arab dan Persia. Sambil berdagang mereka menyebarkan agama islam ke tempat mereka berlabuh di seluruh indonesia.


10. Dimana Islam pertama kali berkembang di Indonesia?

Jawaban:
Aceh merupakan daerah pertama yang menerima kedatangan Islam di Indonesia, tepatnya di Pasai


11. Keteladanan apa saja yang bisa diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia?

Jawaban:
Dari proses panjang penyebaran Islam di Indonesia oleh para tokoh-tokoh tersebut ada beberapa hal yang bisa kita teladani dari sikap dan perilaku tokoh-tokoh tersebut : 
1. Kemauan untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya 
2. Kemauan untuk menyebarkan Islam 
3. Semangat tidak pantang menyerah 
4. Semangat rela berkorban


12. Bagaimana Islam pertama kali masuk ke wilayah Indonesia?

Jawaban: 
Islam pertama kali masuk ke wilayah Indonesia melalui para pedagang Arab dan penyebar agama Islam dari Gujarat, India, sekitar abad ke-7 hingga ke-10 Masehi.


13. Apa yang dimaksud dengan periode penyebaran Islam awal di Indonesia?

Jawaban: 
Periode penyebaran Islam awal di Indonesia mengacu pada masa ketika agama Islam mulai diperkenalkan dan diterima oleh masyarakat pribumi, terutama di wilayah-wilayah pesisir.


14. Siapakah Wali Songo dan apa peran mereka dalam penyebaran Islam di Indonesia?

Jawaban: 
Wali Songo adalah sembilan tokoh yang dianggap sebagai penyebar Islam awal di Pulau Jawa. Mereka memiliki peran penting dalam menyebarkan ajaran Islam serta membangun pesantren untuk mendidik masyarakat.