Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

19 Soal (Uraian) Umrah dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Haji dan Umrah

1. Berapa kali tawaf dalam umroh?

Jawaban:
Thawaf merupakan aktifitas mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali yang merupakan salah satu rukun dalam rangkaian ibadah haji maupun umrah.


2. Apakah miqot harus wudhu?

Jawaban:
Dr Thariq As-Suwaidan menyarankan, jika telah sampai miqot, maka disunnahkan untuk mandi atau berwudhu, mencukur kumis, dan memendekkan rambut serta memotong kuku ketika semua ini disunahkan jika jamaah haji belum melakukannya sebelum sampai Miqat.


3. Bagaimana pakaian ihram untuk wanita?

Jawaban:
Melansir buku Tuntunan Ibadah Haji dan Umrah Sesuai Sunnah Nabi SAW susunan Achmad Zuhdi Dh, untuk wanita yang sedang ihram diharuskan agar menutupi auratnya, yakni seluruh tubuh, kecuali wajah dan kedua telapak tangan


4. Bolehkah berhubungan sebelum umroh?

Jawaban:
Pasangan suami istri juga tidak diperbolehkan untuk melakukan hubungan intim ketika melaksanakan ibadah umrah atau tepatnya sebelum melakukan tawaf ifadah.


5. Apa saja larangan ihram bagi wanita?

Jawaban:
Tidak boleh memakai pakaian yang berjahit, menutup kepala, dan memakai sepatu yang menutup mata kaki. "Sementara bagi wanita, tidak boleh memakai cadar atau penutup muka dan tidak boleh pakai sarung tangan


6. Labaik Allahuma Labaik doa apa?

Jawaban:
Labbaik Allahuma labbaik artinya adalah Aku penuhi panggilan-Mu Ya Allah. “Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni'mata laka wal mulk laa syarika lak (Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu.


7. Haji kecil adalah nama lain dari apa?

Jawaban:
Haji kecil adalah nama lain dari haji umrah


8. Apa yang dimaksud dengan rukun Hajar Aswad?

Jawaban:
Rukun Hajar Aswad adalah bagian Ka'bah yang ditempelkan Hajar Aswad di sudutnya, dari sudut ini para jamaah memulai melakukan Thawaf dan di sudut ini pula berakhirnya Thawaf.


9. Sholat apa setelah pulang umroh?

Jawaban:
Jemaah haji setelah pulang disunahkan melakukan shalat dua rekaat di masjid atau mushala terdekat. Salat sunah dua rakaat bisa dilakukan dengan niat salat qudum untuk jemaah haji yang telah menjalani safar kembali di tanah air


10. Apa saja persiapan umroh pertama kali?

Jawaban:
Persiapkan 10 Hal Berikut Sebelum Berangkat Ibadah Umrah
1. Persiapan Jasmani.
2. Persiapan Rohani.
3. Persiapan Kelengkapan Data.
4. Persiapan Barang Bawaan.
5. Mempelajari Tentang Ibadah Umroh.
6. Menentukan Pilihan Jasa Travel Umroh Terpercaya.
7. Membawa Obat-obatan Pribadi.
8. Membawa Barang-barang Spesifik Wanita/Pria.
9. Merencanakan doa-doa sebelum pelaksanaan ibadah umrah
10. Persiapan suplemen tambahan untuk menjaga kekuatan dan kesehatan saat pelaksanaan


11. Bisakah mengumrohkan orang yang masih hidup?

Jawaban:
Sedangkan ulama Hambali berpendapat bahwa tidak boleh mengumrahkan orang yang masih hidup kecuali dengan izinnya. Memang umrah bisa digantikan namun butuh akan izin dari orang yang digantikan. Adapun mayit boleh diumrahkan meskipun tidak dengan izinnya.


12. Manasik umroh itu apa?

Jawaban:
"Manasik diperlukan untuk memberi pemahaman kepada calon jamaah umrah tentang tujuan utama mereka ke tanah suci. Dia menjelaskan tata cara pelaksanaan ibadah umroh, mulai dari rukun, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama ibadah umrah.


13. Bolehkah berhenti saat tawaf?

Jawaban:
Thawaf mengharuskan terus menerus, dan tidak boleh diputus dengan melakukan shalat, kecuali untuk shalat fardhu atau shalat jenazah.


14. Kemana arah tawaf?

Jawaban:
Dalam ibadah haji dan umrah, umat Muslim dituntut untuk melakukan thawaf atau berputar mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh putaran. Thawaf ini dilakukan secara terbalik dengan arah putar jarum jam, yakni dari kiri ke kanan.


15. Bagaimana jika haid saat umroh?

Jawaban:
Pertama, menunggu sampai masa haidnya selesai, lalu mandi wajib dan melaksanakan umrah wajib. “Jika sampai mendekati masa wukuf halangannya belum selesai, agar minum obat sesuai petunjuk dokter untuk menghentikan haidnya.


16. Umroh bawa mukena berapa?

Jawaban:
Untuk wanita, setidaknya perlu membawa antara 2 sampai 3 mukena


17. Apakah umroh wajib baju putih?

Jawaban:
Melansir Khalifa Hajj, jamaah umrah dan haji wanita pakai baju ihram berwarna putih karena mengikuti pria yang juga pakai putih. Selain itu, warna putih emang udah jadi kebiasaan orang-orang Islam di Indonesia yang melakukan umrah dan haji


18. Bolehkah pakai kaos kaki saat ihram?

Jawaban:
Lelaki tidak dibolehkan memakai kaos kaki saat ihram, sedangkan wanita dibolehkan memakainya


19. Berapa banyak baju yg dibawa saat umroh?

Jawaban:
Hanya perlu membawa dua atau tiga baju saja.