Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal (Uraian) Dinasti Ayyubiyah dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Dinasti Ayyubiyah

1. Siapakah tokoh tokoh yang berperan penting dalam berdirinya Dinasti Ayyubiyah?

Jawaban:
Tokoh-tokoh yang berperan dalam pendirian Daulah Ayyubiyah diantaranya Shalahudin al Ayyubi, al Adil, al Kamil, Najmudin bin Ayyub.


2. Kemajuan apa saja yang dicapai dinasti Al Ayyubiyah di bidang pendidikan?

Jawaban:
Pada masa pemerintahan dinasti Ayyubiyah. usaha yang dilakukan untuk memajukan pendidikan diantaranya membentuk departemen khusus pendidikan dan penerjemahan, mengubah al Azhar, dan membangun lembaga pendidikan.


3. Apa saja prestasi prestasi yang dicapai masa Daulah Ayyubiyah?

Jawaban:
Selain mengekspor barang, Dinasti Ayyubiyah juga berhasil membangun industri pembuatan kincir, karpet, kain dan gelas. Dimasa Dinasti Ayyubiyah, selain penggunaan mata uang dinar (emas) dan dirham (perak) digunakan pula mata uang fulus yang terbuat dari tembaga sejak pemerintahan Sultan Muhammad Al-Kamil bin Al-Adil.


4. Apa tantangan pertama Salahuddin setelah menjadi Sultan?

Jawaban:
Pada Sultan yang pertama sekaligus pendiri dinasti, tantangan yang dihadapi Salahuddin pasca menjadi Sultan adalah memusatkan perhatiannya untuk menyerang Yerusalem, yang mana ribuan rakyat muslim dibantai oleh pasukan Salib-Kristen


5. Apa hubungan Dinasti Ayyubiyah dengan Daulah Abbasiyah?

Jawaban:
Hubungan antara dinasti ayyubiyah dengan Dinasti Abbasiyah. Hubungan awalnya dimulai karena Salahuddin Yusuf Al-Ayyubi dan penguasa dinasti Ayyubiah di Mesir saat itu Khalifah Al-Mustadi bekerja sama dalam menjatuhkan Dinasti Fathimiyah.


6. Mengapa Salahuddin Al-Ayyubi sangat dicintai oleh rakyatnya?

Jawaban:
Ia dikenal sebagai pemimpin yang adil, dan menyelesaikan berbagai permasalahan dengan bijaksana. Hal inilah, yang kemudian membuatnya dicintai oleh rakyatnya.


7. Apa tujuan Salahuddin Al-Ayyubi menyatukan?

Jawaban:
Tujuannya agar persatuan umat Islam menjadi kuat dalam melawan gempuran tentara Salib.


8. Apa hikmah yang dapat kita ambil dari sejarah Dinasti Ayyubiyah?

Jawaban: 
Seorang pemimpin memberi perhatian besar trhp ilmu pengetahuan sangat diperlukan untuk kemajuan peradaban atas kebudayaan suatu negara. Dengan adanya universitas ayyubiyah di kairo yg didirikan oleh salahuddin al ayyubi,melahirkan ilmuwan2 ternama waktu itu.


9. Apa kehebatan militer Al Ayyubiyah?

Jawaban: 
Pada masa pemerintahan Salahuddin al-Ayyubi, kekuatan militer Mesir dikenal sebagai kekuatan militer yang sangat tangguh. Pasukan militernya tidak hanya terdiri dari pasukan Mesir, tetapi juga diperkuat oleh pasukan Barbar, Turki, dan Afrika.


10. Apa nama perang yang dihadapi Salahuddin?

Jawaban:
Pertempuran Hittin termasuk dalam rangkaian Perang Salib, yang melibatkan tentara Kerajaan Yerusalem dengan Salahuddin Al Ayyubi


11. Apa nama perang yang dihadapi Salahuddin Al Ayyubi?

Jawaban:
Perang Salib Ketiga (1189–1192), juga dikenal sebagai Perang Salib Para Raja, merupakan suatu upaya para pemimpin Eropa untuk merebut kembali Tanah Suci dari Saladin (Salahuddin Al-Ayyubi).


12. Benarkah Shalahuddin al-Ayyubi merayakan maulid Nabi?

Jawaban:
Salahudin menggelar perayaan Maulid Nabi secara besar-besaran dengan tujuan membangkitkan semangat umat Islam yang telah padam untuk kembali berjihad dalam membela Islam pada masa Perang Salib.