Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Uraian) Penilaian dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Materi Penilaian

1. Standar penilaian itu seperti apa?

Jawaban:
Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.


2. Apa saja pendekatan penilaian?

Jawaban:
Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu: assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).


3. Bagaimana cara guru memberi nilai kepada siswa?

Jawaban:
inilah lima hal penting yang sebaiknya diperhatikan guru saat memberi nilai kepada siswa.
1. Susun kebijakan penilaian yang jadi patokan dalam pemberian nilai. ...
2. Pastikan bahwa siswa tahu kebijakan penilaian yang telah Anda susun. ...
3. Siapkan catatan penilaian yang lengkap dan akurat.
4. Buat grafik distribusi nilai
5. Buat grafik distribusi nilai


4. Mengapa instrumen penilaian penting?

Jawaban:
Instrumen penilaian yang memenuhi standar, secara tepat akan mengukur hasil akhir dari suatu proses pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa akan terdeteksi dengan baik dan dapat dijadikan bahan evaluasi untuk program pembelajaran selanjutnya.


5. Apa fungsi penilaian hasil belajar bagi guru dan siswa?

Jawaban:
Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi ke butuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinam bungan.


6. Apa yang harus dipersiapkan guru sebelum melakukan penilaian pembelajaran?

Jawaban:
Hal yang perlu dipersiapkan oleh guru sebelum penilaian dilakukan adalah menetapkan KKM dan menyiapkan instrumen penilaian. KKM akan dijadikan dasar untuk menetapkan kegiatan remedial atau pengayaan yang akan dilaksanakan oleh peserta didik.


7. Penilaian afektif meliputi apa saja?

Jawaban:
Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai.


8. Bagaimana cara memberikan penilaian psikomotorik?

Jawaban:
Dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar psikomotor dapat dilakukan dengan tes perbuatan atau tes unjuk kerja (performance test) atas keterampilan yang telah dikuasai peserta didik.


9. Apa saja penilaian di kelas?

Jawaban:
7 (tujuh) teknik penilaian yang dapat digunakan:
1) Unjuk Kerja.
2) Penilaian Sikap.
3) Penialaian Tertulis.
4) Penilaian Proyek.
5) Penilaian Produk.
6) Penggunaan Portofolio, dan.
7) Penilaian Diri.


10. Apa itu penilaian formatif dan sumatif?

Jawaban:
Tujuan dari penilaian formatif adalah mengetahui perkembangan penguasaan siswa terhadap suatu unit/bab/kompetensi yang sedang dipelajari. Berbeda dengan penilaian formatif, penilaian sumatif bertujuan untuk mengetahui pencapaian pembelajaran siswa pada pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi yang telah berakhir.


11. Bagaimana cara penilaian sumatif?

Jawaban:
Evaluasi sumatif sering dilakukan dengan menggunakan tes-tes pada akhir suatu periode pengajaran tertentu, yang meliputi beberapa atau semua unit pelajaran yang diajarkan dalam satu semester. Penilaian sumatif di sekolah biasanya dilaksanakan setelah sekumpulan program pelajaran selesai diberikan.


12. Apa yang dimaksud prinsip penilaian?

Jawaban:
Penilaian harus memberikan hasil yang dapat diterima oleh semua pihak, baik yang dinilai, yang menilai, maupun pihak lain yang akan menggunakan hasil penilaian tersebut.


13. Apa itu analisis penilaian?

Jawaban:
Analisis Penilaian Hasil Belajar ialah peroses mengolah nilai / hasil penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasil hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan dan hasil analisis tersebut digunakan untuk menentukan tindak lanjut jika dalam hasil penilaian yang di peroleh tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran.


14. Apa itu bentuk instrumen penilaian?

Jawaban:
Jadi instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk melakukan penilaian atau evaluasi, instrumen penilaian dapat berupa tes maupun non tes dan observasinya dapat dilakukan dengan cara observasi sistematis dan non-sistematis


15. Mengapa dalam menerapkan penilaian bagi siswa harus ditetapkan standar penilaian?

Jawaban:
Manfaat Standar Penilaian:
Berperan sebagai alat pantau kemajuan dan menemukan kesulitan belajar yang dihadapi siswa sehingga bisa dilakukan pengambilan langkah, apakah diberikan remedial atau pengayaan. Sebagai umpan balik bagi guru untuk memperbaiki metode, pendekatan, bahan ajar maupun kegiatan proses pembelajaran.