Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Soal (Uraian) Audit Manajemen dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Audit Manajemen

1. Tuliskan persamaan antara management audit dan financial audit!

Jawaban:
Persamaan antara management audit dan financial audit!
a. Management auditor maupun financial auditor haruslah independen. Financial auditor haruslah independen dalam faktanya (in fact) maupun dalam tampilan (in appearance). Internal auditor dalam tampilannya mungkin dianggap kurang independen, karena orang dalam perusahaan, tapi dalam faktanya haruslah independen.
b. Management auditor dan financial auditor harus mengumpulkan bukti-bukti yang cukup dan kompeten untuk mendukung oininya.
c. Pelaksanaan audit harusdipimpin dan disupervisi oleh orang-orang yang mempunyai pengalaman yang cukup dibidang audit.
d. Management auditor maupun financial auditor harus mendokumentasikan prosedur audit yang dilakukan, bukti-bukti, dan temuan-temuan audit dalam kertas kerja pemeriksaan dengan rapi dan disusun secara sistematis.
e. Ada beberapa teknik dan prosedur audit yang sama-sama diguakan oleh Management auditor maupun financial auditor, misalnya penggunaan flow chart dan narrative memo


2. Apa fungsi laporan hasil audit manajemen?

Jawaban:
Fungsi laporan hasil audit manajemen:
a. sbg dasar untuk memberikan rekomendasi perbaikan kpd pihak manajemen.
b. sbg dasar untuk penyususunan program kerja audit di periode-periode mendatang.
c. sbg bahan untuk pertimbangan para auditor-auditor selanjutnya dalam mengevaluasi.


3. Siapa yang bertanggung jawab untuk mengimplementasikan rekomendasi tersebut?

Jawaban:
Yang bertanggung jawab untuk mengimplementasikan rekomendasi tersebut ialah pihak perusahaan itu sendiri. Karena jika rekomendasi tersebut tidak dijalankan, pihak yang akan berpengaruh terhadap dampak itu sendiri ialah perusahaan tersebut.


4. Bagaimana seharusnya rekomendasi dirumuskan agar mampu mendorong komitmen manajemen dalam melakukan perbaikan proses dan kinerja?

Jawaban:
Setiap rekomendasi yang diajukan oleh auditor harus dilengkap dengan analisis yang menyangkut adanya peningkatan ekonomisasi, efisiensi, dan efektivitas yang akan dicapai pada pelaksanaan program/aktivitas serupa di masa datang atau berbagai kemungkinan kerugian yang akan terjadi pada perusahaan jika rekomendasi tersebut tidak dilaksanakan.


5. Tuliskan tujuan umum dari audit manajemen!

Jawaban:
Tujuan umum dari audit manajemen!
a. Audit kinerja (performance) dari manajemen dan dan berbagai fungsi dalam perusahaan
b. Menilai apakah berbagai sumber daya (manusia, mesin, dana, harta lainnya) yang dimiliki perusahaan telah digunakan secara efisien dan ekonomis.
c. Menilai efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh top management.
d. Memberikan rekomendasi kepada top management untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam penerapan pengendalian intern.


6. Tuliskan Teknik Penelaahan analisis (Analytical Review)!

Jawaban:
Teknik Penelaahan analisis (Analytical Review)
a. Membandingkan laporan keuangan periode berjalan dengan periode yang lalu, menghitung kenaikan atau penurunan dalam jumlah rupiah maupun persentase, serta menyelidiki alasan-alasan penurunan atau kenaikan yang material.
b. Membandingkan anggaran dengan realisasinya, menghitung dan menganalisis variance yang terjadi.
c. Membuat analisis rasio vertikal maupun horisontol
d. Menghitung rasio likuiditas, rasio profitabilitas untuk tahun berjalan maupun tahun lalu, kemudian membandingkanya dengan rasio industri.