Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Soal (Uraian) Pragmatik Beserta Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Pragmatik

1. “Ruri dan Billi kemarin pagi dipanggil kepala sekolah kekantor. Anak pertama, juara sekolah I dan anak kedua, juara sekolah II.”
Termasuk referensi apakah frase anak pertama dan anak kedua pada tuturan di atas?Jelaskan!

Jawaban:
Dari tuturan diatas termasuk dalam referensi anaforik yaitu ungkapan yang rujukannya berada didepan. Hal tersebut ditunjukkan pada frase “anak pertama, juara I sekolah” yang merujuk pada “Ruri”, sedangkan “anak kedua, juara sekolah II” merujuk pada “Billi”.


2. Seorang Ibu berkata kepada anaknya yang tengah belajar:
“Sudah pukul 12.00 malam Nak!”
Tuturan di atas termasuk jenis tindak tutur?Jelaskan!

Jawaban:
Jenis tindak tutur menurut jika di analisis menurut Austin dan Searle termasuk ke dalam ilokusi karena tuturan tersebut menginginkan tindakan dari petutur.Kalimat tersebut bila dituturkan oleh seorang ibu kepada anaknya selain memberikan informasi juga menginginkan tindakan dari anaknya untuk segera menyelesaikan belajarnya karena waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 malam.
Sedangkan kalimat diatas jika di analisis menurut Searle termasuk ke dalam jenis tindak tutur Direktif, yang mana tindak tutur tersebut memberikan perintah dari seorang ibu kepada anaknya untuk menyuruh melakukan sesuatu. Terbukti bahwa soerang ibu mengingatkan pada anaknya “sudah pukul 12.00 malam Nak!” berarti memberikan perintah kepada sang anaknnya untuk menyelesaikan belajarnya.


3. Seorang karyawan bertutur kepada atasannya,” Anak saya dirawat di rumah sakit karena tifus”. Kalimat pernyataan termasuk jenis tindak tutur? Jelaskan!

Jawaban:
Jenis tindak tutur menurut jika di analisis menurut Austin dan Searle termasuk ke dalam lokusi karena tuturan tersebut bertujuan memberikan informasi kepada atasannya. Kalimat tersebut bila dituturkan oleh seorang karyawan kepada atasannya dengan maksud meminta izin.
Sedangkan menurut konsep tindak tutur Searle, tindak tutur yang disampaikan oleh seorang karyawan termasuk bentuk tindak tutur ekspresif yaitu tindak tutur yang menyatakan suatu perasaan psikologis yang dirasakan oleh penutur yaitu mencerminkan kesedihan yang dirasakan oleh penutur karena anaknya sakit.


4. “Aku merasa di sana ada bayangan yang selalu melihatku di sini sejak kemarin.”
Tentukan deiksis dan jarak pada tuturan di atas!

Jawaban:
a. Deiksis pesona dimana pada kalimat tersebut terdapat kata ganti orang pertama yaitu “Aku”.
b. Deiksis waktu-distal dimana pada kalimat tersebut terdapat kata “sejak kemarin”, dimana kata “sejak kemarin” menunjukkan waktu dimasa yang lampau.
c. Deiksis tempat proksimal dimana pada kalimat tersebut terdapat pada kata “disini” yang menyatakan secara psikologis tempat tersebut mempunyai jarak yang dekat dengan penutur dan bisa dirasakan oleh penutur walaupun jarak itu kenyataannya jauh dari penutur. Kata "di sana" hanya merupakan pengganti lokasi dari bayangan yang dirasakan penutur.


5. Apa saja objek kajian pragmatik?

Jawaban:
Pragmatik memiliki kajian atau bidang telaah tertentu yaitu dieksis, praanggapan (presupposition), tindak tutur (speech acts), dan implikatur percakapan (conversational implicature) (Kaswanti Purwo, 1990:17).


6. Apa perbedaan antara semantik dan pragmatik?

Jawaban:
Dari definisi tersebut, jelas pragmatik menelaah makna dari satuan bahasa. ... Meskipun semantik dan pragmatik keduanya menelaah makna-makna satuan bahasa, tetapi semantik menelaah makna internal bahasa, sementara itu pragmatik mempelajari makna secara eksternal dalam pengertian mengungkap maksud penutur (speaker meaning).