Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Soal (Uraian) Sistem Peredaran Darah Hewan dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Sistem Peredaran Darah Hewan

1. Apa yang dimaksud dengan sistem transpor?

Jawaban: 
Sistem transpor adlaah proses pengambilan dan distribusi zat-zat ke seluruh bagian tubuh organisme


2. Mengapa protozoa tidak mempunyai alat transpor?

Jawaban: 
Karena tubuh protozoa hanya terdiri atas satu sel


3. Apa yang dimaksud dengan jantung pembuluh?

Jawaban: 
Alat transpor serangga yang hanya terdiri atas satu pembuluh yang bergelembung-gelembung


4. Bagaimana sistem peredaran darah cacing tanah ?

Jawaban: 
Cacing tanah memiliki sistem peredaran darah tertutup yang sederhana. Darah cacing tanah mengandung hemoglobin yang terlarut dalam plasma darah dan berfungsi mengangkut 02.

Ada tiga pembuluh darah pada cacing tanah, yaitu pembuluh darah punggung, pembuluh darah perut, dan pembuluh darah samping dengan lima pasang lengkung aorta yang berfungsi sebagai jantung. Sistem sirkulasi cacing tanah dimulai dari absorpsi oksigen melalui dinding kulit yang tipis, kemudian 02 masuk ke dalam pembuluh darah punggung melalui pembuluh-pembuluh kapiler. Darah di dalam pembuluh darah punggung mengalirdari belakang menuju arah kepala dan mengalir menuju pembuluh darah perut melalui lengkung aorta yang letaknya di dalam. Di dalam pembuluh perut, darah mengalir dari depan menuju ke belakang karena adanya denyut dari lima pasang lengkung aorta.


5. Jelaskan tentang sistem peredaran darah ikan !

Jawaban: 
Ikan memiliki jantung yang terbagi menjadi dua ruangan yaitu atrium (serambi) yang berdinding tipis dan ventrikel (bilik) yang berdinding tebal. Di antara serambi dan bilik terdapat sebuah katup. Sistem sirkulasi dimulai dari jantung yang mengalirkan darah keluar melalui aorta ventral kemudian mengalir ke insang. Di dalam insang, aorta bercabang-cabang menjadi pembuluh-pembuluh yang lebih kecil (pembuluh- pembuluh kapiler). Pembuluh kapiler akan melepaskan C02 ke dalam air dan mengambii 02 dari dalam air. Dari pembuluh kapiler pada insang, darah akan mengalir menuju aorta. Melalui cabang-cabang aorta darah mengalir menuju pembuluh-pembuluh kapiler di seluruh tubuh. Selanjutnya, darah mengikat C02 dari jaringan kemudian kembali menuju jantung melalui vena. Dalam satu kali peredaran. darah hanva satu kali beredar melalui jantung sehingga sistem peredaran darah padajkan disebut sistem peredaran darah tunggal.