Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal (Uraian) Sistem Saraf Hewan dan Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang Sistem Saraf Hewan

1. Sistem saraf pada cacing disebut apa?

Jawaban:
Susunan saraf tangga tali


2. Bagaimana halnya sistem serangga?

Jawaban:
Sama dengan cacing, yaitu susunan saraf tangga tali


3. Tuliskan macam-macam ganglion pada sistem saraf tangga tali!

Jawaban:
Ganglion kepala, ganglion bawah kerongkongan, ganglion ruas-ruas badan?


4. Otak tengah burung berkembang membentuk dua gelembung, apa fungsinya?

Jawaban:
Sebagai indra penglihatan 


5. Jelaskan tentang sistem saraf pada ikan !

Jawaban:
Sistem saraf ikan terdiri atas sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang. Otak ikan terdiri atas otak depan, otak tengah, otak kecil, dan sumsum lanjutan. Sistem saraf tepi térdiri atas serabut saraf otak dan serabut saraf dari sumsum tulang belakang. Otak depan berhubungan dengan saraf pencium dan hidung, sedangkan otak tengah berhubungan dengan saraf penglihat.


6. Bagaimana sistem saraf pada cacing ?

Jawaban:
Hewan cacing (Vermes) memiliki sistem saraf berbentuk seperti tangga tali yang memanjang dan arah kepala ke arah belakang atau ekor. Pada sistem saraf tangga tali terdapat berkas saraf yang membentuk simpul-simpul saraf di bagian-bagian tertentu yang disebut ganglion atau ganglia (jamak). Cacing pipih, misalnya planaria, memiliki susunan saraf berupa dua buab ganglia di daerah kepala. Selanjutnya di setiap ganglion terdapat seberkas saraf memanjang (longitudinal) ke bagian ekor. Tiap-tiap berkas saraf bercabang- cabang lagi membentuk cabang-cabang yang lebih kecil sehingga dapat menjangkau seluruh bagian tubuh.


7. Jelaskan tentang sistem saraf pada serangga !

Jawaban:
Salah satu contoh serangga adalah belalang. Hewan tersebut memiliki sistem saraf tangga tali yang mirip dengan sistem saraf cacing tanah. Sistem saraf pada belalang terdiri atas ganglion kepala, ganglion bawah kerongkongan, dan ganglion ruas badan. Ganglion kepala merupakan dua buah ganglion terbesar yang terletak di bagian kepala sebelah atas. Di dalam ganglion kepala ini terdapat saraf penglihatan dan mata dan saraf peraba dan antena. Ganglion bawah kerongkongan berhubungan dengan ganglion kepala melalui dua buah serabut saraf yang masing-masing terdapat di sebelah kanan dan sebelah kiri kerongkongan. Ganglion bawah kerongkongan dihubungkan dengan ganglion ruas badan oleh dua buah serabut saraf.