Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal (Uraian) APBN dan APBD + Jawaban

Contoh Soal (Esai) Tentang APBN dan APBD

1. Jelaskan tentang fungsi pengawasan APBD !

Jawaban:
Fungsi pengawasan APBD:
Pengertian APBD sebagai fungsi pengawasan adalah anggaran daerah akan dijadikan sebagai tolak ukur untuk bisa menilai kegagalan atau keberhasilan pemerintah daerah setempat dalam menyelenggarakan kegiatannya.


2. Uraikan tentang fungsi distribusi APBD!

Jawaban:
Fungsi distribusi APBD:
Pengertian APBD sebagai fungsi distribusi berarti berbagai kebijakan dalam hal penganggaran daerah wajib diperhatikan dengan mengutamakan rasa keadilan dan kepatutan.


3. Jelaskan fungsi APBN!

Jawaban:
Fungsi APBN adalah sebagai berikut.
a. Fungsi otorisasi
Anggaran negara menjadi dasar untuk melaksanakan penyelenggaraan negara (pendapatan dan belanja) pada tahun yang bersangkutan
b. Fungsi perencanaan
Anggaran negara menjadi pedoman dalam merencanakan kegiatan pada tahun anggaran.
c. Fungsi pengawasan
Anggaran menjadi pedoman untuk menilai apakah kegiatan penyelenggaraan pemerintahan negara sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan atau tidak.
d. Fungsi alokasi
Anggaran negara diarahkan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekeonomian
e. Fungsi distribusi
Anggaran harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatuhan
f. Fungsi stabilisasi
Anggaran merupakan alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian


4. Tuliskan macam-macam penerimaan pemerintah pusat!

Jawaban:
Macam-macam penerimaan pemerintah pusat:
a. Penerimaan negara yang berasal dari pajak
- Pajak dalam negeri meliputi pajak penghasilan, pajak migas, dan nonmigas, dan pajak lain.
- Pajak perdagangan internasional, meliputi bea masuk dan pajak pungutan ekspor
b. Penerimaan negara bukan pajak, meliputi penerimaan sumber daya alam, bagian laba BUMN, dan lain-lain.


5. Tulis dan jelaskan macam-macam tarif pajak yang kalian ketahui!

Jawaban:
Macam-macam tarif pajak:
 a. Proporsional (sebanding), yaitu tarif pemungutan pajak menggunakan persentase yang tetap berapapun jumlah yang digunakan sebagai dasar pengenaan pajak.
b. Degresif, yaitu tarif pajak menggunakan persentase yang menurun dengan semakin besarnya jumlah yang digunakan sebagai dasar pengenaan pajak
c. Progresif, yaitu tarif pajak dengan persentase yang semakin naik dengan semakin besarnya jumlah yang dikenakan pajak.


6. Tuliskan contoh-contoh pajak pusat dan pajak daerah!

Jawaban:
Contoh-contoh pajak pusat dan pajak daerah:
 - contoh pajak pusat adalah PPh, PBB, dan cukai.
- contoh pajak daerah adalah pajak sepeda motor, retribusi tempat parkir, dan pajak reklame.


7. Terangkan tentang fungsi otorisasi APBN!

Jawaban:
Fungsi otorisasi APBN:
 Fungsi otorisasi dari APBN berarti anggaran negara yang dijadikan dasar sebagai pelaksanaan pendapatan dan belanja negara pada tahun yang sedang berjalan. Sehingga, pembelanjaan dan juga pendapatan nantinya bisa dipertanggungjawabkan pada rakyat Indonesia.


8. Terangkan tentang fungsi otorisasi APBD !

Jawaban:
Fungsi otorisasi APBD:
Dalam hal ini, fungsi perencanaan berarti APBN bisa dijadikan sebagai acuan bagi negara untuk bisa merencanakan berbagai kegiatannya pada tahun yang sedang berjalan. Sehingga, jika anggaran belanja sudah disusun secara rapih, maka negara bisa membuat berbagai rencana kegiatannya guna mendukung pembelanjaan tersebut. Contohnya adalah dalam anggaran tercantum anggaran dalam membuat proyek pembangunan jalan senilai Rp 5 miliar, maka pihak pemerintah bisa segera bertindak untuk melakukan proyek tersebut agar nantinya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah.


9. Terangkan tentang fungsi alokasi APBN!

Jawaban:
Fungsi alokasi APBN:
Pengertian APBN sebagai fungsi alokasi adalah negara harus mampu mengurangi pemborosan dalam segala jenis pemanfaatan sumber daya serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi perekonomian negara. Pada prosesnya, fungsi alokasi ini dijalankan dengan memanfaatkan kualitas sumber daya, efektivitas, dan efisiensi perekonomian, seperti pembangunan tanggul, jembatan jalan, atau perbaikan fasilitas publik tersebut.


10. Terangkan tentang fungsi alokasi APBD!

Jawaban:
Fungsi alokasi APBD
Pengertian APBD sebagai fungsi alokasi berarti anggaran daerah harus bisa diarahkan untuk bisa membuat lapangan kerja, mengurangi angka pengangguran, pemborosan dalam menggunakan sumber daya, dan juga meningkatkan efektifitas dan efisiensi perekonomian daerah.


11. Uraikan tentang fungsi distribusi APBN!

Jawaban:
Fungsi distribusi APBN:
Fungsi APBN sebagai distribusi berarti negara harus memperhatikan keadilan dan kepatutan dalam menjalankan berbagai kebijakannya. Dalam hal ini, negara harus memanfaatkan APBN untuk kepentingan masyarakat, seperti untuk dana pensiun, subsidi, dan premi lainnya.